Harga Tiket Masuk Umbul Tirtomulyo

Diposting pada

Sepintas berbicara tentang umbul di Boyolali mungkin sebagian dari kita tidak akan bertolak pada Umbul Tirtomulyo, melainkan akan akan langsung tertuju pada Umbul Tlatar. Meskipun tidak setenar Tlatar dan umbul Pengging ternyata umbul yang berada di Kecamatan Sawit ini memiliki pesona tersendiri. Selain arsitektur yang khas kerajaan tempo dulu, ternyata tempat pemandian ini menyimpan sejumlah iklan keemasan layaknya di Umbul Ponggok Klaten.

harga tiket masuk umbul tirtomulyo Tidak perlu mahal, ternyata hanya dengan 2.000 (dua ribu rupiah) saja kamu bisa ciblon sepuasnya plus bisa swafoto baik di darat maupun di dalam air, tentu khusunya bersama ikan – ikan disana. Terlebih akses yang mudah dan dijangkau plus sekarang ini umbul Tirtomulyo bersanding dengan Resto Bale Rentjah sebagai destinasi wisata kuliner baru Boyolali yang cocok buat selfie ada menu yang beranekargam. Pasca ciblon dari Umbul bisa langsung tu menuju Bale Rentjah buat makan-makan.

Sekilas Umbul Tirtomulyo

Rasanya belum lengkap kalau belum tahu soal sejarah Umbul Tirtomulyo. Destinasi wisata dengan tema air ini dulu masuk kekuasaan kerajaan Surakarta. Konon dulu digunakan sebagai tempat pemandian para punggawa kerajaan. Dilihat dari corak arsitekturnya sangat khas dengan kerjaaan Mataram. Pintu yang besar dan megah khas kerajaan.

harga tiket masuk umbul tirtomulyo
Scr: @dolanboyolali

Lalu soal sejarah namanya beradal dari dua kata. Umbul artinya ‘sumber’, tirto artinya ‘air’, dan mulyo artinya ‘mulia’ maka kalau diartikan sejarah keseluruhan ‘sumber mata air yang mulia’. Penamaan ini mungkin juga karena memang selama ini tempat pemandian dengan kedalaman 1,5 – 2 meter ini belum pernah mengering.

Lokasi Umbul Tirtomulyo

Menuju ke lokasi Umbul Tirtomulyo tidaklah sulit. Boleh dibilang gampang lah. Apalagi sudah ada mapnya di Google. Anak milenial malu lah kalau gak bisa baca map. Kalau untuk ancer-ancernya adalah berada di depan Kantor Kecamatan Sawit. Kalau alamat dan link mapnya sekarang lengkap sebagai berikut.

  • Alamat: Desa Kemasan Kecamatan Sawit, Boyolali
  • Map: Klik Disini

Harga tiket masuk Umbul Tirtomulyo

Berapa ya harga tiket masuk Umbul Tirtomulyo? kalau dibilang memang kayaknya tidak ada yang mahal tiket masuk wisata di Boyolali, termasuk di pemandian yang jernih ini. Pasalnya tarif masuknya hanya Rp. 2.000 (dua ribu rupiah) saja per orang. Murah meriah dech pokoknya.

  • Tiket: Rp. 2.000/ orang

Sekarang ini kamu tak perlu menjadi raja dulu untuk menikmati kejernihan Umbul Tirtomulyo, pasalnya sekarang sudah dibuka untuk umum bahkan dengan harga tiket masuk Umbul Tirtomulyo hanya dua ribu rupiah saja. Plus banyak ikan yang berenang kesana kemari bisa jadi teman selama ciblon. Jadi gak perlu jauh – jauh dech keluar kota untuk menjadi destinasi yang serupa.

Sayangnya pengelolaanya belum semenarik Umbul Ponggok di Klaten, mungkin karena nilai histori dari bangunan peninggalan Mataram Surakarta yang perlu dijaga. Meski begitu tempat wisata Boyolali dengan tema air yang asik bisa kamu dapat disini.

Note: ciblon: /bahasa Jawa/: mandi atau bermain di air

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *