Rute Air Terjun Semuncar Pantaran Ampel Boyolali

Diposting pada

Meski tak sebesar di tempat lain, ternyata di Boyolali ada curug yang eksotis namanya Air Terjun Semuncar. Berada di lereng Gunung merbabu, air terjun yang cukup tinggi ini tidak kering di musim kemarau lho. Meski butuh perjuangan tracking sekitar 2 jam kamu tidak akan dikecewakan dengan pesona alami plus rerumputan yang menghiasi diding air terjun ini.

Air Terjun SemuncarAir terjun yang satu ini memang sudah melegenda terutama di Boyolali. Keunikan terdapat pada aliran airnya, dimana selain air terjun utama, ada aliran – aliran air yang mengalir disekitar air terjun utama tersebut. Kesan inilah yang menjadikan tempat ini begitu terlihat alami plus belum ada sentuhan tangan manusia yang berarti.

Rute Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar terletak di Desa Candisari, Pantaran, Ampel, Boyolali. Curug ini berada 10 km ke barat dari Tugu Lilin Pasar Ampel. Lalu jarak dari pos awal menuju ke air terjun sekitar 3 Km atau dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 2 jam. Kamu diharuskan menyusuri sungai Cipendok dengan medan yang berat. Ada dua rute yang bisa kamu lalui yaitu jalur sebelah kiri sungai dan sebelah kanan sungai.

air terjun semuncar boyolaliPada jalur sebelah kiri, kamu menyusuri Sungai Cipendok dan melewati kebun warga dengan kondisi jalan cukup mendatar namun sempit. Pada jalur kedua, yaitu jalur kanan sungai, dimana jalur ini lebih terjal dengan bebatuan yang besar. Sebelum sampai lokasi, dari kejauhan terlihat air terjun Tempuran dan Sipongok,

Saat tracking kesana, kamu harus ekstra hati – hati, apalagi kalau curah hujan sedang tinggi. Hal ini karena banjir bisa saja terjadi. Oleh karenanya lebih baiknya kamu kesana pada saat musim kemarau.

Alamat Air Terjun Semuncar

Lokasi curug dengan ketinggian 30 meter ini berada di Pantaran, tepatnya di desa Candisari. Sudah ada peta lokasinya di Google yang cukup membantu kamu melacak destinasi yang tersembunyi ini.

  • Alamat: Pantaran, Desa
  • Klik: Peta lokasi

Harga tiket masuk Air Terjun Semuncar

Air terjun yang bersumber dari Gunung merbabu ini dibandrol dengan harga tiket masuk 5 K per orang. Tiket yang sangat murah bukan. Dimana retribusi parkir ini dikelola oleh Karang Taruna dan penggiat alam setempat.

  • HTM : Rp. 5000,-

Baca juga: Bukit Wonopotro, Klego, Boyolali

Air terjun Semuncar recommended banget kamu yang suka dengan wisata alam plus terutama buat kamu petualangan. Mungkin bagi kamu yang sering mendaki bukanlah masalah yang berat. Namun yang tak biasa naik gunung atau semacamnya, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan custom dan keperluan tracking ya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *