Umbul Brondong Ngrundul – Jernih Non Kaporit

Diposting pada

Bicara soal sumber mata air yang bisa dipakai buat berenang memang Kalten jagonya. Kali ini tak perlu jauh-jauh, dekat dengan Klaten kota ada Umbul Brondong. Tempat wisata dengan tema air ini menawarkan kolam yang jernih non kaporit. Suasana sejuk bisa kamu dapat di tempat ini apalagi jalurnya mudah bahkan harga tiket masuknya nol rupiah alias gratis.

Umbul BrondongTempat pemandian ini secara khusus memang diperuntukan untuk ciblon alias berenang. Meski begitu namun kece juga buat foto – foto. Umbul yang berada di Ngrundul ini memiliki fasilitas yang lumayan komplit. Selepas cepak berenang bisa tu jajan di warung-warung tradisional sekitar umbul dengan harga yang murah banget.

Tulisan Umbul Brondong terpampang jelas di kolam ini, airnya yang segar dan jernih menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi aliran air yang mengalir setelah umbul, bolah juga untuk keceh sambil foto. Namun kamu tidak diperbolehkan untuk memasuki area yang ada tanaman Jembaknya (selada air), soalnya memang dibudidayakan.

Umbul Brondong kedepan

Umbul Brondong KlatenSaat ini sedang ada pengembangan di area umbul ini yaitu pembangunan kolam besar disisi selatan umbul yang sekarang ada. Meski ada kolam utama dengan ukuran yang besar namun belum difungsikan. Kalau gak salah nantinya kolam utama dengan kedalam sekitar 3 meter itu akan menjadi wahan snorlking. Lalu yang selama dikunjungi dan dijadikan tempat berenang adalah umbul lama yang ada pohon beringin besar disampingnya. Meski begitu, fasiltias yang ada disana sudah cukup memadai, diantaranya adalah:

  • Gasebo
  • Toilet
  • Penyewaan Ban pelampung
  • Tempat Ibadah
  • Warung makan
  • Penyewaan tiker

Lokasi Umbul

Letaknya tidak jauh dari Klaten kota. Jika dari arah Klaten kamu menuju ke Jl. Merapi hingga sampai di Pasar Gayamprit, lalu belok kiri menuju Jl. Wilis. Setelah sampai diperempatan belok kanan masuk Jl. Bendogantungan, lalu masuk Jl. Klaten – Karangnongko maka tibalah di Umbul Brondong. Bisa dibilang juga lokasi berada di selatan Umbul Geneng.

  • Alamat: Desa Ngrundul, Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57486
  • Klik: Peta Lokasi

Harga tiket masuk Umbul Brondong Ngrundul

Umbul Brondong NgrundulSehubungan dengan kolam utama belum difungsikan, maka harga tiket masuk Umbul Brondong Klaten tidak ada alias gratis. Kamu cukup bayar retribusi saja ke petugas parkir sebesar Rp. 2 ribu rupiah.

  • HTM: Gratis
  • Parkir: Rp. 2.000

Kalau kamu ingin bersantai bisa tu pinjam tiker disana. Bisa duduk-duduk sambil makan dech.

Baca juga: Umbul Besuki Klaten

Dengan latar Gunung Merapi dan area persawahan menambah keasarian umbul yang berdekatan dengan Umbul Pluneng dan Umbul Brintik ini. Nah tunggu apalagi, yuk nikmati kesegaran Umbul Brondong Ngrundul Klaten. Apalagi sekarang masih gratis lho tiket masuknya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *