Air Terjun Sirah Kencong Blitar – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Air Terjun Sirah Kencong merupakan obyek wisata alam yang berada di kawasan Kebun Teh Sirah Kencong Blitar. Destinasi ini menawarkan pesona grojogan setinggi 10 meter dengan air yang jernih. Meski masih begitu asri, namun obyek ini sudah dikelola dengan tata ruang yang cukup apik.

Air Terjun Sirah Kencong
instagram.com/anyit_jingga

Air terjun ini menawarkan panorama yang bagus. Meski tak sekencang grojogan lain, namun airnya begitu jernih. Hal ini karena memang aliranya bersumber dari mata air, bukan dari air sungai. Debit airnya pun terasa lebih tenang dan relatif tidak terpengaruh, sekalipun saat hujan tiba. Udaranya pun juga terasa segar, jadi tak salah jauh-jauh datang ke tempat wisata Blitar ini.

Aktivitas Air Terjun Sirah Kencong

Meski tak seberapa deras, namun suasana yang masih alami dan berasal dari sumber mata air menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung pun bisa ambil gambar hingga bermain air disana.

Berswafoto

Tempat wisata ini memang kece buat swafoto. Latar air terjun plus rimbunya rerumputan namun tetap terlihat tebuka asik buat berswafoto.

Bermain air

Kolam di depan ari terjun memang tidak begitu dalam, namun justru dengan itu, pengunjung bisa menjalal nyemplung di air yang jernih.

Bermain ikan

Ada ikan warna-warni yang berenang kian kemari di kolam tersebut. Ikan ini pun juga tak segan mendekat kepada pengujung. Oleh karenya, pastikan bawa pakan dari rumah ya.

Jika pengunjung ingin menghilangkan dahaga atau mengganjal perut, didekat air terjun juga sudah ada warung penjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Selain itu, juga ada mushola untuk sholat.

Tiket masuk Air Terjun Sirah Kencong

Harga tiket masuk atau disebut HTM Air Terjun Sirah Kencong ini sebenarnya hanya 5k saja per orang, yang mana sama dengan harga tiket masuk Wisata Gosari. Namun sehubungan dengan arealnya yang satu lokasi dengan Kebun Teh Sirah Kencong, maka pengunjung secara otomatis harus membayar tiket masuk ke kebun teh tersebut. HTM Kebun Teh Sirah Kencong adalah sebesar 5k. Dengan demkian total HTM adalah 11k.

  • HTM air terjun: Rp. 5.000
  • HTM kebun teh: Rp. 5.000

Lokasi Air Terjun Sirah Kencong

Destinasi ini berada di Sirahkencong, dimana lokasi tersebut juga digunakan sebagai nama obyek wisata ini. Akses jalan menuju lokasi pun terbilang baik. Hal ini karena memang didukung oleh Perhutani, terutama dikawasan kebuh teh yang berada di kaki Gunung Kawi Tersebut. Namun akses jalan menuju ke air terjun berupa jalan cor dan sebagian masih berupa jalan tanah.

  • Alamat: Sirahkencong, Ngadirenggo, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur

Pengujung  pun bisa berjalan menuju ke air terjun dari kebun teh dengan jarak sekitar 700 meter. Namun kalau gak mau repot, sudah tersedia ojek yang akan mengantarkan ke lokasi dengan tarif 10k saja.

Air Terjun Sirah Kencong Blitar
instagram.com/megantara_88

Tidak hanya itu, pengunjung pun bisa kesana dengan menggunakan roda dua hingga ke areal di dekat air terjun. Namun perlu perjuangan yang lumayan, karena akses jalanya masih belum sepenuhnya baik.

Obyek wisata Air Terjun Sirah Kencong Blitar dapat menjadi salah satu alternatif mengisi akhir pekan bersama teman-teman atau saudara. Obyek ini cukup pupuler di Blitar, dimana selain menawarkan pesona grojogan, airnya benar-benar dingin.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *