Botania Garden Purbalingga – Wisata Petik Buah

Diposting pada

Kalian yang pengen berwisata sambil metik buah langsung dari pohonnya, gak usah pergi jauh – jauh sampai ke Malang deh. Karena sekarang sudah ada Botania Garden Purbalingga, destinasi wisata dengan konsep petik buah yang berada di desa Karangcengis, kecamatan Bukateja.

Memang konsep wisata tersebut bukanlah hal baru mengingat sebelumnya sudah ada wisata petik buah di Purbalingga. Bedanya kalau yang di desa serang buahnya stroberi kalau di desa Karangcengis jenis buahnya lebih beragam.

Botania Garden PurbalinggaSekilas Botania Garden Purbalingga

Satu lagi tempat wisata alternatif di Purbalingga, Botania Garden. Wisata ini merupakan gagasan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa wisata Karangcengis, Bukateja. Konsep utama dari destinasi wisata ini adalah petik buah. Ada beberapa macam tanaman buah yang ada disana mulai dari jeruk, kelengkeng, belimbing, jambu merah, jambu kristal, dan jambu citra.

Lahan seluas 183 hektare ini merupakan tanah milik warga yang dikelola untuk dijadikan wisata petik buah. Selain menikmati udara segar, kita bisa berekreasi sambil metik buah langsung dari pohonnya. Obyek wisata ini sering dijadikan destinasi rekreasi keluarga dan rombongan anak – anak sekolah. Disana juga sudah disediakan fasilitas seperti gasebo, kolam renang anak, area bermain anak, flying fox, kamar mandi, dan lahan parkir yang luas

Rute menuju Botania Garden Purbalingga

Tempat wisata yang biasa disingkat Bogar (Botania Garden) ini berada di Karangcengis rt 01 rw 07, Sawah, Karangcengis, Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Dari perempatan Ngebrak, wisatawan bisa langsung mengambil jalan yang ke arah timur. Jalur tersebut merupakan jalur menuju kecamatan Rakit, Banjarnegara. Walaupun jalur tembus tapi jalannya sudah beraspal halus.

  • Alamat lengkap: Karangcengis Rt 01 Rw 07, Sawah, Karangcengis, Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53382

Lokasinya tidak jauh dari kantor kecamatan Bukateja. Dari sana kalian ambil arah ke selatan sampai menemukan pintu gerbang desa Karang cengis, kurang lebih jaraknya sekitar 3 km. Dari pintu gerbang agak maju sedikit ada masjid Darul Muttaqien, dan kalian langsung ambil arah belok kiri.

Tiket masuk Botania Garden Purbalingga

Bogar PurbalinggaTiket masuk ke wisata Bogar Rp 7.500/ pengunjung, dan buka mulai dari pukul 08.00 – 16.00. Kalian bisa membawa pulang buah yang sudah kalian petik dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di toko/ penjual buah.

  • Tiket masuk: Rp 7.500/ orang
  • Jeruk: Rp 10.000/ kilo
  • Jambu kristal: Rp 10.000/ kilo
  • Jambu sukun: Rp 8.000/ kilo
  • Jambu biji merah: Rp 4.000/ kilo
  • Wisata edukasi: Rp 12.500/ orang – Rp 25.000/ orang (tergantung jenis paket wisata)
  • Buka: setap hari 08.00 – 16.00

Kunjungi: Curug Tempuran Purbalingga

Kita juga bisa belajar bagaimana cara menanam pohon sampai dengan proses pencangkokan, pembuatan pupuk organik, dsb. Karena disana sudah ada ahli pertanian yang akan menjelaskan pengetahuan tentang budidaya, khasiat, dan cara memetik buah yang benar. Kalian tertarik? yuk langsung aja datang ke Botania Garden Purbalingga.

 

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *