Candi Lawang Cepogo – Penginggalan Bersejarah di Boyolali

Diposting pada

Tak disangka ternyata di Boyolali juga ada peningalan bersejarah berupa Candi yaitu Candi Lawang Cepogo. Obyek yang diperkirakan dibangun 750 – 800 M ini memiliki bentuk arsitektur menyerupai Candi prambanan Jogja, namun dengan ukuran jauh lebih kecil.

Candi Lawang Cepogo
instagram.com/dolanboyolali

Candi ini ditemukan pada tahun 1972 oleh Arkeolog Belanda, namun sayangnya meski lekat akan sejarah namun sejauh ini belum ada pemugaran dari pihak terkait. Namun areal yang memang dibuka untuk umum dapat menjadi salah satu tempat wisata Boyolali terutama buat kamu yang demen dengan sejarah.

Asal nama Candi Lawang

Nama Candi lawang sendiri diambil dari stuktur bagunan yang ada di Candi Utama. Dimana pada candi Induk ini terdapat tumpukan batu menyerupai Lawang (pintu). Bedardasarkan latar belakang inilah mengapa bagunan peningalan Hindu Siwa ini dinamakan demikian.

Seperti apa Candi Lawang

Selain ada candi utama yang memang sudah tidak utuh, disekelilinya juga terdapat beberapa rutuhan candi lainya dengan ukuran lebih kecil. Namun bentuk candinya pun sudah terlihat dan batu-batuanya masih tertumpuk diposisi semula.

candi lawang boyolali
instagram.com/selebgramboyolali

Secara keseluruhan di aral ini setidaknya ada lima strukur bagunana candi. Pertama adalah candi induk yang ada bangunan menyerupai pintu . Lalu Candi Perwara I, Candi Perwara II, Candi Perwara III, dan Candi Perwara IV.

Bekas tempat peribadatan ini diklaim sebagai peninggalan Agama Hindu. Hal ini terlihat dari adanya lingga dan Yoni yang mana merupakan ciri khas dari agama tersebut.

Lokasi Candi Lawang Cepogo

Akses jalan menuju kesana cukup sulit yakni berada di perkampunga. Dampak dari kondisi ini mengakibatkan sedikit orang yang mengatahui akan keberadaanya. Namun kamu mencarinya dengan datang langsung ke Desa Gedagan.

  • Alamat: Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Lokasinya berada disamping rumah warga dan berada di sisi persawahan. Terlihat gerbang besi berwarna hijau yang menandai sebagai pintu masuk kompleks areal wisata bersejarah di Boyolali.

Tiket masuk Lawang

Tidak ada tiket masuk Candi Lawang Cepogo Boyolali ini. Pengunjung diperboleh masuk areal wisata tanpa seperpun. Namun sehubungan dengan obyek ini adalah peningalan sejarah yang tak ternilai, diharapakan ikut serta menjaga kelestarianya.

  • HTM: –

Obyek wisata Candi Lawang Cepogo dapat menjadi destinasi syarat akan sejarah di Boyolali. Dimana bagunan semacam ini sangat jarang ditemukan di kota Susu. Tidak seperti di Klaten yang jauh lebih banyak. Namun keunikanya bisa kamu buktikan terutama yang gemar akan sejarah.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *