Curug Arjuna Batang di Obyek Wisata Alam Lembah Mplalar

Diposting pada

Curug Arjuna Batang mungkin belum begitu familiar di telinga masyarakat. Pasalnya nama air terjun ini memang merupakan nama baru, yakni menggantikan nama air terjun sebelumnya yaitu Curug Binorong, yang mana berada di obyek Wisata Alam Lembah Mplalar.

Curug Arjuna Batang
instagram.com/osobb__

Objek wisata Lembah Mplalar ini berlokasi di tempat yang strategis, yakni berada di kawasan agrowisata, destinasi ini memiliki peluang yang menjanjikan kedepannya. Apalagi memang obyek ini sebelumnya telah dikelola oleh Pemda, lalu pada tahun 2017 diserahkan ke organisasi pemuda setempat yakni Karang Taruna Desa Kalisari.

Pesona Curug Arjuna Batang

Curug Binorong atau Curug Arjuna Batang ini gak main-main, bisa dikatakan elok lah. Pasalnya ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 12 – 15 meter dengan debit air yang mengalir deras dan besar. Menarinya lagi, di satu aliran sungai ini terdapat 3 grojogan sekaligus yang berdekatan. 2 grojogan berada pada satu tempat, sedangkan satu lokasi agak terpisah dan dinamakan Curug Kembar.

Curug Arjuna
instagram.com/tomisul

Pengunjung pun bisa berswafoto didepan air terjun atau sekedar bermain air disana. Namun tetap harus waspada, karena arus sungai cukup deras. Plus jangan mandi tepat di bawah aliran air, karena tekanan yang besar serta menghindari kalau ada ‘barang kali’ yang terbawa arus.

Harga tiket Curug Arjuna Batang

Meskipun curug ini indah dan besar, namun sepertinya belum ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Dalam arti mungkin saja harga tiket curug Arjuna Barang ini masih gratis. Akan tetapi jika memang ada, pastinya tetap murah.

  • HTM: –

Lokasi Curug Arjuna Batang

Air terjun Curug Arjuna Batang berada di Desa Kalisari Kecamatan Blado. Lokasinya pun berada di area Kebun Teh Pangliran pada ketinggian 1100 mdpl yang memang sudah terkenal dan Taman Bunga Krisan. Obyek ini berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Batang arah tenggara. Apabila ingin mencari di peta, maka tidak dengan nama curug tersebut, melainkan dengan nama ‘Wisata Alam Lembah Mplalar’.

  • Alamat: Desa Kalisari, Kec. Blado, Kab. Batang, Jawa Tengah

Seperti yang sudah diketahui, kalau jalan menuju wisata dikawasan ini terbilang sudah cukup bagus. Hanya saja memang saat memasuki areal kebun teh mulai menyempit, jadi harus lebih berhati-hati.

Rute ke Curug

Setibanya di lokasi parkir, pengunjung perlu jalan kaki menyusuri jalan setapak untuk mencapai titik lokasi. Jaraknya terbilang lumayan yakni sekitar 800 s/d 1000 meter. Jalan setapak menurun ini sudah dalam tahap pembangunan, mungkin sekarang sudah jadi. Meskipun jalan harus melewati bukit yang terjal, namun rasa lelah akan terbayar kontan setibanya disana. Sekarang jalur kesana juga bisa lewat atas, tapi kendaraan harus diparkir di mushola Binorong.

Tak salah jika kamu punya jadwal travel di akhir tahun ini mengunjungi Curug Arjuna Batang/ Curug Binorong yang berada di kawasan Wisata Alam Lembah Mplalar. Pesona yang indah, dengan debit yang besar gak bikin kecewa pengunjung meski harus berjalan sekitar 1 km.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *