Curug Citro Arum Kendal – Pesona, Tiket Masuk, dan Alamat

Diposting pada

Air Terjun Curug Citro Arum adalah nyata bahwa Kab. Kendal itu memang indah. Mengapa tidak! Pasalnya di curug yang satu ini kamu bakal bisa menyaksikan aliran air terjun yang indah dan begitu alami, bahan belum banyaknya tersentuh oleh tangan-tangan manusia.

Curug Citro Arum Kendal
instagram.com/vnes_14

Sebelum dikenal dengan Citro Arum, grojogan ini bernama Curug Lawe. Bahkan bisa saja warna sana tidak tahu atau tidak familiar apabila anda menyebutkan nama Citro Arum. Pasalnya nama ini disematkan oleh mahasiswa KKN Unnes, setelah mereka menempatkan beberapa petunjuk arah dari Jalan Limbang sampai Desa Pakis.

Pesona Curug Citro Arum

Curug yang belum viral ini menawarkan menawarkan pemandangan air terjun yang elok. Aliran air terjun memang tidak begitu deras dan debit air juga tak begitu besar. Namun grojogan di Desa Pakis ini cukup tinggi.

Air terjun kebawah menghantam tebing di bawahnya. Lagu air mengalir ke bawah seolah menyusui tebing dan berjalan di antara tanaman perdu yang menyelimuti tebing. Hamparan tanaman perdu yang berwarna hijau ini pun juga menambah kesan eksotisme tersendiri, seperti halnya Curug Lojahan Batang.

Aliran sungai pasca air terjun ini juga dipenuhi dengan batu, yang membuat aliran sungai terasa lebih menarik. Apalagi berbaur dengan udara khas pegunungan. Tepat banget untuk menikmati alam yang asri dan alami.

Bahkan lebih dari itu, ternyata diatas grojogan ini masih ada lagi air terjun Curug Tundo Tigo yang mana berjarak sekitar 10 menit dari lokasi utama. Dengan demikian, kamu bisa menikmati dua grojogan sekaligus saat mengunjungi destinasi yang satu ini.

Tiket masuk Curug Citro Arum

Sejauh ini pengunjung yang akan menyambangi air terjun Curug Citro Arum Kendal tidak dikenakan tiket satu rupiah pun. Pasalnya obyek ini belum sepenuhnya terkelola. Kabarnya pengunjung yang mau kesana cukup parkir dengan retribusi sebesar 2k saja. Akan lebih aman, agar motor dititipkan di rumah warga setempat.

  • Tiket masuk: –
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Alamat Curug Arum Kendal

Curug Arum ini berada di Desa Pakis, yang mana lokasi ini berdekatan dengan obyek wisata lainya. Lokasinya tidak jauh dari Lembah Nirwana, Curug Panglebur Gongso, Air terjun Klenting Kuning, Curug Corong dan lain sebagainya. Kamu bisa melacak di Google dengan kata kunci ‘Air Terjun Curug Citro Arum’.

  • Alamat: Dusun Sukir, Desa Pakis, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Akses Air Terjun Arum Kendal

Curug yang sebenarnya tak jauh dari Semarang dan Kendal ini memang bisa diakses dengan mudah hingga lokasi parkir, bahkan tak jauh dari jalan utama. Dari jalan raya Limbangan – Sumowono menuju lokasi juga sudah dicor meski akan ada tanjakan yang cukup panjang dan curam. Jalan ini pun hanya cukup untuk satu mobil saja, jadi hati-hati saat papasan.

Dari parkiran menuju curug kamu akan merasakan sensasi tersendiri. Selain udaranya yang sejuk, pemandangan juga bagus. Suasana hutan pinus yang asri dan pohon aren yang disadap warga sekitar juga akan menemani perjalananmu. Kamu juga bakal melewati perkebunan kopi warga dan menyaring sungai kecil terlebih dahulu. Tak perlu butuh waktu lama, hanya dalam 10 menit saja kamu pun sudah tiba di air terjun ini.

Curug Citro Arum
instagram.com/kurniawanjalanjalan

Pastikan kamu mempersiapkan bekal yang cukup dan kendaraan yang memadai untuk mencapai air terjun Pakis Limbangan Kendal ini. Gunakan kendaraan yang fit dan jangan gunakan motor dengan ban gundul, mengingat tekstur jalan yang bisa saja licin. Apalagi pada saat musim hujan, tentunya hal – hal ini kondisi lebih rawan lagi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *