Curug Lojahan Batang – Pesona, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Pengalaman tak terlupakan bakal bisa kamu dapatkan saat menyambangi Curug Lojahan Batang. Destinasi yang satu ini menawarkan panorama air terjun yang tak hanya indah, namun juga begitu tinggi. Aliran arinya pun mengalir deras dengan debit air cukup besar.

Curug Lojahan Batang
instagram.com/dyas.satria

Jalur pendakian menuju ke curug ini pun juga tak kalah manantang. Kamu bakal ditantang untuk melewati belantara hutan dengan track yang masih adanya. Aneka suara burung dan primata pun juga akan menemami kamu slemaa kurang lebih 2 jam perjalan dengan track yang extrim. Akan tetapi semuanya akan terbayar, karena meski jauh namun sepadan dengan keindahan air terjun.

Pesona Curug Lojahan

Air terjun yang berada di kawasan hutan Kluwung ini memang jempolan. Kamu bakal bisa menyaksikan air terjun yang bersumber dari mata air. Grojogan ini pun mengalir secara langsung ke bawah tanpa terhalang oleh tebing, hanya nyerempet sedikit pada sisi bagian bawah.

Curug ini memiliki debit air yang besar dan grojogan yang tinggi. Bahkan bisa dibilang salah satu air terjun tertinggi di Batang. Kawasan air terjun juga terkesan luas dan terbuka jadi enak untuk dipandang.

Lebih menarik lagi, grojogan yang masih alami ini juga banyak ditumbuhi aneka tanaman perdu yang tak begitu tinggi. Seolah terlihat karpet hijau yang menyelimuti tebing layaknya di Curug Pelangi Tersono.

Aliran air sungai juga begitu jernih dan bersih, apalagi mengalir diantara sela – sela sungai yang berbatu. Selain asik untuk berswafoto, sungai ini seolah mengundang untuk mengajak bermain.

Harga tiket masuk Curug Lojahan

Tempat wisata ini sekarang sudah terkelola seperti sebelumnya, dengan demikian, tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung. Selain itu, areal parkir juga sudah tidak tersedia, namun kamu bisa menitipkan kendaraan di rumah warga setempat. Saat pulang, pastikan kamu memberikan ucapan terima kasih dengan memberi rupiah lebih kepada warga yang kamu titipi kendaraan, apalagi penduduk setempat juga ramah.

  • HTM; –
  • Parkir: –

Lokasi Curug Lojahan Batang

Destinasi yang menantang ini memang berada di area pegunungan yakni masuk Desa Kalitengah Kec. Blado. Jika dari arah Batang, lokasinya searah dengan Wisata Alam Sikembang (Sikembang Park), namu masih ke arah selatan lagi, yang mana jalur tersebut bisa tembus Dieng.

  • Desa Kalitengah, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Akes air terjun

Bukan hal mudah memang untuk mencapai air terjun di Batang ini. Kamu harus menempuh perjalanan jalan kaki kurang lebih selama 2 jam. Trek yang dilalui masih bersifat ala kadarnya layaknya kamu mendaki gunung dengan bentang hutan belantara. Kadang jalan rata, kadang naik turun, bahkan harus climbing.

Kamu pun akan melewati jalan tanah, sungai, dan berbatu. Selain itu kamu juga harus menuruni tangga kayu untuk tiba di air terjun. Petunjuk arah menuju kesana pun juga masih minim, namun ada posko dengan tenda ala kadarnya bisa jadi tanda.

Harga tiket masuk Curug Lojahan
instagram.com/wahyu.kurniaji

Buat kamu yang memutuskan menyambangi Curug Lojahan Batang ini pastikan kamu membawa peralatan yang cukup terutama untuk tracking dan fisik yang fix. Kondisi jalan menuju kesana begitu menantang, selain licin juga rawan longsor, bahkan masih banyak dijumpai pacet (lintah), bahkan terkadang aliran sungai meluap.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *