Curug Kaliurip – Air Terjun Eksotis Purworejo

Diposting pada

Membahas soal air terjun pastinya sudah tidak asing bukan, apalagi kalau kamu yang memang demen jalan-jalan. Namun ada yang berdeda dari di Curug Kaliurip Purworejo ini. Kamu tidak hanya bisa menikmati eksotime air terjun, namun ada wahana memanahnya juga lho. Bisa jadi satu-satunya di Indonesia wisata plus bisa latihan memanah. Terlebih olahraga yang ini terbilang jarang namun sangat dianjurkan dalam Islam.

Curug Kaliurip Tempat wisata baru Purworejo ini secara garis besar menawarkan pemandangan alam yang asri, dimana kamu akan menemukan air terjun yang mengalir diantara tebing berumput. Meski tidak tergolong besar, namun tampilan yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Tak salah kalau destinasi yang ada kedungnya dengan kedalaman sekitar 3 meter ini kerap jadi tempat berswafoto.

Sekilas tentang Curug Kaliurip

Meski sudah dikenal cukup lama, destinasi yang berada di Kecamatan Kemiri ini mulai diperhatikan lagi akhir – akhir ini. Adalalah Karang Taruna Radeska Bhati yang memiliki inisiasi mengarap potensi alam ini. Dengan sentuhan-sentuhan gagasan akhirnya tempat ini menjadi destinasi wisata yang cukup diperhitungan. Mengapa tidak, pasalnya disana ada wanaha memanah, akses di area lokasi yang sudah tertata, warung, penjaja makanan, tempat duduk, dan bisa buat ngecamp juga.

Curug Kaliurip PurworejoSalah satu icon yang mencolok adalah plang “Taman Wisata Curug Kali Urip” dengan ukuran yang besar serta adanya dua rumah panggung yang cukup unik yang berada setelah pintu Gerbang. Selain itu, ada pula area bermain anak yang cocok untuk wisata keluarga, karena bisa mengajak si kecil.

Alamat

Destinasi yang satu ini berada di Kaliurip, dimana lokasi ini juga memiliki nama yang sama. Untuk menuju ke lokasi, sekarang ini akses jalannya sudah direnovasi. Namun kamu harus berjalan cukup menanjak dari parkiran untuk sampai dilokasi.

  • Alamat: Jl. Kemiri Pakis Arum No.Km 03, RT.01/RW.2, Krajan 1, Kaliurip, Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54262
  • Peta: Klik disini

Harga tiket masuk Curug Kaliurip

Pihak pengelola menetapkan harga tiket masuk sebesar 5K saja per orang. Harga tiket yang terbilang murah bukan. Mengingat bagaimana pemuda sekitar bisa mewujudkan destinasi semacam ini, tentu harga tersebut tidak sebandingkan.

  • HTM: Rp. 5.000,-

Disana juga sudah disediakan lahan parki untuk roda dua, namun bagi pengguna roda empat terpaksa harus menitipkan kendaaranya di rumah warga sekitar. Hal ini karena memang belum ada lahan parkir khusus mobil.

Baca juga: Bukit Besek Kalipancer – Wisata Hutan Pinus Purworejo

Oh iya, apabila kamu ingin makan, di Curug Kaliurip Purworejo ini sudah ada warung – warungnya juga lho. Ya kamu bisa jajan beberapa gorengan dan mie instan sembari istirhat dan menikmati alam. Sebagai tambahan, saat musim hujan air terjunya cukup besar dan tidak kalah dengan tempat lain, namun saat musim kemarau airnya berkurang.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *