Curug Ngebul Tasikmalaya – Inilah Rute dan Lokasinya

Diposting pada

Ada yang instimewa di Takimalaya, namanya Curug Ngebul. Tempat wisata yang satu ini menawarkan air terjun bertingkat bak di luar negeri sono. Lebih menariknya terdapat banyak batu – batu besar yang menjadikan curug ini semakin instagramable.

curug ngebulSecara umum curug di Culamega ini memiliki dua tingkatan. Saat sampai dilokasi otomatis kita akan berada ditingkat bawa. Jika kamu ingin menuju ke tingkat pertama, kamu harus naik dengan cara memanjat bebatuan. Karena kondisi cukup curam, kamu harus ekstra hati – hati plus kamu hanya bisa naik kalau kondisi air kecil.

Rute Curug Ngebul

Dibutuhkan jarak tempuh sekitara 2 jam menuju ke Curug Ngebul dari Tasikmalaya. Rute yang dapat kamu tempuh dari yaitu Tasikmalaya, Sukaraja, Cibalong, Karangnunggal, Cipatujah, Culamega. Setelah itu, baru masuk ke Desa Bojongsari.

curug ngebul tasikmalayaJalurnya adalah setelah kamu sampai di Pertigaan Karangnunggal, Pamijahan silahkan belok ke kiri arah Cipatujah. setelah sampai di daerah Darawati lalu ambil kanan arah Culamega. Dengan perjalanan sektiar 3 km hingga sampai di Bojangsari. Setelah itu, silahkan belok kiri lalu jalan terus sekitar 2 km. Setelah menemukan sungai dan jembatan, berarti kamu sudah sampai di aliran Sungai Curug Ngebul.

Dari area parkir, kamu harus jalan kaki (tracking) sekitar 15 menit. Kamu akan menyusuri sungai kecil sekaligus akan melewati Curug Moksel. Hal ini karena memang Curug Moksel letaknya sebelum Curug Ngebul.

Lokasi

Tempat wisata nan asri ini berada di Kecamatan Culamega, tepatnya di kampung Curug Telu. Kabar baiknya sudah ada peta lokasi di Google. Jadi gak perlu bingung lagi kan. Suda ada penunjuk jalanya dari hp kamu. Berikut alamat dan petanya.

  • Lokasi: Curug Telu, Desa Bojongsari, Kec. Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia.
  • Peta: Klik disini

Harga tiket masuk Curug Ngebul

Menurut info yang ada, belum ada harga tiket masuk Curug Ngebul alias gratis. Namun sehubungan ada sudah ada lahan parkirnya, apalagi bisa untuk parkir roda dua dan roda empat, kamu bisa memberikan retribusi sebesara 5 ribu saja.

  • HTM: Gratis

Sebagai catatan, meski air disana kelihatan dangkal, namun ternyata airnya dalam dan dingin. Jadi kamu harus ekstra hati – hati kalau berenang disini. Plus sangat disarankan kesana dalam rombongan alias bareng – bareng.

Baca juga: Tiket masuk Situ Cipanten Majalengka

Bisa dibilang Curug Ngebul ini adalah salah satu air terjun terindah di Tasikmalaya. Destinasi ini cocok banget buat para pecinta alam. Pastikan kamu mempersiapkan diri untuk tracking, mengingat jalur cukup curam dan struktur tanah yang mudah longsor, meski perjalanan hanya sekitar 15 menit dari area parkir.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *