Curug Panglebur Gongso Kendal – Harga Tiket dan Alamat Wisata

Diposting pada

Salah satu wisata alam Air terjun Curug Panglebur Gongso Kendal memang belum begitu ramai. Namun keelokan wisata ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Tak hanya terkhusus bagi mereka pecinta alam, kamu pun juga bisa kesana, ya karena akses menuju kesana tidak terlalu jauh dari tempat parkir.

Curug Panglebur Gongso Kendal
instagram.com/pesona_kendal

Tak hanya air terjun yang bagus, namun obyek ini pun juga menawarkan suasana yang segar, lebih-lebih kalau kamu ciblon (mandi) disana. Bahan fasilitas menuju kesana juga sudah cukup baik. Jadi tak salah apabila kamu menghabiskan akhir pekan menikmati indahnya alam dan udara segar disana.

Keunikan Curug Panglebur Gongso Kendal

Wisata alam yang masih asri dan banyak pepohonan ini memang memiliki keunikan tersendiri. Pengunjung bisa menemukan hal-hal menarik disana dan tentunya asik buat berwisata.

Curug

Curug yang masih berada di kawasan kaki lereng Gunung Ungaran ini tidak terlalu tinggi, tentunya tidak setinggi Curug Sewu Kendal. Tingginya hanya mencapai sekitar 7 meter. Debit airnya cukup besar dan lingkungan sekitar air terjun juga bersih karena berupa tebing.

Kedung

Tepat didepan air terjun ada kubangan sungai yang cukup luas. Kolam alami ini pun kerap digunakan untuk berenang. Bahkan konon area ini merupakan tempat pemandian Dewi Sukaesih (Ibunda Kumbokarno) untuk membersihkan jasmani dan rohaninya. Apalagi memang airnya melimpah dan segar, memang cocok untuk ciblon.

Goa Sakti

Beneran namanya ‘Goa Sakti’. Goa yang lekat dengan legenda ramayana ini berada di sebelah kiri air terjun. Goa ini pun konon merupakan tempat pertapaan Kumbokarno, yakni adik dari Rahwana dan Dasamuka. Kumbokarno sendiri merupakan seorang tokoh pewayangan yang berwujud raksasa namun berhati ksatria.

Di obyek wisata Kendal ini pun juga sudah dilengkapi dengan bangku untuk istirahat, kamar mandi, dan ada warung jajanan dengan jumlah 2 buah dan berada diket di pintu masuk.

Tiket masuk Curug Panglebur Gongso

Obyek wisata yang terbilang masih sepi ini dibandrol dengan harga tiket masuk yang murah meriah. Setiap pengunjung cuma kenakan HTM sebesar 5k saja. Bahkan ada yang menyebutkan karcis cuma 4k. Meski ada versi yang berbeda keuda tetap murah kok geng. Lalau untuk ongkos penitipan kendaraan cuma 2k doank.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi Curug Panglebur Gongso Kendal

Jika dicari di Google Map dengan kata kunci ‘Curug Pangleburgongso’ maka yang muncul adalah alamat Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Oleh karena itu, air terjun ini kerap juga disebut-sebut berada di Kendal. Akan tetapi apabila berdasarkan papan nama yang ada di lokasi parkir curug ini berada di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang “mana yang benar ya?”. Ya namanya saja terletak di perbatasan antar dua kabupaten.

  • Alamat: Desa Gondang, Kec. Limbangan, Kab. Kendal

Dengan demikian, obyek wisata ini dapat diakses dari Sumowono maupun dari arah Limbangan. Lokainya pun tk jauh dari Lembah Nirwana, Curug 7 Bidadari, Curug Klenting Kuning, dan Bantir Hills.

Kabar baiknya jalan menuju ke lokasi wisata dari parkiran tidak begitu jauh dan jalan kesana sedang dalam perbaikan “mungkin sekarang sudah jadi” selain itu kanan kiri berupa sawah dan view yang TOP. Sayangnya tempat ganti kurang memadai, jadi kamu bisa ganti bau dibawah pohon “khusus cowok dech”. Selain itu, kesadaran buang sampah pada tempatnya juga dirasa kurang, jad pastikan kamu ikut menjaga kelestarian lingkungan di Curug Panglebur Gongso Kendal ya geng.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *