Danau Banaran Sukorejo – Tiket, Alamat, Rute, dan Tips

Diposting pada

Danau Banaran Sukorejo sudah viral dimana-mana khususnya di Kendal. Danau sebening kaca ini banyak menarik perhatian netizen untuk berswafoto ditengah danau. Bukan dengan naik kapal namun benar-benar berjalan ke tengah danau “la kok bisa”.

Danau Banaran Sukorejo
instagram.com/potretkendal

Ternyata kalau ditelisik lebih dekat pengunjung yang berswafoto di tengah danau ini bukanya terapung melainkan berjalan diatas pondasi yang menjorok ke tengah danau. Namanya juga anak zaman now, pinter banget ambil gambar, jadi seolah-olah berjalan diatas air bak pesulap.

Pesona Danau Banaran

Tak hanya bening, namun danau yang sebenarnya berupa bendungan ini milik PTP Banaran ini terlihat warna hijau kebiruan. Hal diakibatkan pantulan dari rimbunya pepohonan yang ada disana dan langit yang memantul di air danau. Tak khayal bendungan yang memiliki fungsi sebagai sumber irigasi ini  menampakan view yang kece banget.

Rimbunnya tanaman disekitar danau juga menambah kesan alami di tempat ini dan tentunya makin bagus untuk berswafoto. Bahkan sebelum tiba di lokasi, kamu bakal disuguhkan dengan kebun cengkeh yang asri dan segar.

Tiket masuk Danau Banaran Sukorejo

Kabar baiknya ternyata tidak ada tiket masuk yang dikenakan untuk masuk ke area Danau Banaran Sukorejo ini. Bisa dibilang ya tiket masuk kesana gratis. Meski indah, namun obyek ini belum bisa disebut tempat wisata, namun baru berupa keindahan alam, jadi wajar apabila masih gratis.

  • Tiket masuk: Free

Alamat Danau Banaran Sukorejo

Danau buatan yang sempat hits ini masuk Kecamatan Sukorejo. Lokasi berada di sisi barat Air Terjun Curug Sewu Kendal. Para pendaki Gunung Prau via jalur Kenjuran juga bisa mampir ke tempat ini. Cek saja di Maps dengan kata kunci ‘Danau Banaran Sukorejo’,  nanti sudah muncul keberadaanya dengan alamat seperti dibawah ini.

  • Alamat: Dusun Surugajah, Desa Ngargosari, Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Rute Danau Banaran Kendal

Dari arah Weleri ambil keselatan hingga tiba di terminal Sukorejo. Tetap lurus hingga bertemu dengan perempatan,. Dari perempatan tersebut belok kanan dan tetap lurus hingga melewati perkampungan warga, maka tibalah kamu di danau tersebut.

Akses jalan dari terminal Sukorejo ke lokasi sudah beton dan bagus. Namun jalan mendekati lokasi masih berupa tanah liat dan rusak. Sebenarnya cukup mudah dijangkau dengan roda dua, namun jika dengan mobil, maka perlu jalan sekitar 500 meter dari lahan parkir.

Tips wisata

Agar kamu datang di momen yang pas dan bisa menyambangi lokasi tanpa banyak serta tentunya agar tidak kecewa, kamu perlu memperhatikan beberapa tips yang telah kami rangkum berikut ini.

  • Pastikan kamu datang pada musim hujan, karena datang musim kemarau air danau menyusut bahkan mengering
  • Akses ke lokasi sangat berbeda, pastikan kamu kenakan masker
  • Belum ada plang penunjuk arah yang memadai, jadi gak usah ragu gunakan GPS (Gunakan penduduk sekitar) he he
  • Gunakan motor trail atau mobil jeep untuk melibas jalan yang kurang ramah disana
  • Hati-hati saat datang pada musim hujan, karena jalanan becek gak ada ojek
Danau Banaran
instagram.com/vanyadi

Pastikan kamu datang ke Danau Banaran Kendal ini sekitar Maret – Juni, biasanya air di bulan-bulan itu penuh. Akan tetapi memang disana belum ada penjaja makanan, jadi kalau pastikan kamu bawa bekal sendiri ya geng. Bisa dibilang lumayan lah untuk wisata kecil-kecilan, terutama kamu para pengiat medsos dan fotografer.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *