Embung Cangkring Sadang – Wisata Alam Kebumen

Diposting pada

Embung Cangkring Sadang merupakan waduk mini di Kebumen. Meski hanya berupa telaga buatan namun posisinya yang tinggi dan terletak diantara perbukitan menjadinya memiliki potensi yang luar biasa. Bahkan kini lokasi ini telah menjadi wisata alam yang asik buat ambil gambar sekaligus refresing.

Embung Cangkring Sadang
instagram.com/kebumenaerial

Tak hanya itu saja, udara yang sejuk dan hamparan pegunungan juga semakin mempercantik areal ini. Dengan penambahan spot seperti patung Merlion, gasebo, dan lain sebagainya banyak mengusik perhatian para netizen.

Pesona Embung Cangkring

Embung Cangkring menawarkan pesona bak negeri Atas Angin. Hal ini tidak lepas dari geografisnya yang cukup tinggi. Lalu seperti apa keindahanya.

Embung

Meski tidak terlalu luas, namun Embung inilah yang menjadi daya tarik utama. Lalu bagian inti dari waduk mini dikelilingi pagar besi. Diluar pagar tersebut terdapat tatanan taman yang asri plus jalan paving blok mengitari embung.

Patung Merlion

Salah satu sudut danau buatan ini juga terdapat miniatur patung Merlion ala Singapura yang sekaligus juga menjadi icon tempat ini.

View pegunungan

Tidak ubahnya Embung Wonoinggil, di areal ini juga menawarkan panorama perbukitan nan indah seperti pegunungan Siloreng dan jajaran pengunungan lain di Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara yang mengelilingi telaga.

Pengunjung bisa duduk asik digasebo maupun di tempat duduk yang tersebar disana. Plus ada taman bunga plus kantin untuk sekedara jajan.

Lokasi Embung Cangkring

Obyek wisata alam Embung Cangkring bersebelahan dengan Situs Megalitikum Menhir Watu Tumpeng Tanggul Asih. Jalan menuju kesana juga terbilang baik dengan rute melalui perkebunan tebu sebelum mencapi puncak bukit. Selain itu lokasinya juga berada di areal pekebunan Durian, bahkan obyek ini juga dijadikan Bazar dan Lelang Durian.

  • Alamat: Desa Cangkring, Kec. Sadang, Kab. Kebumen

Kamu juga mencari di Google map dengan keyword “Waduk Mini Buatan/ Embung Cangkring”.

Rute Embung Cangkring

Akses menuju lokasi Embung Cangkring ini sangat mudah bahkan jalanya cukup bagus. Jarak dari Kebumen kota sekitar 30 KM arah utara. Sangat disarankan kesana via Karang Sambung, karena jalan via Wadaslintang dalam kondisi rusak.

Embung Cangkring
instagram.com/akhtarfaresta

Rute menuju kesana bisa menuju ke jalan utama Mertakanda – Karangsambung – Banjanegara – Wonosobo. Namun saat sesampainya di jembatan Cangkring Desa Sadang Wetan, silahkan ambil arah kanan menuju Wonosobo yakni di Jl. Sadang – Kalidadap.

Tiket masuk Embung Cangkring

Tiket masuk Embung Cangkring Kebumen ini hanya 5k sudah termasuk parkir motor. Lalu tiket masuk untuk kendaraan roda empat hanya 10k sudah termasuk parkir. Dimana sudah tidak ada lagi tiker perorangnya. Cuma yang dihitung hanya kendaraanya saja.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000/ motor
  • Tiket masuk: Rp. 10.000/ mobil

Obyek wisata Alam Embung Cangkring Sadang Kebumen ini memang menawarkan pemadnangan yang mensewan. Pengunjung akan disuguhkan oleh panorama alam pegunungan sepanjang mata memandang. Namun perlu diperhatikan jalan menuju kesana naik turun dan berkelok-kelok.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *