Embung Manajar Selo Boyolali, Sudah Dibuka Untuk Umum Lho

Diposting pada

Bicara akan wisata di Boyolali sudah tak tertolak lagi kalau di Kecamatan Selo adalah gudangnya. Salah kecamatan yang berada di ujung Kota Susu ini memang menyimpan sejuta pesona. Tak hanya kental dengan view yang bertolak pada latar gunung dan perbukitan, namun ternyata ada yang mind blowing banget nhi. Ya betul sekali, sekarang ada wisata baru Boyolali yang disebut – sebut dengan Embung Manajar.

Embung Manajar Selo
instagram.com/dolanboyolali

Meskipun di ketinggian, ternyata tak menutup kemungkinan adanya sebuah embung. Tempat penampungan air buatan ini justru menampilkan view yang unik banget, bahkan boleh di kata satu – satunya di Boyolali, dimana ia memadukan antara view pegunungan yang khas di Selo view air. Dengan demikian seolah ada view danau di atas gunung.

Kehadirannya pun sontak telah viral di jagad medsos Boyolali. Unggahan akan umbul kedua setelah Embung Giriroto Ngemplak ini pun sudah bertebaran. Sebagaimana di upload di akun Instagram Dolan Boyolali terlihat jelas adanya sebuah embung yang dipangari namun dengan latar air plus gunung yang begitu megah.

Histori Embung Manajar

Embung Manajar Selo mulai dibangun pada September 2019 lalu. Embung ini pun menelan dana sekitar 2 M dari APBD Kab. Boyolali. Sedangkan tanah yang digunakan merupakan tanah kas Desa Samiran. Pembuatan embung sejak awal memang dimanfaatkan dengan tujuan sebagai sumber air terutama untuk mencukupi kebutuhan air bersih dimana sangat dibutuhkan terutama pada musim kemarau.

Embung tentunya ini juga berfungsi sebagai sumber air irigasi untuk mengairi sawah dibawahnya. Dengan posisinya di ketinggian, maka Embung dengan luas 1,602 meter persegi ini juga bertujuan sebagai destinasi wisata yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. Pasalnya letaknya memang tergolong bagus terutama landscape yang ditawarkan.

Ada apa di Embung Manajar Selo

Kalau kamu tanya ada apa saja disana pasti jawabanya ada air he he. Akan tetapi gak sekedar air, dengan posisi berada di ketinggian 1730 mdpl dan terletak di lereng Gunung Merbabu, praktis kamu bisa dapet view waduk buatan plus Gunung Merapi sebagai latar belakangnya yang ada di sisi selatan. Jika kamu menatap ke arah utara, otomatis kamu bakal dapat view Gunung Merbabu yang menawan.

Embung Manajar
instagram.com/dolanboyolali

Jika dilihat secara konstruksi bangunan destinasi baru ini sudah dikelilingi pagar besi tepat di bibir waduk sebagaimana Embung Kledug Temanggung dan embung – embung lain. Tepat di sisi pagar tersebut sudah di tata paving blok yang rapi, so kamu bisa muter – muter sambil jepret – jepret dari tepian waduk dengan lebih leluasa. Kamu punĀ  juga bisa gowes di area ini karena area paving blok cukup luas.

Yang paling iconik tentu saja sudah ada plang yang bertuliskan “Embung Manajar” di waduk buatan ini. Plang dengan tulisan warna merah ini berukuran cukup gede, sehingga ia jelas terlihat. Tentunya dengan plang ini menjadi ciri utama kalau kamu pernah maen kesini.

Menurut info terbaru sekarang Embung yang tidak boleh digunakan untuk berenang dan bermain air ini sudah ada penjaja makanan juga lho. Menurut ulasan di Google Maps “penjualnya ramah dan harga makanan juga murah”.

Tiket masuk

Sejauh ini tidak ada tiket masuk Embung Manajar yang ditetapkan. Kamu bisa kesana tanpa tiket alias gratis, jadi kamu bisa hemat disini. Meski demikian, kamu perlu membayar tiket parkir sebagai jasa penitipan kendaraan “wajar kan bro”. Gak mahal kok geng, ada yang menyebutkan cuma 2 k dan ada pula yang menyebutkan 3 k. Meski beda – beda tetap murah lah pokoknya. Oke kita tulis saja 3 k saja geng.

  • Harga tiket: Free
  • Parkir: Rp. 3.000/ motor

Wisata ditengah pandemi

Obyek wisata baru ini sudah dibuka untuk umum lho, jadi kami tetap bisa dolan kesana meski ditengah pandemi. Tentunya kamu diharuskan tetap mengikuti protokol kesehatan yang memang diberlakukan di masa – masa new normal ini. Setiap pengunjung diwajibkan mengenakan masker sebagai salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan. Kamu yang tidak pakai masker, bakal diminta balik lagi kebawah, karena disana sudah ada yang jaga, so tetap terapkan protokol kesehatan ya geng.

Jalan menuju ke Embung

Jalan menuju utama kesana sebenarnya sudah mulus. Mendekati area lokasi lebar jalan sekitar 2 meter. Sehubungan dengan itu hanya kendaraan roda dua saja yang bisa mencapai area ini. Kondisi jalan menanjak, oleh sebab itu, sangat disarankan hanya menggunakan kendaraan manual (bukan matic).

Menuju ke titik lokasi jalan masih tergolong sempit dan hanya muat satu motor saja. Bagi kamu yang gak berani naik, kamu bisa parkir dibawah lalu naik ke atas dengan jalan kaki atau naik ojek, karena memang sudah ada tukang ojek khusus disana.

Lokasi Embung Manajar Selo

Embung yang dengan view yang kece ini terletak di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Lokasinya pun sudah ada di Map sehingga cukup membantu buat kamu yang masih buta akan Selo. Meski demikian, ternyata letaknya tak jauh dari Kantor Desa Samiran, Merapi Garden, dan sejumlah wisata dekat – dekat situ.

  • Alamat: Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363

Yang jelas ketika kamu datang ke wisata baru Boyolali yang ada di Selo ini kamu gak bakal rugi dech. Selain destinasi ini memang oke “apa sih yang gak keren dari gunung he he, sudah viewnya bagus udaranya dingin lagi” kamu pun bisa menjelajah sederet wisata di Selo Boyolali yang jumlahnya emang banyak. Bisa dibilang bisa marem lah kalau dolan ke Selo.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *