HTM Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Diposting pada

Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kecamatan Samigaluh. Terletak di kawasan perbukitan menoreh kebun teh ini adalah satu – satunya yang ada di Kulon Progo. Sebenarnya perkebunan ini sudah aja sejak dulu dan merupakan lahan mata pencaharian penduduk setempat. Melihat adanya potensi wisata kemudian tempat ini dibuka sebagai obyek wisata. HTM Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo ini sangat terjangkau banget guys. Penasaran? yuk simak informasinya dibawah ini.

Informasi Kebun Teh Nglinggo

HTM Kebun Teh Nglinggo
instagram.com/denniesyahputraeffendi

Perkebunan teh Nglinggo ini masuk dalam kawasan perbukitan menoreh. Letaknya yang berada di ketinggian memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat hamparan alam yang masih asri. Jika beruntung anda juga bisa melihat pemandangan Candi Borobudur dari sini. Hawanya yang sejuk membuat siapa saja betah dan merasa nyaman ada di tempat ini. Momen sunrise dan sunset pun juga bisa anda nikmati dari wisata yang ada di Samigaluh ini. Jika saat musim panen tiba, pengunjung bisa menyaksikan para petani memetik daun teh. Dari gardu pandang anda akan melihat seluruh area perkebunan dan pegunungan. Selain asyik untuk refreshing, wisata ini juga keren untuk dijadikan background foto.

Fasilitas

Obyek wisata kebun teh Nglinggo sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantaranya

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Penginapan/ homestay
  • Kedai kopi dan teh
  • Warung

Pengunjung bisa meracik sendiri teh dan menikmati minuman teh asli dari kebun ini. Untuk merasakan dinginnya angin malam perbukitan menoreh, anda bisa menginap di penginapan atau homestay yang berada di Desa Nglinggo. Pagi harinya bisa menyaksikan momen matahari terbit dari atas ketinggian.

Rute perjalanan

Wisata alam ini berada di Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Lokasinya memang lumayan jauh dari pusat kota, akses jalannya agak sempit dan berkelok – kelok. Sebaiknya and kesini menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil pribadi.

  • Alamat lengkap: Nglinggo Barat, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673

Berikut rute perjalanan jika anda berangkat dari kota Jogja: Tugu Jogja – Kulon Progo – Perempatan Dekso – Samigaluh – Pertigaan Pasar Totogan – Pasar Plono. Dari Pasar Plono anda tinggal lurus saja dan mengikuti plang penunjuk jalan yang ada. Kalau anda masih bingung, bisa menggunakan Google Map untuk mencari rute perjalanan.

Harga tiket

Kebun Teh Nglinggo
instagram.com/wisataindokeren

Tarif tiket masuk kebun teh Nglinggo sangat terjangkau banget. Anda cukup membayar 5 ribu saja, sama seperti tarif masuk wisata Pule Payung Kulon Progo. Rincian tiketnya yakni retribusi Rp 2.000 dan jasa lingkungan Rp 3.000. Harga yang cukup murah untuk bisa menikmati keindahan panorama alam bumi Kulon Progo.

  • HTM: Rp 5.000/orang (retribusi Rp 2.000 dan jasa lingkungan Rp 3.000)
  • Spot foto bukit isis: Rp 3.000

Didalam area wisata ini terdapat spot foto yang diberi nama Bukit Isis. Untuk berfoto di spot tersebut tiap pengunjung dikenakan tarif Rp 3.000. Anda bisa berkunjung kesini kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore.

Nah itu tadi seputar informasi terbaru HTM Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo. Pengen wisata asik murah tapi gak murahan, ya ke bukit Nglinggo saja. Destinasi yang cocok untuk melepas kepenatan dan kejenuhan dari segala aktifitas sehari- hari.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *