Kampung Air Kragilan – Wisata Alam Dekat Kota

Diposting pada

Wisata Kampoeng atau  Kampung Air Kragilan merupakan salah satu destinasi yang menawarkan pesona alam khususnya sungai. Obyek ini sudah dikonsep cukup modern lengkap dengan sajian yang kekinian dan cocok untuk mengisi kegiatan akhir pekan bersama keluarga. Tak hanya asik untuk menikmati keasrian alam, namun pengunjung bisa berswafoto hingga berenang.

Kampung Air Kragilan
instagram.com/herrybarbarossa

Obyek wisata yang berdiri diatas lahan seluas 1000 meter persegi ini pada awalnya berupa sungai yang gelap dan digunakan MCK umum. Adalah Arif Mulyadi yang memiliki inisiasi mengolah areal yang sebenarnya berada di bawah jembatan menuju Desa Kragilan ini obyek yang menarik. Apalagi di tempat ini memiliki air sungai yang jernih serta adanya air terjun kecil yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, ditempat ini juga terasa rindang dengan adanya sejumlah pohon disekilingnya terlebih adanya pohon beringin besar dan jembatan tua yang menjadi ciri khas tersendiri. Selanjutnya selain memang ada sungai yang jernih, sekarang ini ditambahkan kolam penampungan untuk berenang bagi anak-anak. Selain itu, tersedia jgua sejumlah gazebo untuk menikmati suasana alam serta gemercik air hingga kuliner khas Boyolali.

Daya tarik Kampung Air Kragilan

Terlihat jelas bahwa tempat wisata yang berada tak jauh dari kota ini sudah memiliki konsep yang apik. Hal ini terlihat adanya sajian obyek yang ditonjolkan didalamnya. Beberapa obyek yang bisa kamu explorasi yaitu:

Sungai

Air sungai yang bersih dan jernih menjadi daya tarik utama di obyek ini meski ukuran tidak terlalu besar.

Air terjun

Ada air terjun kecil pada aliran sungai tersebut. Gemercik airnya makin menambah ciri khas tersendiri di wisata alam ini.

Kolam air

Kolam air di obyek ini didesain seperti kolam arus, dimana pengunjung terutama anak-anak bisa bermain di wahana tersebut.

Gasebo

Sejumlah gasebo pun tertata di tepi kolam yang merupai sungai tersebut. Pengunjung bisa menikmati alam plus aliran air disisinya.

Kuliner

Tak hanya itu pengunjung pun bisa pesan berbagai kuliner khas Boyolali di obyek wisata ini. Apalagi dengan suasana alam yang asri, tentu makin menyenangkan bukan

Spot foto

Seperti halnya destinasi kekinian lainya, ditempat ini pun ada sejumlah spot foto yang asik buat selfie. Ada rumah batu ala Harry Potter, perahu, sepeda, dan spot-spot lainya.

Tak hanya itu saja, di wisata alam Boyolali ini juga ada sejumlah hewan seperti monyet dan biawak yang cukup menghibur.

Tiket masuk Kampung Air Kragilan

Pada saat ini harga tiket masuk Kampung Kragilan Boyolali adalah sebesar 7,5k per orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar retribusi parkir 2k untuk roda dua dan 3k untuk roda empat. Berikut rincian lengkapnya.

  • Tiket masuk: Rp. 7.500/ orang
  • Parkir motor: Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil: Rp. 3.000,-

Lokasi Kampung Air Kregilan

Kampoeng Air Kragilan
instagram.com/suthe_bianconeri

Kampoeng Air Kragilan berada di Desa Kragilan yang mana terletak tidak jauh dari lokasi miniatur Candi Borobodur di Boyolali atau breada di sebelah timur laut Alun-alun Lor. Lokasinya pun juga bisa dicari di Google Map dengan kata kunci “Kampoeng Air Kragilan” yang mana hanya berjarak 5 km dari pusat kota Boyolali.

  • Alamat: Dusun Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah

Dengan demikian, rute menuju kesana bisa diakses baik dari Boyolali kota, Solo, Salatiga, dan Semarang dengan mudah.

Tempat wisata Kampung Air Kragilan sudah beridiri sejak 2016 lalu. Kehadarinya dapat menjadi destinasi alternatif saat menyambangi Kota Susu. Apalagi lokasi mudah dijangkau dan tak jauh dari Lembu Suro Boyolali, Museum R. Hamong Wardoyo, Alun-alun Lor, dan obyek lainya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *