Lembu Suro Boyolali – Sapi Ndekem Ikon Boyolali

Diposting pada

Lembu Suro Boyolali dengan nama resmi Gedung Lembu Sora merupakan salah ikon yang tersohor di kota Susu. Sapi dengan pose dalam Bahasa Jawa ndekem artinya duduk ini seolah menjadi destinsi wajib. Pasalnya selain bentuknya mirip asilnya lengkap dengan kalung khas zaman old patung ini berukuran begitu besar.

Lembu Suro Boyolali
instagram.com/afifsalim

Letaknya yang stategis yakni di sebelah utara Alun-alun selatan juga menjadi kelebihan sendiri, dimana masyarkat dapat dengan mudah menyambanginya. Apalagi kalau sore hari, dimana aktivitas Alun-alun mulai ramai, Lembu Suro Boyolali pun tak kalah riuhnya.

Keunggulan Lembu Suro

Sebenarnya ikon wujud sapi bukan hal yang baru, dimana sebelumnya sudah ada beberapa lokasi dengan wujud hewan yang diambil susunya ini. Yang menjadi pertanyaan, mengapa Gedung Lembu Sora menjadi perimadona. Mungkin ini alasanya.

Jumbo

Bisa dibilang sapi ndekem ini paling terbesar di Indoensia, bahkan didunia “ya kali aja”. Tingginya mencapai 11 meter dengan luas areal mencapai 160 meter.

Pusat keramaian

Berlokasi di kompleks perkantoran dan alun-alun menjadikanya mudah dijangkau dan dekat dengan kerumunan manusia baik siang maupun malam.

Angel keren

Pengunjung bisa ambil angel di aral pelataran Kantor Setda Boyolali yang begitu luas. Bisa ditatakn ini sisi mukanya, lalu pada sisi belakang juga ada semacam taman yang gak kalah kece diambil gambarnya.

Ternyata disisi selatan atau dibawah leher si sapi ada pintunya, namun gak sembarang orang bisa masuk “soalnya memang terkunci”. Nah inilah mengapa bagunan ini sebut Gedung bukan patung, ya karena memang ada ruangan di dalamnya “penaran nhi sama isianya”.

Lokasi Lembu Suro Boyolali

Lembu Suro Boyolali
instagram.com/ajandutz

Pengunjung dapat dengan mudah menemukan obyek kebanggan masyarkat Boyolali ini. Tinggal menuju Kompleks Perkantoran Terbaru Kab. Boyolali yang mana secara otomatis juga satu areal dengan Taman Bunga Banuwati. Lokasi tepatnya ya berada di sebelah timur utara Alun-alun. Dari arah Solo silahkan menuju arah BYL.

  • Alamat:

Di pertigaan lampu merah setelah pom bensin silahkan belok arah kiri (selatan). Tak jauh dari situ ada Alun-alun Selatan, silahkan parkir disekitar alun-alun lalu jalan sedikit menuju ke Lingkungan Kantor Setda Pemkab Boyolali.

Tiket masuk Lembu Suro Boyolali

Gak usah kuatir, kamu tidak akan dikenakan tiket masuk jika ingin mengunjungi obyek yang satu ini alias HTM gratis. Kamu cukup bayar retribus parkir sewajarnya dengan lokasi parkir di depan pendopo juga boleh di areal parkir Setda pun juga oke.

  • HTM: Gratis

Tak salah apabila Gedung Lembu Sora ini menjadi salah satu ikon yang menonjol di Kota Susu. Pasalnya dana yang dikucurkan gak maen-mean yakni mencapai 2,7 milyar. Dimana kehadiranya juga sekaligus menemani ikon lain seperti Simpang Lima Boyolali, Susu Tumpah, Monumen Tiga Menara dan lain sebagainya.

 

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *