Wisata Kulonprogo
Instagram kebuntehmisinglinggo

Kebun Teh Nglinggo, Spot Tracking Adem di Kulon Progo Jogjakarta

Diposting pada

Kebun Teh Nglinggo, merupakan satu-stunya kebun teh yang berada di kota Jogjakarta dengan ketinggian wilayah di 900-1000 mdpl.

Kebun teh ini menawarkan objek wisata yang seru sekaligus menyegarkan berupa hamparan kebun teh dengan luas sekitar 136 hektare di.

Sebelumnya kebun teh ini difungsikan sebagai tempat mata pencaharian warga di sekitar daerah Pagerharjo.

Namun, kebun teh ini kini juga di fungsikan sebagai argo wisata yang bertujuan untuk mendongkrak dan menambah sumber pendapatan warga sekitar melalui pariwisata.

Hal Menarik Apa yang Ada di Kebun Teh Nglinggo

Kira-kira apa yang membuat kebun teh yang ada di Kulon Progo menarik untuk dikunjungi dan selalu rame wisatawan?

Tentunya anda akan mendapatkan udara yang bersih, adem dan sejuk saat Anda datang ke lokasi wisata alam ini.

Jika kabut sudah mulai naik, cuaca akan sedit cerah sehingga Anda dapat melihat keindahan dan kesegaran tumbuhan teh camellia sinensis yang memenuhi teras-teras di lereng perbukitan Nglinggo.

Baca juga:  Indahnya Pesona Bromo, Bikin Gagal Moveon

Disini Anda dapat melakukan tracking atau menyusuri jalanan kecil diantara tanaman teh dan menuju ke puncak di sisi barat.

Di sisi barat kebun teh ini Anda dapat melihat landscape kebun teh yang semakin memukau, walaupun dalam perjalanan Anda akan merasa sedikit lelah dan capek karena lokasi ini cukup tinggi dan haru melalui beberapa tanjakan.

Tidak hanya melalui sisi barat saja Anda dapat melihat panorama kebun teh ini, namun dari sisi yang lain seperti sisi utara yang juga menyuguhkan keindahan bentang alam kebun teh dari ketinggian.

Sisi utara ini memiliki dua puncak yang ada di Gunung Kukusan. Kedua puncak di gunung ini bernama Puncak Dempok dan Puncak Kendeng.

Puncak Dempok merupakan puncak pertama dari Gunung Kukusan sedangkan Puncak Kendeng merupakan puncak tertinggi dari Gunung ini.

Puncak Dempok dan Puncak Kendeng menyuguhkan panorama gugusan delapan gunung berapa terkenal di Pulau Jawa.

Delapan gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro serta Prau.

Baca juga:  6 Rental Alphard Bekasi, Cuma Segini Terima Beres

Kedua puncak ini merupakan salah satu spot favorit dan wajib dikunjungi wisatawan sebagai spot berburu sunset ataupun sunrise.

Harga Tiket dan Jam Operasional di Kebun Teh Nglinggo

Harga tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 5.000 saja dan biaya parkir biasanya hanya di tarik sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Sedangkan untuk jam operasional argowisata ini dimulai pada pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari baik di weekdays atau pun weekend.

Untuk harga tiket masuk ke argowisata ini biasanya data berubah sewaktu-waktu tergantung momen atau hari tertentu.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Wisata Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berada di bagian barat Provinsi Yogyakarta lebih tepatnya berada di Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Rute perjalanan sebenarnya dapat di mulai dari mana saja. Yang membakan hanyalah jarak dan waktu tempuh yang akan Anda habiskan dalam perjalanan.

Baca juga:  Peken Pinggul Melikan - Wisata Kuliner Berkonsep Pasar Tradisional

Rute terdekat jika dari kampung wisata Tamansari Jogja atau Taman Pelangi Jogja hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Dari lokasi Tamansari Jogja atau Monjali Anda dapat memilih rute perjalanan ke arah Jalan Godean hingga bertemu ringroad barat.

Dari arah Ring Road Barat Demak Ijo, Anda bisa langsung menuju ke arah Jalan Godean hingga bertemu Pasar Godean.

Dari Pasar Godean Anda bisa melanjutkan perjalanan hingga bertemu Jembatan Ngapak lalu Anda dapat memilih untuk belok ke kanan di Perempatan Nanggulan.

Dari Perempatan Nanggulan Anda dapat langsung menuju ke arah utara sampai bertemu Pertempatan Dekso.

Belok kiri di Perempatan Dekso dan ikuti jalan samapai memasuki kawasan wisata Perbukitan Menoreh.

Dari sini ikuti jalur sampai Pasar Plono sesudah melewati kecamatan Samigaluh. Nanti Anda akan menemui sebuah pertigaan dengan gapura atau plang yang bertuliskan Wisata Nglinggo-Tritis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *