pixabay.com/id/users/congerdesign-509903/

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Pesona Alam Layaknya Verdon Gorge

Diposting pada

Air Terjun Sri Gethuk merupakan pesona alam yang ada di salah satu Kabupaten Yogyakarta dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter.

Jika beruntung biasanya Anda dapat melihat Pelangi yang melengkung di tengah-tengah air terjun yang diakibatkan dari pantulan sinar matahari yang mengenai air terjun,

Air terjun ini berada di tebing batuan karst atau batuan kapur. Jika ingin mengunjungi area wisata ini waktu yang paling baik adalah di pagi hingga siang hari dimana tempat ini belum rame oleh pengunjung.

Apa Yang Menarik Dari Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Wisata ini tentunya menawarkan pemandangan yang indah dan enak di pandang layaknya Verdon Gorge yang ada di negara Perancis.

Namun selain itu tempat wisata ini memiliki daya tarik sendiri yang menyangkut dengan urban legend.

Menurut urban legen yang ada di masyarakat sekitar, air terjun ini dipercaya sebagai tempat penyimpanan perangkat gamelan berupa Kethuk yang di miliki oleh Jin Anggo Meduro.

Baca juga:  Sewa Alphard Jogja - Daftar Jasa dan Harga Rental

Jika ditelusuri secara seksama, sumber mata air, air terjun getuk ini berasal dari tiga sumber mata air disekitar bukit tersebut.

Ketiga aliran sumber mata air tersebut yaitu mata air Ngandong, mata air Dong Poh, dan mata air Ngumbul.

Keunikan air terjun ini karena tidak pernah mengering dan tidak berkurang debit airnya di kala musim kemarau.

Selain itu, objek wisata ini memiliki kolam alami yang terbentuk dari air terjun dan di sekelilingnya terdapat tebing-tebing batuan karst yang kokoh dan kuat.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Yang Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk

Tidak perlu ragu untuk berwisata ke sini. Karena selain tempatnya yang menakjubkan harga tiket masuknya pun di bandrol dengan harga yang cukup murah sekitar Rp 15.000/orang.

Baca juga:  Jasa Sedot WC Manado, Pesan Online 085295240026 CV Nur Mandiri

Harga tiket masuk ini sudah include untuk masuk ke destinasi wisata Goa Rancang Kencana. Disini juga tersedia pelampung dengan harga sewa sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Jika Anda menginginkan untuk menikmati fasilitas atau wahana lainnya seperti flaying fox Anda cukup membayar tiket sebesar Rp 35.000

Disini juga tersedia wahana body rafting bagi wisatawan yang ingin menikmati sungai Oyo sambil terapung sejau 350 meter. Body rafting ini biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 30.000.

Untuk harga tiket masuk dan harga tiket wahana sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan dengan event atau momentum.

Jangan khawatir soal layanan umum. Di wisata ini terdapat layanan fasilitas pengunjung yang sudah cukup lengkap seperti tempat makan, mushola, toilet, dan area parkir.

Jam Operasional Wisata

Wisata ini mulai beroperasi atau melakukan pelayanan pada pukul 08.00-16.00 WIB di setiap hari Selasa hingga Minggu.

Baca juga:  Bus Semarang Purworejo, 2 PO Bus Eksekutif Ini Solusinya

Jika Anda ingin menikmati suasana lokasi wisata ini dengan tenang, Anda dapat datang kemari pada hari weekdays atau hari kerja karena wisatawan datang paling banyak pada hari libur

Lokasi dan Rute Perjalanan

Lokasi air terjun ini berada di Gunungkidul tepatnya berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya persis di samping sungai Oyo.

Untuk rute perjalanan anda dapat melalui Jalan Patuk-Dlingo jika titik lokasi Anda berada di alun-alun utara dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 13 menit.

Jika titik lokasi Anda berada di wisata Teras Kaca atau Pantai Drini Gunungkidul, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 53-59 menit perjalanan via Jalan Raya Panggang Wonosari atau Jalan Pantai Sel. Jawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *