Keraton Kacirebonan – Keunikan, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Keraton Kacirebonan merupakan salah satu keraton yang usianya termuda dan terkecil di Cirebon. Meskipun begitu situs bersejarah ini kaya dengan nilai histori. Di lokasi ini tersimpan banyak benda – benda peninggalan pada masa penjajahan.

Keraton Kacirebonan
instagram.com/keraton.kacirebonan

Tempat bersejarah satu ini memiliki bangunan dengan gaya percampuran Cina, Belanda dan tradisional. Didominasi dengan warna hijau yang menambah kesan eksotik keraton yang berdiri sejak tahun 1800 M ini.

Keunikan Keraton Kacirebonan

Salah satu situs warisan bersejarah di kota Cirebon ini didominasi dengan gaya arsitektur khas Eropa. Dibangun sekitar tahun 1800 M tempat ini menjadi saksi bisu perjalanan kehidupan kacirebonan. Diklaim sebagai keraton dengan usia termuda dan terkecil, namun tetap kental dengan nilai – nilai historikal tempo dulu.

Tiket Keraton Kacirebonan
instagram.com/keraton.kacirebonan

Disini banyak tersimpan benda – benda peninggalan sejarah seperti keris, perlengkapan perang, wayang, gamelan, dsb. Keraton yang memiliki luas tanah sekitar 46.500 meter persegi ini masih tetap melestarikan kebiasaan dan upacara adat salah satunya yakni pajang jimat.

Tiket Keraton Kacirebonan

Untuk bisa masuk dan berkeliling di area Keraton Kacirebonan, masing – masing pengunjung diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 10 ribu. Tarif yang cukup terjangkau untuk kita bisa berwisata sekaligus bisa menambah pengetahuan tentang sejarah di Kota Cirebon ini.

  • Tiket: Rp 10.000

Lokasi Keraton Kacirebonan

Wisata yang memiliki arsitektur bergaya khas Eropa ini terletak di Jl. Pulasaren, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat. Berjarak 1 km di sebelah barat daya Keraton Kasepuhan dan sekitar 500 m sebelah selatan Keraton Kanoman. Otomatis jika kalian berkunjung ke Keraton Kacirebon ini kalian bisa juga mengunjungi keraton lain yang jaraknya tidak begitu jauh.

  • Alamat: Pulasaren, Pulasaren, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116

Jam buka

Pendopo Keraton Kacirebonan
instagram.com/ferrysurawiredja

Situs bersejarah yang jaraknya sekitar 500 meter dari pasar Jagasatru ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Jam operasional ini hampir sama dengan jam buka Keraton Kasepuhan Cirebon yakni jam 8 hingga jam 6 sore. Wisata ini memiliki jam operasional sejak pagi hingga sore, sehingga pengunjung bisa puas berkeliling di seluruh area keraton. Jam operasional tersebut berlaku dari hari senin hingga ahad alias gak ada bedanya antara weekday dan weekend.

  • Buka: setiap hari (08.00 – 17.00)

Tempat bersejarah yang bisa dijadikan sebagai wisata edukasi ini menyimpan begitu banyak cerita tempo dulu yang layak untuk dikunjungi. Juga memiliki tour guide yang akan menjelaskan tentang Keraton Kacirebonan. Jika beruntung kalian akan bertemu dengan pihak kesultanan/ Yang Mulia Sultan yang sangat ramah dan bersahabat dengan para pengunjung. Memiliki halaman yang luas serta ditumbuhi banyak pepohonan menjadikan lokasi ini terasa sangat asri dan nyaman. Fasilitas parkir juga cukup luas dan tidak jauh dari keraton terdapat mushola.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *