Keraton Kasepuhan Cirebon – Daya Tarik, HTM, dan Lokasi

Diposting pada

Gak hanya di Jogja atau Solo aja, di Kota Cirebon pun kita juga bisa menemukan keraton. Bangunan bersejarah ini kini dijadikan museum dan dibuka sebagai obyek wisata. Manalagi kalau bukan kalau bukan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton Kasepuhan Cirebon
instagram.com/lman_sukirman

Disini pengunjung bisa berwisata terutama sejarah sambil menambah wawasan tentang kehidupan tempo dulu seperti halnya berwisata di Goa Suryaragi Cirebon yang juga syarat akan history. Ada apa saja di Keraton Kasepuhan Cirebon dan berapa HTMnya? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Daya tarik Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan ini memiliki bangunan yang kental dengan gaya khas kerajaan Hindu Budha. Lengkap dengan pendopo, alun – alun, tempat pertemuan dan taman. Tembok dan gapura tersusun rapi dari bata coklat yang menambah keunikan museum ini. Disalah satu sudut lokasi terdapat sumur yang tidak pernah kering mata airnya. Dan Keraton Kasepuhan ini ternyata masih ditinggali oleh raja dan keluarganya.

Tiket Keraton Kasepuhan Cirebon
instagram.com/steviekobis24

Situs bersejarah di kota Cirebon ini menyimpan beberapa peninggalan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati. Ada pula museum pusaka yang menyimpan senjata – senjata jaman dulu. Namun ada beberapa ruangan yang tertutup, jadi wisatawan tidak bisa masuk dan hanya mengintip dari jendela saja.

Ada pemandu wisata/ tour guide yang siap mengantarkan pengunjung berkeliling lokasi dan memberikan pengetahuan tentang Keraton Kasepuhan. Kalian juga bisa berfoto di banyak spot cantik di area wisata. Terdapat alun – alun cukup luas yang dijadikan sebagai tempat para pedagang menjajakan makanan dan minuman. Obyek wisata ini juga cocok untuk anak – anak karena banyak penyedia permainan.

Tiket Keraton Kasepuhan Cirebon

Untuk HTMnya dibedakan antara pelajar dan umum. Untuk pelajar dikenakan tarif Rp 10 ribu dan umum Rp 15 ribu. Untuk anak – anak biasanya free alias gratis. Harganya cukup terjangkau untuk tempat wisata bersejarah. Di dalam keraton ada abdi dalem yang akan memberikan penjelasan seputar kehidupan di keraton.

  • HTM pelajar: Rp 10.000
  • HTM umum: Rp 15.000

Lokasi Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan Cirebon
instagram.com/ms_nadiadinimoon

Keraton Kasepuhan ini tepatnya berada di Jl. Kasepuhan No.43, Kasepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Akses jalan menuju lokasi juga sangat mudah dijangkau. Buat wisatawan yang berasal dari luar kota mungkin masih agak bingung dengan lokasinya. Nah kalian bisa memanfaatkan Google Map untuk memandu perjalanan.

  • Alamat: Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat

Jam operasional

Obyek wisata museum ini buka setiap hari dari senin sampai minggu mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore. Pada hari-hari biasa  pengunjung lebih lengang, namun biasanya pengunjung akan lebih ramai pada akhir pekan.

  • Jam operasional: Senin – Minggu ( 08.00 – 18.00)

Salah satu tempat bersejarah ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota. Lokasi ini memang cocok untuk liburan dan bersantai – santai. Disini banyak penjual makanan seperti bakso, es, somay, cimol dsb. Ada juga penjual aksesoris yang bisa dijadikan oleh – oleh seperti gantungan kunci, blangkon, gelang dll. Namun ada cukup banyak pengemis/ peminta – minta di area lokasi yang membuat risih para pengunjung.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *