Lava Bantal Berbah, Sungai Unik di Sleman Jogja

Diposting pada

Tempat wisata Lava Bantal Berbah memang menawarkan spot yang unik. Dengan sisa lahar yang bertumpuk-tumpuk dibibir sungai dengan warna abu – abu hingga krem menjadikan tempat ini spot yang instagenic. Apalagi dengan tempatnya yang sari dan indah.

lava bantal berbah jogjaSelain tepian sungai yang keren dan kerap jadi spot foto, tempat ini juga ada dua jembatan. Jembatan tersebut terletak di sisi utara dan selatan yang kerap di jepret oleh pengunjung. Bisa di cek nhi foto Lava Bantal “keren-keren dech”.

Sejarah Lava Bantal

Sungai yang satu ini bukan sembarang sungi, namun sangat lekat dengan sejarah terbentuknya pulau Jawa. Bahkan sungai sisa lahar ini hanya di jumpai di beberapa tempat di Jawa. Lahar dingin yang menjadi bibir sungai ini terbentuk akibat kontak langsung antara lahar panas dengan air dingin, dimana terjadi pembekuan yang membentuk geometri menyerupai tumpukan bantal.

Lalu dengan deratan batuan yang mirip dengan bantal ini lah mengapa tempat wisata ini disebut dengan LavaBantal. Bahkan uniknya lagi, ternyata antara batuan yang kanan dan kiri juga berbeda warnanya.

Pada tahun 2015 tempat ini mulai mendapat perhatian dari warga setempat yakni dengan ditambahakanya beberapa insfrastruktur. Alhasil sejumlah fasiltias tambahan seperti gasebo dan toilet sudah ada ditempat ini.

Ada apa saja di Lava Bantal

Sepintas tempat ini menawarkan spot foto yang unik. Namun ternyata kamu bisa menikmati wahana lainya diluar foto-foto. Yuk kita simak.

Kecehan

lava bantal berbahDengan aliran sungai yang unik dan terbilang bersih, pastinya kamu ingin segera main air bukan. Pastinya juga pengen foto – foto disana dengan view yang khas. Namun tetap harus hati – hati mengingat batuanya licin dan saat tertentu arus sungai juga besar.

Tubing lava bantal

tubing lava bantalSelain bisa berswafoto dengan latar sungai, pengunjung juga bisa menjajal tubing. Ada dua pilihan rute wahana geo tubing ini yakni rute pendek dan rute panjang. Durasi tubing di Sungai Opak ini antara 30 – 45 menit dengan harga 15 K untuk dewasa dan 10 K untuk anak – anak.

Selain bisa menikmati indahnya sungai lava ini, kamu bisa makan atau minum di warung makan yang telah disediakan. Namun menurut info dari pengelola, warungnya tidak bukan setiap hari yakni hanya buka pada weekend, karena pengunjung lebih banyak yang datang. Buat bersatantai sudah ada beberapa gazebo dekat sungai dan sudah toilet juga. Fasilitas pendukung yang lumayan bukan, aplagi areal parkirnya juga luas.

Tiket masuk Lava Bantal Berbah

Tidak ada harga tiket masuk ke lokasi wisata di Bantul ini sejauh ini. Namun gak tau ya kalau nanti. Kamu cukup bayar tiket parkir saja yakni sebesar 2 K saja untuk roda dua.

  • HTM: Free
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi Lava Bantal Berbah

Tempat wisata mengungusung konsep sungai langka ini berada di Sleman, Jogja, tepatnya di Berbah. Berikut info lebih lengkapnya.

  • Alamat: Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Baca juga: Pantai Ngetun Gunungkidul

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata Lava Bantal untuk mendapatkan foto yang unik. Selain itu, kamu bisa bermain air dan menjajal susur sungai. Dengan bebatuan yang khas, sayang kan kalau dilewatkan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *