Pulau Menjangan Kecil – Surga Bawah Laut Jawa

Diposting pada

Jepara memang surganya bagi para pecinta wisata bahari. Letaknya yang berada di pesisir utara jawa membuat bumi Kartini ini memiliki beragam wisata pantai yang mempesona. Selain pantai ada juga wisata pulau yang menarik banget untuk kalian jelajahi. Nah kali ini kita akan membahas salah satu wisata tersembunyi di laut utara Jawa, Pulau Menjangan Kecil. Pengen tahu seperti apa pesona keindahan surga bawah laut ini, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Sekilas tentang Pulau Menjangan Kecil

Pulau Menjangan Kecil mungkin masih terdengar asing ya bagi para traveller. Posisi wisata ini berada di sebelah barat Pulau Karimunjawa. Keindahan terumbu karang dibawah lautnya, menjadi spot favorit untuk menyelam. Beragam terumbu karang yang eksotis dan menawan menjadi daya tarik bagi para pecinta snorkeling dan diving. Berbagai ikan ikan lucu juga menghiasi pemandangan bawah laut utara Jawa ini. Perpaduan keindahan terumbu karang dan ikan – ikan tersebut menjadikan pulau ini sebagai surga bawah laut Jawa.

Daya Tarik Pulau Menjangan Kecil

Pulau kecil ini memiliki lahan seluas 46 hektar dengan hamparan pasir putih dan daratan yang tertata rapi dan bersih. Lokasi ini merupakan tempat favorit untuk aktifitas snorkeling dan diving. Yang takut menyelam di kedalaman, bisa mencoba snorkeling aja. Kalian akan disambut oleh terumbu karang dan ikan – ikan kecil yang lucu di kedalaman 3 -4 meter. Pengunjung juga bisa memberi makan ikan dan mengabadikan foto saat bermain dengan ikan – ikan yang menggemaskan. Kalian yang akan melakukan snorkeling akan ditemani oleh pemandu untuk mengajari kalian cara menyelam yang benar. Selain itu pemandu juga akan mengingatkan wisatawan yang berbuat buruk terhadap biota laut. Buat kalian yang ingin menyelam jangan sampai memegang terumbu karangnya ya. Sayang banget kan kalau jadi rusak, butuh waktu lama untuk mereka bisa tumbuh lagi.

Buat yang hobi diving, kalian bisa menyelam sampai di kedalaman 20 meter. Birunya laut dan ombaknya yang tenang bener- bener manggil banget untuk segera menyelami lautan utara Jawa ini. Ditambah lagi dengan pemandangan terumbu karang yang sedang mekar berwana putih, kuning keemasan menambah daya tarik spot diving yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun asing. Untuk yang pengen menikmati waktu lebih lama lagi atau ingin menikmati pemandangan alam pesisir pantai Pulau Menjangan Kecil, pengunjung bisa menginap di bungalo. Penginapan – penginapan tersebut ada di tepi pantai dengan harga yang cukup terjangkau.

Transportasi menuju Pulau Menjangan Kecil

Pulau kecil ini memang tidak berpenduduk, tetapi sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Waktu tempuh dari Pulau Karimunjawa sekitar 20 menit perjalanan. Lokasi diving yang memiliki andalan terumbu karangnya ini berada di sebelah barat Karimunjawa. Kalian bisa coba cek lokasinya di Google Maps.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Tiara Park Jepara

Buat para traveller yang ingin berwisata ke Pulau Menjangan Kecil harus sedikit bersabar ya. Pasalnya transportasi menuju ke lokasi tersebut memang masih terbatas. Kapal Ekspress Bahari dari Pelabuhan Jepara salah satu transportasi yang bisa mengantarkan kalian kesana. Namun kapal ini tidak beroperasi setiap hari, hanya pada hari tertentu aja. Pilihan lain, wisatawan bisa menggunakan kapal sewaan yang dibanderol dengan harga Rp 500.000 – Rp 750.000.

Tips untuk kalian yang ingin melancong ke pulau ini, harap untuk mempersiapkan perjalanan dari jauh hari ya. Mengingat transportasi menuju kesana memang masih agak sulit. Namun hal tersebut jangan sampai menyurutkan niat kalian untuk mencoba sensasi berekreasi di salah satu pulau eksotis yang ada di Kabupaten Jepara ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *