Taman Sidandang Kaligesing – Tiket masuk, Lokasi, dan Rute

Diposting pada
 

Purworejo ternyata juga punya wisata dengan konsep taman air, namanya Taman Sidandang yang berada di Kaligesing. Layaknya Kali Pedut, obyek ini juga menawarkan kedung yang begitu dalam sebagai ikon utamanya. Praktis pengunjung yang datang kemari bisa ciblon (mandi disungai) maupun menikmati suasana bantaran sungai yang bersih dan asri.

instagram.com/lingkarpurworedjo
instagram.com/lingkarpurworedjo

Sekilas pengunjung yang datang kemari akan dikagetkan dengan dandang (perabot rumah tangga untuk menanak nasi) dengan ukuran yang gede banget. Bahkan dandang ini diklaim menjadi dandang terbesar di dunia. Namun ternyata menurut info yang berkembang asal nama Sidandang bukanlah dari keberadaan perabot tersebut, melainkan dari nama kedung (bagian sungai yang dalam) yang ada di obyek wisata ini. Kedung tersebut bernama Kedung Dandang, maka disebutlah obyek ini dengan nama “Taman Sidandang”.

Aktivitas Taman Sidandang

Tak hanya sekedar berswafoto saja lho geng, namun kamu bisa melakukan banyak di obyek wisata ini. Apalagi ternyata disana gak cuma ada kedung saja, melainkan ada curug sekaligus yang mana mengalir diatas kedung. Berikut aktivitas wisata seru disana.

Ciblon

Area ciblon yang dimaksud adalah Kedung Sidandang yang sudah disebutkan diatas. Kedung ini memiliki kedalaman hingga 7 meter lho geng. Dengan demikian hanya jago yang berenang yang direkomendasikan berenang disana tanpa alat bantu. Bagi yang gak bisa berenang juga gak perlu kuatir, karena sudah ada pelampung yang disewakan. Harga sewa pelampung pun juga murah, cuma 5k saja. Selain dalam, kedung ini pun juga luas, jadi cocok untuk rame-rame sekalipun.

Menyambangi curug

Masih berada dilokasi yang sama, kamu pun juga bisa meyambangi ari terjun baik untuk berswafoto maupun mandi dibawahnya. Air terjun yang bernama “Grojogan Kedung Bundher” tidak terlalu tinggi yakni sekitar 5 meter saja dengan aliran merambat di tebing sungai, jadi asik kalau mau basah-basahan di sekitarnya.

Camping

Sebenarnya obyek ini buka dari pukul 08.00 hingga 17.00 namun apabila kamu ingin menginap disana pun juga bisa. Hal ini karena memang ada camping ground yang telah disiapkan.

Mengajak sikecil

Selain bisa mengenalkan anak dengan sungai tipis-tipis, bagi keluarga juga bisa mengajak anak -anak bermain di areal bermain anak. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa berkreasi disini.

Tiket masuk Taman Sidandang Kaligesing

Soal besaran harga tiket masuk Taman Sidandang Kaligesing gak perlu kuatir ya gengs. Harganya murah meriah pakai banget. Pasalnya setiap pengunjung hanya dikenakan budget sebesar 3k saja. Lalu untuk retribusi parkir motor, karcis cuma 2k dan mobil karcis cuma 5k. Dengan demikian, bagi pengguna sepeda motor cukup keluar 5k saja sudah bisa berwisata sepuasnya disana.

  • Tiket masuk: Rp. 3.000
  • Parkir: Rp. 2.000 (motor)
  • Parkir: Rp. 5.000 (mobil)
  • Sewa Pelampung: Rp. 5.000

Lokasi Taman Sidandang

Taman Sidandang terletak di Desa Kaligono masuk kawasan Kec. Kaligesing. Lokasinya pun berada di tepi jalan pada jalan alternatif Jogja Purworejo via Kaligesing. Titik keberadaanya juga sudah ada pula di Peta Google. Dengan demikian muda ditemukan tanpa harus jauh-jauh mendaki tinggi dan bisa diakses dengan roda dua maupun roda empat sekalipun.

  • Alamat: Dusun Kedungrante RT.02 / RW.04, Desa Kaligono, Kec. Kaligesing, Kab Purworejo, Jawa Tengah

Kabar baiknya lagi, jalan menuju ke Kaligesing sudah mulus dan nyaman, namun yang harus diperhatikan adalah jalanya naik turun dan berkelok. Pastikan kamu waspada saat berkendara ya gengs.

Rute wisata

Obyek ini bisa dicapai baik dari arah Kulon Progo maupun dari arah Purworejo atau Bagelen. Dari arah Kulon Progo bisa dari arah Sungai Mudal menuju ke arah Kalilo lalu ke Kaligesing.

Jika dari arah Alun-alun Purworejo silahkan menuju arah Cangkrep. Setibanya di Lampu merah kalau kiri arah Heroes Park Purworejo ambil kiri arah Kaligesing. Ikuti jalan hingga mencapai Desa Kaligono.

Taman Sidandang Kaligesing
instagram.com/gheayyasy

Obyek wisata Taman Sidandang Kaligesing dikelilingi oleh perbukitan yang asri dan sejuk. Pada saat hari libur pun objek ini diserbu oleh wisatawan lokal. Akan tetapi sangat tidak disarankan datang kesana pada saat kemarau panjang. Hal in karena airnya menyusut, jadi percuma kalau kesana.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *