Taman Tirtonadi – Isi, Tiket Masuk, dan Lokasi

Diposting pada

Satu lagi ruang publik di Solo yang kekinian yang sayang banget untuk dilewatkan. Apalagi kalau bukan Taman Tirtonadi. Tempat hangout merakyat ini cocok banget untuk oleh raga pagi,  JJS (jalan jalan sore), maupun menikmati indahnya gemerlap pantulan lampu di sungai pada malam hari.

Taman Tirtonadi
instagram.com/abaheyahya

Tak hanya menghibur, obyek ini juga telah menarik perhatian netizen untuk ambil gambar, baik pemandangan ya maupun selfie ria. Viewnya yang elok dan luas memang tak elakkan untuk diambil gambarnya. Bahkan tak jarang juga ada yang memanfaatkan kawasan ini untuk memancing. Tak pelak lagi, ruang terbuka ini menggoda siapa saja untuk segera menghampirinya.

Ada apa di Taman Tirtonadi

Taman yang satu ini ada dua sisi yakni sisi utara dan sisi selatan. Keduanya sisinya cukup luas dan dapat menampung banyak orang meski hanya memanfaatkan pinggiran sungai. Tak hanya tatanan yang rapi  dengan lantai yang bersih, namun pinggir sungai juga sudah dilengkapi dengan pagar pembatas dengan warna merah dan putih demi keselamatan pengunjung.

Tiket masuk Taman Tirtonadi
instagram.com/mediaplussolo

Taman yang berada di depan terminal Tirtonadi ini pun juga sudah dilengkapi dengan lampu-lampu yang mana memungkinkan pengunjung untuk datang pada malam hari. DI beberapa titik juga sudah tersedia kursi taman yang asik buat menikmati luasnya Bengawan Solo.

Di sisi atas juga sudah ada semacam atap dengan desain unik. Atap-atap ini pun dapat dimanfaatkan untuk berteduh dikala terik dan dikala hujan turun sewaktu-waktu. Lebih top lagi ada sebuah jembatan penghubung yang diberi nama Bendung Tirtonadi yang menghubungkan taman sisi selatan dengan sisi utara.

Taman ini pun juga ternyata juga dilengkapi dengan akses untuk penyandang disabilitas, jadi memang sudah dirancang dengan apik untuk siapa saja yang ingin refresing dari hiruk-pikuk dan lalu lantang lalu lintas setiap hari.

Tiket masuk Taman Tirtonadi

Layaknya taman terbuka hijau pada umumnya, pengunjung yang mau maen kesana tidak dikenakan HTM (harga tiket masuk) sama sekali. Pengunjung cukup membayar parkir saja yakni cuma 2k saja. Dengan tiket yang gratis, tentu menjadikan masyarakat lebih suka “gratis”.

  • HTM: Free
  • Parkir: Rp. 2.000

Lokasi Taman Tirtonadi

Sesuai dengan namanya, taman ini berada tak jauh -jauh dari Terminal Tirtonadi yakni tempat didepan terminal. Yang mana secara otomatis lokasinya sudah banyak diketahui oleh khayak umum. Bedanya kalau taman berada di sebelah utara jalan, sedangkan terminal berada di sebelah selatan jalan.

  • Alamat: Jl. A. Yani, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Akan tetapi tetap gak bisa dipungkiri, bisa saja mereka yang bukan orang Solo atau memang belum pernah ke terminal bisa tetap mencarinya di Google kok. Jadi gak perlu kuatir ya geng.  Akses jalan menuju kesana pun juga sangat mudah “namanya saja dekat terminal” yang mana bisa diakses dari arah Purwodadi, Boyolali, dan Sragen.

Taman Tirtonadi Solo
instagram.com/soloindonesia

Tak hanya bisa melihat indahnya Kali Pepe zaman now, namun pengunjung juga bakal bisa melihat Gunung Lawu di ufuk timur terutama pada sore hari. Jadi tak salah jika kamu punya jadwal travel ke tempat ini setelah mengunjungi beberapa destinasi lain di kota Surakarta. Sudah keren, gratis lagi. Top banget kan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *