Tiket Masuk Puri Mataram

Diposting pada

Puri Mataram merupakan salah satu obyek wisata keluarga dan kuliner di Sleman Jogja. Meski berupa wisata buatan, namun kesan alami jelas terasa disini. Pengunjung akan disuguhkan dengan panorama yang indah mulai dari kebun bunga, wahana permainan hingga tempat makan. Harga tiket masuk Puri Mataram pun gratis, dimana pengunjung cukup membayar tiket sesuai wahana yang diinginkan.

Tiket Masuk Puri Mataram
instagram.com/stansyah1303

Adalah BUMDes Puri Mataram yang telah berhasil menyulap lahan ini menjadi tempat wisata yang menarik. Tak tangung-tanggung, areal yang dimanfaatkan pun begitu luas. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga pun benar-benar bisa berwisata meski hanya pada satu lokasi.

Wahana Puri Mataram

Sebagai destinasi keluarga yang komplit, di Puri Mataram Jogja ini menawarkan banyak wahana yang menarik. Berikut sekilas ulasan wahana disana.

Taman Kitiran

Perpaduan antara kitiran (baling-baling) dan bunga lengkap dengan replika Tugu Jogja menjadi andalan di obyek ini. Konsep baling-baling inipun mirip dengan Bumi Kitiran Malang, namun kalau dari segi tata tamanya mirip dengan kebun bunga celosia. Pengunjung akan dikenakan tiket sebesar 15k untuk bisa masuk ke areal ini. Sebelum kesana, pengunjung akan melewati jembatan bambu yang berada di atas persawahan. Uniknya di jembatan ini juga ada banyak pernak-pernik yang kece buat foto-foto.

Taman Kelinci

Cukup dengan 10k pengunjung bisa bermain dan berswafoto dengan kelinci. Obyek ini tentunya digemari sikecil, karena memang hewan dengan telinga panjang ini begitu mengemaskan dan mengandung unsur edukatif.

Taman Kaktus

Dengan konsep bak dipadang pasir, pengunjung bisa menelisik berbagai jenis tanaman kaktus. Selain bisa belajar, lokasi ini pun juga asik buat foto-foto. Tiket yang perlu dibayarkan adalah 15k.

Tangkap Ikan

Wahana yang cukup menarik adalah areal tangkap ikan. Dengan tiket 10k, pengunjung bisa mencoba menangkap ikan dan masuk ke kolam sambil bermain air.

Becak air

Wahana becak air atau bebek-bebekan disewakan dengan harga 15k. Pengunjung bisa mengitari kolam yang berada ditengah taman.

Resto

Jika ingin terasa lapar dan ingin menikmati kuliner, kamu bisa menuju ke areal resto. Dimana lokasinya berda di samping kolam. Sembari makan, kamu bisa sekaligus dapat view air.

Pasar Ndelik

Pengunjung yang ingin mencicipi minuman dan jajanan tradisional bisa langsung menuju ke Pasar Ndelik. Ada banyak stand yang bisa dipilih layaknya pasar pada umumnya, namun pengunjung diharuskan menukar rupiah dengan mata uang yang disebut pandel (koin), dimana satu pandel setara dengan 2 ribu rupiah. Apabila tidak habis buat belanja, mata uang tersebut dapat ditukarkan kembali dengan rupiah. Ada menu jajanan seperti tempe mendoan, aneka jenang, nasi jagung, es kelapa muda, es dawet, aneka urap/ gudangan (sayuran rebus dengan bumbu kelapa), dll.

Harga Tiket Masuk Puri Mataram
instagram.com/nugraheni_sucianingrah

Tak hanya itu, saja, di obyek ini juga masih ada Taman Merino dan pada waktu tertentu ada live musik yang cukup menghibur. Meski lokasinya terbilang panas, namun gak perlu kuatir, karena pengunjung bisa menyewa caping gratis.

Tiket Masuk Puri Mataram

Sebenarnya harga tiket masuk Puri Mataram Jogja ini gratis. Selepas parkir pengunjung bisa langsung  ke areal dalam wisata. Namun pengunjung baru akan dikenakan tiket apabila ingin menyambangi salah satu wahana yang ada disana. Harga tiket wahana antara 10k s/d 15k per wahana dan harga tiket terusan sebesar 50k untuk 5 wahana.

Tiket Masuk Harga per orang
Taman Kitiran Rp. 15.000
Taman Kelinci Rp. 10.000
Kandang Merino Rp. 15.000
Kebun Kaktus Rp. 15.000
Tangkap Ikan Rp. 10.000
Becak Air Rp. 15.000

Lokasi Puri Mataram Jogja

Obyek wisata besutan BUMDes ini berada di Sleman tepatnya di Drono. Jarak tempuh dari Muntilan sekitar 30 menit – 1 jam dengan ancer-ancer persis di samping Kantor Kabupaten Sleman. Jika dihitung dari pusat kota, maka jarak tempuhnya 8 km atau sekitar 30 menit perjalanan. Ancer-ancernya adalah Lapangan Dunggung Jalan Magelang, ke Arah Barat, Sebelum Jembatan Besi ada Pertigaan pohon beringin.

  • Alamat: Drono, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lokasinya pun mudah dijangkau karena memang berada di tepi jalan raya. Bahkan areal parkirnya gak cuma muat untuk roda dua dan roda empat, bahkan antara 10 -15 bur pariwisata besar pun tetap muat. Obyek wisata ini pun berdekatan dengan Kampung Flory, bahkan ada jalan setapak yang menghubungan Puri Mataram dengan Kampung Flory.

Obyek wisata Puri Mataram Sleman Jogja dapat menjadi salah satu destinasi yang menarik di kota Gudeg. Harga tiket masuk Puri Mataram pun gratis. Namun jika ingin mengunjungi salah satu wahana, barulah membayar tiket lagi. Kabar baiknya ternyata ada tiket terusan yakni cukup dengan Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah), pengunjung bisa dapat 5 (lima) wahana sekaligus, jadi bisa lebih hemat bukan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *