Umbul Leses Sawit Boyolali – Eksotisme Tiada Duanya

Diposting pada

Ada yang istimewa di Sawit Boyolali namanya Umbul Leses. Bukan karena kolam airnya yang asik buat berenang, namun karena umbul yang satu ini dikelilingi pohon – pohon besar nan eksotis yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. Dengan akar dan teksur pohon yang meliuk – meliuk menjadi keistimewaaan yang tiada duanya.

umbul leses boyolaliMeski tidak sepenuhnya terkelola, namun Umbul Leses  yang sudah dikenal sebagai tempat wisata ziarah sekaligus wisata air. Sebenarnya, kamu tetap bisa kalau sekedar mandi (kungkum), namun seperti kurang tepat kalau digunakan untuk ciblon. Meski begitu, kamu akan dapat foto yang eksotis dari tempat ini. Betapa tidak rindangya pohon – pohon besar disana akan buat kamu takjub dan tentunya sayang jika tidak diabadikan.

Sekilas Umbul Leses Boyolali

Umbul Leses Boyolali hingga saat ini masih menjadi tempat penghidupan warga sekitarnya. Air yang mengalir dari sumber mata ari digunakan untuk mengairi areal persawahan. Selain itu, warga sekitar juga menggunakanya untuk mandi dan mencuci.

Orang dulu menyebut kolam alami yang tidak terlalu luas dengan sebutan sendang (sumber mata air yang tertampung dalam kolam). Dimana tempat ini sebatas digunakan untuk mandi dan kebutuhan lain, bukan untuk ciblon seperti umbul Tirah, umbul Kendat, maupun umbul lainya di Kota Susu.

Lokasi Umbul Leses Boyolali

umbul leses

Umbul leses terletak di dekat Umbul Pengging yakni berada di pinggir Jalan Pengging – Sawit, Boyolali. Kamu cukup mengikuti jalan ke selatan setelah pasar Pengging. Gapura besar berwarna merah bata seperti gambar diatas telihat jelas di tepi jalan.

  • Alamat: Dukuh Soko RT 12/ 03, Desa Jenengan, Kec. Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57374
  • Peta: Klik disini

Silahkan menuruni tangga menurun untuk menuju ke lokasi. Oh iya, lokasi dapat dengan mudah ditemukan dengan Google map.

Harga tiket masuk Umbul Leses Sawit

Sejauh ini belum ada biaya masuk ke Umbul Leses Sawit ini. Kamu bisa masuk kesana secara cuma – cuma alias free.

  • HTM: Gratis

Baca juga: Air Terun Semuncar

Umbul Leses memang tidak secara khsus menjadi tempat untuk berenang meski airnya jernih dan dingin. Namun pohon-pohon raksasa yang menjulang tinggi inilah yang menjadi cita rasa tersendiri. Kamu bisa mengambil foto dengan latar pohon – pohon yang rindang tersebut.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *