Watu Sepur Bayat
instagram.com/yuliant_hen

Watu Sepur Bayat, Wisata dengan Potensi Unik hingga Endemik

Diposting pada

Wisata alam Watu Sepur Bayat memiliki potensi yang unik. Tidak lain tidak dan tidak bukan adalah adanya bongkahan batu yang mirip kereta api yang sedang berjalan yang akrab disebut sepur.

Jelas terlihat bahwa sebenarnya obyek ini sudah dikelola, yang mana dapat dijumpai gapura masuk, jalan di areal wisata yang sudah tertata, dan berbagai fasilitas lainya.

Sebelum mencapai titik lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan rindangya areal hutan.

Di dalam area pun juga terdapat warung tradisional, mushola, ayunan, dan tempat duduk. Bahkan ada pula semacam pendopo yang luas dan cocok untuk agenda pertemuan.

Tak henti sampai disitu pengunjung masih perlu menaiki anak tangga sekitar 300 meter. Setelah itu, tibalah di lokasi yang dinamakan Watu Sepur.

Baca juga:  Obech Avontur - Rafting Pacet Mojokerto

Di kawasan ini pun sebenarnya sudah ada gasebo untuk sekedar duduk sejenak, gardu padang, danĀ  disisi atas jelas terlihat tulisan “Watu Sepur” dengan warna merah.

Asal nama Watu Sepur

Bukan tanpa alasan, penamaan obyek ini dengan “Watu Sepur” memang terinspirasi dari potensi alam yang ada disana yakni batuannya.

Dimana di tempat ini terdapat tumpukan batu yang berlapis dengan panjang sekitar 120 meter. Bantuan yang berada di punggung bukit ini pun berderet-deret layaknya kereta api.

Sedangkan kereta api dalam bahasa Jawa disebut “Sepur”. Atas dasar historis inilah, warga sekitarnya menyebutnya dengan “Watu Sepur”

Lebih dari itu, sebenarnya lapisan batuan tersebut tergolong karang pantai, yang mana lengkap dengan bio laut purba hingga tanaman endemik pantai seperti pandan laut.

Baca juga:  Harga Tiket Masuk Taman Peri Bandung

Lalu kikisan yang terjadi pada batuan terebut diperkirakan sudah terjadi selama jutaan tahun lalu.

Lokasi Watu Sepur Bayat

Obyek ini berada di sisi selatan Rowo Jombor yakni di Dusun Bogoran yang mana masih masuk kawasan Pegunungan Jiwo atau lereng Bukit Karangpandan.

Lokasinya pun mudah ditemukan karena bisa dicari Google dengan nama “Watu Sepur Bayat”.

Alamat: Dusun Bogoran, Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Tiket masuk Watu Sepur Bayat

Harga tiket masuk (HTM) Watu Sepur Bayat hanya sebesar 2k per orang. Tarif parkir kendaraan pun juga cuma 2k untuk sepeda motor dan 5k untuk mobil.

Baca juga:  Pantai Sunter Depok Indah Pekalongan - Isi, Tiket, dan Lokasi

Dengan budget semurah itu, pengunjung sudah bisa eksplorasi areal hutan hingga batu sepur.

  • HTM: Rp. 2.000,-
  • Parkir: Rp. 2.000 (motor)
  • Parkir: Rp. 5.000 (mobil)

Selain mengunjungi Watu Sepur Bayat, pengunjung bisa juga sekaligus menyambangi Rowo Jombor, Bukit Turis (Bukit Sidoguro), Bukit Patrum, dan beberapa obyek lain di dekatnya.

Dengan demikian tempat ini sebenarnya dapat menjadi salah satu alternatif saat berkunjung ke ke Kecamatan Bayat.

Gambar Gravatar
Agungnesia, seorang owener jadwaltravel.com yang fast respon yang melayani JASA PEMBUATAN WEBSITE dan JASA ARTIKEL SEO di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *