20 Wisata Boyolali 2019 – Cocok Buat Liburan Kamu

Diposting pada
 

Boyolali saat ini memiliki puluhan tempat wisata baik yang baru maupun yang lama. Nah membicarakan tempat wisata tentu identik dengan spot foto. Ngapain lagi kalau gak berfoto ya kan. Tren berfoto saat ini tidak lepas dari maraknya pengguna instagram. Wisata atau spot foto baru yang muncul di Boyolali ada yang memang sudah lama, tapi ada yang benar – benar baru.

Agar kamu dapat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Boyolali. Kali ini kita akan bahas 17 wisata Boyolali 2019. Artinya wisata ini kemungkinan masih ada atau masih eksis hingga tahun ini. Jadi cocok banget buat kamu yang memang lagi mau jalan – jalan untuk liburan.

1. New Selo

tempat wisata boyolali terbaruKetinggian diatas menara – menara bambu menjadi ciri khas “New Selo” dengan tiket Rp.10.000 kamu bisa puas ambil foto naik turun. Lokasinya pastinya di Selo ya. Di tepi jalan sudah kelihatan thu plang “New Selo”nya. Ada rumah bamboonya juga lho.

2. Spot Jembatan Gantung

tempat wisata boyolali

Kalau lokasi ini lebih cederung dibilang sebagai spot foto Boyolali, dari pada wisata Boyolai 2019. Meskipun begiut Jembatan Gantung Selo Dukuh Sepi Desa Jrakah Kecamatan Selo seringkali dikunjungi mereka yang berwisata menuju di area Selo.

3. Taman Sitinggil Garden

taman sitinggil gardenTaman Bunga Taman Sitinggil Garden Boyolali terletak di Desa Kembangkuning, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali. Taman bunga dengan luas sekitar 10.000 meter persegi berada di ketinggiannya 900 mdpl dari permukaan air laut.

4. Tretes Taman Tani

wisata boyolali terkiniTepatnya di Selo sisi timur dengan alamat di Dukuh Tretes Desa Samiran Kecamatan Selo, Boyolali yang terletak diantara lereng gunung merapi dan merbabu dengan view yang luar biasa indah ini. Wisata edukasi ini mengenalkan banyak hal tentang pertanian dan kearifan lokal selo boyolali yang sebagian besar warganya adalah petani sayuran dan buah.

5. Sabana Gunung Merbabu

wisata boyolali baru

Gunung merbabu membentang di 3 kabupaten, yakni boyolali,magelang & semarang. Beruntungnya kamu jika mendaki merbabu via jalur resmi selo, disini kamu dapat menikmati indahnya hijau sabana 1 & 2 di gunung merbabu. Mendirikan tenda untuk bermalam menunggu sunrise serta beristirahat sejenak buat kalian yang ingin melanjutkan perjalanan menuju puncak dirasa pilihan yang tepat. Di gunung merbabu terdapat 2 sabana yakni sabana 1 dan sabana 2

6. Umbul Tlatar

wisata boyolali 2019
Umbul Tlatar Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Boyolali dengan HTM 3.000/ orang

7. Kebun Raya Indrokilo

wisata boyolali baruKebun Raya Indrokilo Kemiri Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Kebun ini nantinya akan menjadi tempat konservasi tanaman langka dari berbagai macam daerah di indonesia. Kebun raya indrokilo yang berdiri di lahan seluas 8,9 hektare ini dibangun dengan APBD Boyolali untuk keperluan penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan, yakni memberdayakan ekonomi di wilayah sekitarnya. Di kebun raya ini akan terdapat ribuan jenis tanaman yang diberi label nama, patung sosro birowo, taman paku, air terjun, embung dan masih banyak lagi spot foto unik yang instagramable untuk berfoto. Dan saat ini sedang dalam proses pembangunan jembatan penghubung yang akan bisa kita lewati jika kita masuk dari pintu gerbang atau pintu masuk utama.

8. Museum R Hamong Wardoyo

wisata boyolali terbaruMusesum ini berada di jalan pandanaran no 19 siswodipuran boyolali atau di sebelah barat pom bensin Tegalwire.
Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00WIB dan kalian hanya mengisi buku tamu tanpa perlu membayar tiket masuk. Isinya semua sejarah kota boyolali, mulai dari miniatur icon-icon boyolali, patung, baju adat boyolali, benda bersejarah, kereta kencana, foto dan arca.. lengkap deh. Museum ini ada 2 lantai, lantai satu berisi tentang sejarah boyolali dan lantai 2 berisi galery foto-foto keindahan boyolali.

9. Kali Cemara

wisata boyolaliBerpose diatas gardu pandang dan tanggul Belanda bisa menjadi solusi tanpa harus jauh – jauh ke Kali Biru. “Kali Cemara” di Dukuh Tanjung Sari RT 13/ 03 Desa Blagung Simo Boyolali dengan latar sungai cemara tentu menambah foto kamu makin hits. Tempat wisata Boyolali 2019 ini juga punya spot kupu – kupu, tanggul belanda, taman, dan sungai. Murah banget cuma retribusi parkir 3.000 per sepeda motor.

10. Taman Purbo

wisata Boyolali 2019Sejak tanggal 1 Februari 2019 taman purbo sudah dibuka kembali. Taman Purbo yang dulu dengan teman bunga matahari lalu untuk sekarang ini ada macam2 jenis bunga, mulai dari bunga celosia, cengger ayam, kenikir dan aster. Selain itu ada tambahan miniatur tugu monas ditengah2 kebun bunga dan miniatur tugu monas. HTM untuk wisata ini Rp.5000 dan Parkir : Rp.2000. Lokasi di Desa Wates, Simo Boyolali, tepatnya di sebelah utara Kali Cemara.

11. Lembah Gunung Madu

wisata Boyolali 2019

Bernuansa bukit, Lembah Gunung Madu cocok banget buat hang out, tidak cuma berfoto kamu juga makan sama geng kamu di Cafe Joglo. Berlokasi di Kecamatan Simo Boyolali. Masuk ke LGM cukup bayar parkir Rp.2.000 roda dua dan Rp.5.000 roda empat

12. Waduk Bade

Waduk Bade berlokasi di Kecamata Klego, Boyolali. Dari pertigaan Klego kami ambil kanan, nanti ada gang masuk kanan jalan. Waduk ini menawarkan panorama air yang dikelilingi sawah. Ikanya juga kelihatan lho.

13. Embung Giriroto

wisata Boyolali 2019Embung yang terletak di dukuh gumukrejo desa giriroto kecamatan ngemplak Boyolali. Embung ini baru saja rampung pembangunannya ini memiliki talut embung yang dibuat berundak seluas 1,3 hektare. Embung dilengkapi fasilitas yang lumayan lengkap seperti wahana bebek-bebekan, taman, lampu-lampu serta kursi taman yang nyaman. Disebelah timur embung juga terdapat bangunan yang nantinya akan digunakan sebagai kantor sekertariat embung serta perpustakaan mini. Rapi, bersih dan nyaman dikunjungi. Tertarik dolan kesini? Dari pasar gagan ngemplak ke utara -+ 5 KM, jika ragu dan takut nyasar kalian bisa menggunakan google maps desa giriroto / embung giriroto. HTM : Gratis

14. Waduk Cengklik

Kalau waduk yang satu ini saya rasa sudah banyak yang tahu. Yang menariknya kamu bisa ambil sunset disini. Nah yang belum paham dari Bandara Adi Sumarmo ke arah barat nanti ada di kanan jalan.

14. Candi Lawang

Candi Lawang terletak di desa Gedangan Kecamatan Cepogo Boyolali, candi ini merupakan candi hindu.
Di kompleks Candi Lawang ditemukan lima struktur bangunan yaitu candi Induk, Candi Perwara I, Candi Perwara II, Candi Perwara III, dan Candi Perwara IV.

16. Alun – alun lor

alun alun lor boyolaliAlun-alun lor beralamat di Jalan Tape ( Ringroad Utara Boyolali ) Barat Kragilan Mojosongo. Di Alun-alun lor terdapat spot foto miniatur candi borobudur, taj mahal, patung sphinx dan piramida mesir.

17. Irung Petruk

Irung petruk merupakan salah satu tingkungan tajam yang merupai hidung petruk. Di tikungan tersebut ada patung petruknya yang sering dipakai untuk foto – foto. Meskipun tidak dikatakan sebagai wiata Boyolali 2019, tetapi lokasi ini cocok sebagai spot foto, maka tidak salah juga kalau sebagai wisata tambahan. Menuju kesini sejalan ke arah Selo dari Boyolali kota. Hati – hati ya karen jalanya menanjak dan meningkung

18. Simpang Lima Boyolali

Nama tepatnya adalah “Patung Arjuna Wijaya”. Nah patung ini berada di tengah – tengah simpang lima Boyoalali kota. Ada patung kuda yang berjajar membawa sang arjuna dengan gagahnya. Menuju kemari kamu bisa parkir disisi barat simpang lima, lalu menyebarang ke arah patung. Hati – hati saat nyebarang karena jalanya ramai

19. Gedung Lembu Suro

Susu identik dengan Boyolali. Kamu bisa berfoto dengan icon Boyolali yaitu patung susu yang super gede yang bernama Gedung Lembu Suro yang berada di kompleks pemerintahan Kabupaten Boyolali atau di kamasan Alun – alun Selatan Boyolali. Tidak ada tiket masuk dan parkir. Cukup parkir yang rapi lalu foto dech.

20. Umbul Langse

Umbul Langse Lebak berada Desa Nepen Kecamatan Teras, Boyolali.  Selain tadi sudah main ke Umbul Sungsang Banyudono bisa sekalian nhi ke Umbul Langse Lebak biar tampah marem maen airnya.

Nah itu dia beberapa spot foto untuk swafoto dan tempat wisata Boyolali 2019. Jangan ngaku pernah ke Boyolali kalau belum menyambagi dan mengabadikan moment kamu di spot – spot Boyolali diatas. Semakin tertarik bukan untuk berkunjung ke kota susu.

Sumber
Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *