40 Wisata Boyolali 2020

Diposting pada

Bicara soal wisata Boyolali 2020 tentu ada sangat banyak. Seperti kita tahu, Kota Susu akhir-akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan demikian, wajar apabila pada tahun 2020 ini ada banyak wisata,  potensi alam, tempat, ataupun tempat rekreasi yang menarik baik yang baru maupun yang sudah lama.

Dengan banyaknya deretan wisata ini, kamu yang mau berkunjung kesana sudah gak perlu bingung. Kamu bisa pilih sesuai dengan selera. Dengan jumlahnya yang banyak, seperti gak bakal habis kamu puterin seharian.

Waduk Cengklik

Tak hanya asik buat mancing, tempat rekreasi murah meriah ini juga cocok untuk berwisata terutama menikmati hamparan waduk yang begitu luas. Lebih seru lagi, kamu pun bisa menjajal naik perahu untuk dapat berhenti di pulau tengah dengan harga cuma 50k untuk max 8 orang

HTM Waduk Cengklik pun cuma 1,5k saja dan parkir cuma 2k, jadi datang saja ke Desa Ngargorejo, Kec. Ngemplak dengan ancer-ancer dari Panasan ke arah barat.

Waduk Bade Klego

Waduk Bade lebih terorganisir ketimbang Waduk Bade. Kamu bisa menuju ke obwis ini dari arah utara dengan membayar tiket hanya 3k saja dengan lokasi di Desa Bade, Kecamatan Klego.

Selain asik buat bersantai, kamu bisa menikmati sunset yang indah disana. Tak salah, jika kamu sengaja kesana untuk berswafoto.

Air Terjun Semuncar

Wisata dengan tema air terjun memang gak banyak di Kota Susu, namun ada yang istimewa bahkan lebih dari yang lain yakni Air Terjun Semuncar di Pantaran, Desa Candisari, Kec. Ampel.

Terlihat jelas bahwa ada banyak sekali aliran yang turun dalam satu lokasi. Lebih mantap lagi, hamparan tananaman perdu nan hijau juga menyelimuti grojogan ini.

Kebun Raya Indrokilo

Kawasan konservasi dengan konsep kebun raya ini memang asik untuk berwisata. Mengapa tidak? karena ada begitu banyak wahana, icon, hingga edukasi yang ditawarkan.

Sebut saja labirin, menara pandang, kapal nuh, air hujan siap minum, taman paku, penyewaan sepeda, dan lain – lain. Cukup HTM 5k dan silahkan datang ke Tempurejo, Kemiri, Mojosongo.

Kampung Air Gragilan

Tempat rekreasi Kampung Air Kragilan cocok banget untuk wisata keluarga. Selain menyuguhkan sungai yang asri, pengunjung bakal bisa bermain air di sungai buatan. Bahkan sudah kuliner serta gasebo-gasebo untuk menikmati keindahan alam.

HTM yang perlu kamu siapkan hanya 7,5k per orang dan parkir 2k saja. Lokasi gak jauh dari Alun-alun lor yakni di Dusun Watugenuk, Desa Kragilan, Kec. Mojosongo.

Taman Irung Petruk

Dengan memanfaatkan adanya potensi alam yang menawan di sekitar tikugan irung maka hadirnylah wisata Boyolali terbaru 2019 yang disebut dengan Taman Irung Petruk.

Wisata kuliner dan spot foto ini pun berada di tepi jalan menuju ke Selo dari arah BYL yang lengendaris. Cukup dengan 5k dan parkir 2k sudah bisa melihat pemandangan alam lebih leluasa disana.

Lembah Gunung Madu

Wisata alam dan kuliner merupakan salah satu destinasi yang terkenal di Simo. Tak hanya menawarkan pesona alam yang dipadukan dengan spot cantik, namun ada wahana sepeda gantung, hingga flying fox

Setelah capek explorasi, kamu bisa mencicipi kuliner yang disebut Cafe Joglo. Akan tetapi sebelum masuk Lembah Gunung Madu, kamu perlu merogoh kocek dulu sedalam 5k.

Kali Cemara

Salah satu destinasi yang ada di Desa Blagung, Kec. Simo menawarkan keindahan alam berupa sungai. Dipadukan dengan spot foto yang kekinian plus taman kelinci, pengunjung bakal bisa liburan cukup menyenangkan.

Lebih dari itu, kalau rombongan bisa pula mengadakan agenda outbond dengan berbagai peralatan yang telah disediakan. Tiket Kali Cemara pun murah, cuma 3k sudah termasuk parkir.

Bukit Wonopotro

Mendegar Bukit Wonopotro Klego mungkin masih terasa asing. Ya karena destinasi ini memang masih baru. Selain menyuguhkan pesona alam khas bukit, kamu juga bakal melihat Waduk Bade dari kejauhan.

Di dalam area wisata sudah cukup terkelola yakni dengan adanya mini zoo, wahana permainan anak, dan ada pula berbagai jenis tanaman.

Tikungan Cinta

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini Tikungan Cinta Cluntang tampil lebih menarik lagi. Ada beragam spot foto zaman now yang bisa kamu explorasi satu persatu.

Dalam satu kawasasn ini sekitar ada 3 lokasi dengan spot yang berbeda. Masing-masing taman dibanderol dengan harga cuma 5k saja.

Bukit Gancik

Menikmati keindahan Gunung Merapi memang paling top dari Bukti Gancik Selo. Pengunjung bakal difasilitasi dengan jembatan yang panjang dan menara pandang untuk melihat keindahan gunung lebih leluasa.

Tiket masuk wisata yang perlu kamu keluarkan ternyata cuma 5k saja dengan lokasi di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo.

Omah Bambu Selo

Jangan ngaku pernah ke Selo kalau belum mampir di Omah Bambu Selo ini. Di destinasi dolan ini menyuguhkan gardu pandang dengan konstruksi bambu, ada pula cafe disisi atas.

Daatang saja ke Desa Lencoh Kec. Selo untuk bisa mencicipi suasana yang keren dari tempat ini. HTM Omah Bambu ini cuma 10k, namun untuk kawasan New Selo free.

Gardu Pandang Bukit Fertile Prosper

Tempat piknik ini menawarkan pemandangan yang asik khas pegunungan. Salah satu yang paling menonjol adalah adanya rumah pohon yang super gede. Ada pula jembatan yang panjang sebelum menuju ke rumah pohon tersebut.

Gak ada tarif yang ditetapkan untuk masuk kesana alias gratis. Sambangin langsung ke Dukuh Gunung Kidul, Desa Jeruk, Kec. Selo untuk membuktikan Bukit Fertile Prosper.

Taman Waluyo Jati

Meski berkonsep taman, namun Taman Waluyo Jati lebih dikenal akan pemacinganya. Tak hanya ada satu kolam, namun ada 2 kolam pancing sekaligus disana.

Siapkan saja budget 3k sebagai tiket dan datang saja ke Dusun Kebakan, Desa Metuk, Kec. Mojosongo dengan ciri-ciri di sisi Tol Salatiga – Kertosono.

Museum R Hamong Wardoyo

Tak hanya menyuguhkan tempat wisata rekreatif, Boyolali juga punya tempat wisata edukatif plus historis yakni Museum R Hamong Wardoyo. Ada banyak potret zaman dulu hingga zaman now. Ada pula lukisan yang imajinatif dan lain sebagainya.

Gak ada tiket masuk yang dikenakan untuk pengunjung alias gratis. Kamu bisa langsung menuju ke Jl. Pandanaran, Tegalmulyo, Siswodipuran dengan ancer-ancer stelah Pom Bensin Tegalwire.

Vihara Velnuna

Destinasi yang dikenal dengan Vihara Velnuna ini sebenarnya bukan tempat wisata, namun berupa tempat ibadah yang masih aktif. Sehubungan akan keindahan dan keunikanya, tak jarang yang datang untuk jepret-jepret dengan lensa kamera.

Gak perlu keluar rupiah, kamu cukup datang dengan pakaian yang sopan dan minta izin kepada petugas pagoda yang ada di Dukuh Ngelo, Desa Kaligetong, Kec. Gladagsari ini.

Candi Lawang

Situs bersejarah ini memang tidak begitu tersohoar. Meksi demikian, buat kamu yang suka akan nuansa klasik, kayaknya wajib mengecek bukti peradaban ini.

Gak perlu bayar dan langsung saja ke Desa Gedangan Kecamatan Cepogo untuk menelisik lebih jauh akan Candi Lawang.

Merapi Garden

Taman bunga yang satu ini mungkin yang paling wahid di Kota Susu. Pasalnya, tanaman bunga yang memang begitu apik. Bahkan dengan latar belakang gunung, semakin menambah nilai exotisme tempat rerkreasi ini.

Budget yang perlu kamu siapkan cuma 5k saja dengan jadwal tutup jam 5 sore. Alamat Merapi Garden adalah Dukuh Jrakah, Desa Samiran, Kec. Selo.

Setinggil Garden

Mirip dengan Merapi Garden, ada Sitinggil Garden. Lokasinya pun juga di Selo, namun alamat tepatnya di Desa Kembangkuning.

Gak perlu mahal untuk bisa melihat langsung aneka bunga disana, karena kamu cukup bayar tiket 5k saja.

 

Taman Bunga Mekar Mulyo

Meski tak setenar Kebun Bunga lain, namun di Kec. Nogosari tepatnya di Desa Glonggong juga ada wisata dengan konsep taman Bunga yang disebut Taman Bunga Makar Mulyo. Dengan harga cuma 5k saja, pengunjung sudah bisa masuk untuk menyaksikan bunga celosia yang bermekaran.

Destinasi yang sederhana ini pun sudah tertata rapi dan lokasinya pun mudah dijangkau, karena berada tak jauh dari jalan utama Nogosari – Simo.

Kebun Bunga Barades

Keindahan bunga Matahari bisa kamu dapatkan di Kebun Bunga Barades. Tempat selfie yang berada tak jauh dari Pasar Mangu ini hanya dibandrol dengan harga 5k saja.

Taman bunga minimalis ini berada di Dusun Turibang, Desa Sobokerto, Kec. Ngemplak dan bisa diakses dengan mudah dari arah Panasan.

Umbul Sewu

Tempat rekreasi yang asik ini berada di Desa Bendan, Pengging. Pengujung bakal bisa bermain air, berenang, dan mencicipi kuliner dalam satu lokasi OW.

Harga tiket Umbul Sewu Pengging pun ternyata murah yakni cuma 6k saja sudah bisa bersenang-senang disana.

Lestarindo Sport Garden

Spot center yang satu menyuguhkan wahana yang asik untuk berolahraga. Ada mini soccer ala internasional, ada kolam renang dewasa, dan ada kolam renang khusus wanita.

Destinasi yang berada di tepi jalan ini berada di Dusun Pulisen, Kec. BYL. Kamu cukup bayar dengan harga tiket 10k pada hari biasa dan 15k pada hari libur.

Restu Wiaya Waterboom

Meski bukan pusatnya air, namun di Simo juga ada wahana rekreasi dengan tema air yaitu Restu Wijaya Waterboom. Tempat rerkreasi ini menawarkan kolam renang dan prosotan yang lumayan.

Kolam yang berada di Desa Pelem, Kec. Simo dengan ancer-ancer di depan Pom bensin ini dibandrol dengan harga ekonomis yakni cuma 10k pada weekend dan 7,5k pada hari biasa.

Kolam Renang Ringin Pitu

Di Kec. Nogosari ternyata juga ada wisata rekreasi kolam renang. Tak hanya cocok untuk berendam, namun dengan kolam yang luas tetap cocok untuk berenang sekalipun.

Kamu bisa langsung menuju ke Dukuh Ringin Pitu, Desa Ketitang, Kec. Nogosari untuk bisa menjajal keseruan disana. Tiket masuk Kolam Renang Ringin Pitu juga murah, yakni cuma 5k saja.

Kusuma Park and Resto

Kusuma Pool and Resto di Desa Sukorame, Kec. Musuk memang belum sepenuhnya jadi. Namun keberadaanya sudah cukup menghibur karena adanya kolam renangnya.

HTM OW ini juga sangat murah, karena cuma 5k saja per orang. Lumayan kan buat wisata tipis-tipis.

Umbul Sungsang

Pemandian Umbul Sungsang menawarkan tempat rekreasi dengan sumber air alami asli. Kejernihannya seolah tak terhindarkan untuk segera dinikmati.

Cukup siapkan budget 5k utuk tiket dan 2k untuk parkir agar bisa masuk ke wisata di Desa Bendan, Kec. Banyudono ini.

Umbul Langse Teras

Kejernihan air juga bisa kamu rasakan di Umbul Langse Desa Nepen Teras. Selain asik buat ciblonan, kamu pun juga bisa jajan di PKL dengan harga yang merakyat.

ukup dengan merogoh kantong untuk parkir saja, kamu sudah bisa menikmati kesegaran air yang ada disana.

Umbul Leses

Tak hanya menawarkan kolam sumber mata air asil, namun Umbul Leses menawarkan pesona alam yang elok terutama akan keberadaanya pohon-pohon besar disekitarnya.

Umbul yang berada di Desa Jenengan, Kec. Sawi ini tidak bisa masuki secara gratis, karena memang tidak ada tiket masuk yang kenakan kepada pengunjung.

Umbul Kendat

Meski tak luas namun Umbul Kendat di Dukuh Plumbungan, Desa Dukuh, Kec. Bayudono layak kamu kunjungi. Kenapa demikian, pasalnya obyek ini menawarkan air yang jernih dari sumber mata air.

Tiket masuk obyek ini pun masih gratis. Kamu cukup bayar biaya parkir saja. Itupun cuma 2k. Murah pakai banget kan.

Umbul Tirtomulyo

Umbul dengan nuansa kerajaan ini kayaknya wajib banget kamu kunjungi. Tak hanya menawarkan air asli, namun di dalam umbul juga terdapat ikan-ikan yang asik buat berswafoto.

Cukup bayar saja 2k sebagai tiket masuk ke Umbul Tirtomulyo di Desa Kemasan Kec. Sawit ini.

Umbul Tirah Andong

Tak ketinggalan dengan kecamatan lain, ternyata di Kec. Andong ada tempat piknik yang disebut dengan Umbul Tirah. Mesk ukuranya kecil, namun cukkup menghibur bagi yang mau wisata tipis-tipis.

Obyek yang ada di Dk. Dawung, Desa Sempu ini tidak dibanderol HTM sama sekali. Cukuup bayar parkir saja 2k.

Umbul Pengging

Berada tak jauh dari Pasar Pengging, ada Umbul Pengging yang memang sudah terkenal. Di tempat rekreasi air ini gak cuma menawarkan satu umbul, namun ada beberapa kolam sekaligus.

HTM wisatanya pun juga murah, cuma dengan 3,5k saja pada pintu utamanya dan nanti masuk ke salah satu umbul perlu bayar lagi 1,5k. Meski beberapa kali bayar, namun tetap murah secara keseluruhan.

Embung Giri Tirto

Baru banget di Kec. Ngemplak ada Embung Giri Tirto. Gak sembarang embung, karena selain luas dan tata kelola yang bersih, kamu bakal bisa menjajal bebek-bebekan.

HTM obyek ini sangat murah, yakni cuma 2k saja dengan alamat lengkap di Desa Giriroto, Kec. Ngemplak.

Danuwo Waterpark

Meski tak berada di Boyolali, namun Danuwo Waterpark and Resto yang berada di Kaliwungu dekat dengan Tlatar yakni hanya sekitar 2 km dengan alamat tepat di Desa Udanwuh, Kec. Kaliwungu.

Di tempat piknik ini ada kolam renang, waterpark, hingga tempat makan. Siapin dech rupiah 10k pada hari biasa dan 15k pada hari sabut dan mingu (tanggal merah).

Simpang Solidaritas

Salah satu ikon Kab. Boyolali ini layak banget kamu kunjungi. Pasalnya kamu bakal bisa menemukan miniatur Candi Borobudur, Taj Mahal, Piramida, dan Patung singa, yang mana berada di tengah persimpangan jalan.

Gak perlu bayar tiket masuk, karena berada di masih berada di kawasan Alun-alun. Cukup parkir saja di Kragilan, Kec. Mojosongo.

Lembu Suro

Ikon andalan Kota Susu ini sudah banyak didatangi oleh wisatawan. Ukuran yang besar dan mirip dengan aslinya menjadi nilai tersendiri. Bahkan bisa dibilang “kalau belum datang ke Lembu Suro ya belum ke Byl”.

Datang saja ke kompleks Perkantoran Terpadu atau ke Alun-Alun Kidul dengan lokasi tepat berada di utara Pendopo Kabupaten.

Simpang Lima Boyolali

Persimpangan yang juga dikenal dengan Simpang Arjuna ini terlihat begitu di jalan dari Kota Susu ke Salatiga. Selain memang ada Patung Arjuna dengan kereta kuda yang begitu gede ternyata ditengah proliman ada perpusnya juga.

Cukup bayar parkir saja disebelah barat dan nyeberang jika ingin ke tengah. Kalau sekedar mau ambil gambar, bisa parkir disebelah timur.

Monumen Tiga Menara

Ikon yang dikenal dengan Monumen Tiga Menara ini tergolong baru di BYL. Uniknya, ada Menara Eifel, menara Pizza, dan Patung Liberty.

Meski bukan merupakan tempat wisata, namun banyak masyarakat yang datang kesana untuk berwisata. Apalagi memang HTMnya gratis. Pengunjung cukup membayar parkir saja.

Jembatan Gantung Selo

Jembatan yang sempat masuk  dalam salah satu adegan film besutan Ruang Guru ini memang bukan wisata, bahkan masih berupa lalu lintas manusia dan kendaraan roda dua.

Wisata Boyolali 2020Akan tetapi, karena memang pesonanya yang indah, tak jarang traveller mampir ke tempat ini, ya karena memang terlihat jelas dari jalan utama Selo.

Sejauh ini, itulah daftar tempat wisata Boyolali 2020 versi JadwalTravel.com. Jika dikulik lebih dalam, mungkin masih ada berbagai desatinasi lain dan belum bisa bahas pada pos kali ini. Jika kamu punya info akan keberadaan tempat dolan di lainya, silahkan tulis di kolom komentar ya geng.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *