4 Wisata Lereng Merapi Jogja Yang Hit dan Instagramable

Diposting pada

4 Wisata Lereng Merapi berada di area sekitar Gunung Merapi Jogja yang merupakan gunung teraktif di Indonesia dengan ketinggian puncak 2.930 mdpl, per 2010.

Namun tenang, walaupun sangat dekat dengan gunung teraktif di Indonesia, wisata yang berada di lereng gunung ini di jamin aman.

Masyarakat di lereng gunung Merapi ini mampu hidup berdampingan dengan sang gunung dan menerima aktivitas Merapi sebagai fenomena alam yang normal.

Selain memiliki tanah yang subur, udara yang yang sejuk, dan flora dan fauna yang beragam di lereng gunung ini terdapat juga objek-objek wisata yang layak untuk di kunjungi.

Berikut refrensi 4 wisata Lereng Merapi yang layak dan masuk ke dalam daftar rekomendasi wisata hits dan instagramable yang ada di Jogja.

1. Kaliadem

Kaliadem merupakan kawasan hutan pinus dengan luas sekitar 25 hektare dengan ketinggian 1.100 mdpl. Lokasinya berada di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Objek wisata ini beroperasai setiap hari dan 24 jam dan bahkan untuk wisata malam haripun juga ada.

Baca juga:  Wisata Budaya ke Kampung Praijing, Sumba

Harga tiket masuk untuk ke wisata ini gratis tidak dipungut biaya. Biasanya Anda hanya diminta biaya retribusi parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Dari lokasi Kaliadem ini, Anda dapat melihat Merapi secara dekat dan menjelajah ruang bunker Kaliadem.

2. Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi merupakan destinasi wisata modern yang berlokasi di The World Landmark Merapi Park Jogja. Tepatnya beralamat di Trutan, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman

Harga tiket masuk ke wahana ini sebesar Rp 15.000/orang. Untuk biaya parkir biasanya tarid yang dikenakan sekitar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Jam operasional wahana ini dimulai pada pukul 07.00-17.00 WIB setiap hari. Anda dapat mengunjungi wisata ini sewaktu-waktu sesuaikeinginan Anda.

Di wisata ini Anda dapat menikmati suasana layaknya berada di luar negeri karena wisata ini mirip dengan wisata yang berada di Amesbury di Wiltshire, Inggris

Baca juga:  10 Travel Semarang Bandung, Kalau yang Nomor 1 Ini Gimana Lur?

3. Merapi Lava Tour

Merapi Lava Tour merupakan aktifitas wisata dengan menyewa mobil jeep untuk berkeliling diarea bekas lokasi terdampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010.

Trip ini ada beberapa pilihan yaitu long trip, short trip, sunrise trip, dan paket Merapi Lava Tour  lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti trip ini, Anda dapat menyimak harga paket Lava Tour Merapi berikut.

Daftar paket ini bersumber dari Travel Promo yang update per Januari 2023 bulan lalu

Tarif Paket Lava Tour Merapi
Jenis Paket Durasi Harga
Sunrise Trip (4 Orang) 3 jam Rp500.000 /Jeep
Sunrise Long Trip (4 Orang) 3 jam Rp600.000/Jeep
Short Trip (4 Orang) 1-1,5 jam Rp400.000 /Jeep
Medium Trip (4 Orang) 2 jam Rp500.000 /Jeep
Long Trip (4 Orang) 2-2,5 jam Rp600.000 /Jeep
Super Long Trip (4 Orang) 3-3,5 Jam Rp700.000/Jeep
Baca juga:  8 Travel Jember Surabaya, Ini Rekomendasi Solusi Layak Kamu Coba

4. Bukit Klangon

Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Wisata ini berada di ketinggian 1.100 mdpl dan lokasinya sangat sekat dengan Gunung Merapi sekitar 4 km.

Harga tiket untuk kunjungan umum, biasanya hanya di kenakan biaya sebesar Rp 4.000 dan untuk camping dikenakan biaya sebesar Rp 15.000

Jam buka objek wisata objek wisata ini dimulai pada pukul 06.00-16.00 khusus wisatawan umum sedangkan untuk camping adalah 24 jam.

Dari bukit ini Anda dapat melihat puncak Gunung Merapi melalui gardu pandang yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Wisata di Jogja sebenarnya banyak sekali ragamnya seperti Air Terjun Sri Gethuk yang berada di Gunungkidul dan Kebun Teh Nglinggo yang berada di Kulonprogo.

Namun, jika Anda menginginkan wisata yang seru dan melihat panorama alam seperti gunung, Anda dapat menyempatkan waktu untuk mengunjungi 4 wisata Lereng Merapi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *