Air Terjun Grinjingan Getasan Semarang – Dekat Kopeng

Diposting pada

Jutaan orang mungkin belum familiar akan Air Terjun Grinjingan Getasan Semarang. Sekilas mendengar nama ini, mungkin yang terpaut adalah air terjun yang ada di kab. Jepara. Padahal di Semarang bahkan tak jauh dari Kopeng ada grojogan dengan nama serupa.

Air Terjun Grinjingan Getasan
instagram.com/merbabu_via_thekelan

Meski demikian, namun ternyata obyek ini menawarkan air terjun yang indah bahkan bisa dibilang unik. Aliran airnya tidak langsung terjun ke bawah, namun seolah merambat di antara rerumputan tebing. Debit airnya pun tidak besar namun justru karena itu, cocok dech buat mandi.

Gambaran Grojogan

Sebelum tiba di titik lokasi, pengunjung akan disuguhkan dengan hamparan hutan pinus. Pemandangan ditempat ini pun begitu elok dan tentunya hijaunya dedaunan bikin adem, serta akan menemani perjalananmu menuju lokasi.

Ada yang menyebutnya bahwa curug ini merupakan air terjun musiman. Kalau pada musim penghujan debit airnya memang lumayan, akan tetapi pada saat kemarau datang airnya mengecil alias surut, bahkan bisa mengering.

Dengan posisi berada di sekitar kaki Gunung Merbabu menjadikan obyek ini memiliki hawa yang segar dan udara yang sejuk. Selain itu, hamparan rerumputan yang tumbuh di dinding tebing juga membawa nilai kesejukan tersendiri. Lebih asik lagi, kedung (sisi sungai yang dalam) di depan curug ini meski tak dalam namun cukup luas, yang mana asik untuk bermain air. Apalagi airnya memang jernih.

Tiket masuk Air Terjun Grinjingan Getasan

Sejauh ini belum ada informasi berapa besara harga tiket masuk Air Terjun Grinjingan. Seperti memang belum ada tiket yang dikenakan. Hal ini karena obyek ini belum bisa dikatakan sebagai tempat wisata, namun baru berupa potensi alam.

  • HTM: –

Lokasi Air Terjun

Obyek ini berada Desa Tekelan Getasan Semarang. Keberadaan sebenarnya tak begitu jauh dari Umbul Song Kopeng, Taman Wisata Kopeng, dan Tree Top Kopeng. Jalur menuju kesana bisa dikatakan searah dengan merbabu Via Thekelan. Apabila dicari di Map bisa menggunakan nama “Air Terjun Grinjingan”.

  • Alamat: Desa Tekelan, Batur, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah

Menurut penampakan yang ada, jalur menuju kesana masih apa adanya. Dimana masih berupa jalan setapak dan ilalang.

Salah satu potensi alam Air Terjun Grinjingan Getasan Semarang ini cukup menarik. Namun sayangnya memang belum dikelola dan belum dibuka untuk umum. Informasi seputar curug ini pun juga masih minim. Padahal dengan perkembangan medsos dapat dengan mudah mengangkat tempat ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *