Air Terjun Kalicurug Kebumen – Asik buat Kecehan

Diposting pada

Satu lagi tempat rekreasi alam di Kebumen yang gak boleh kamu lewatkan, namanya Air Terjun Kalicurug Karangsambung. Curug dengan dua trap ini menawarkan pemandagan yang indah plus asik buat bermain air (kecehan). Apalagi dengan lokasi yang mudah dijangkau rasanya gak ada ruginya datang kemari.

Air Terjun KalicurugAir terjun yang juga dikenal dengan Curug Plumbon ini masih berada di areal kawansan Geopark Karangsambung.  Aliran airnya berasal dari Sungai Grigak, sedangkan tebing curug tersusun dari batu pasir formasi Penosogan yang sudah terlipat yang elok. Meski menarik, namun sangat dianjurkan ke lokasi pada musim hujan, hal ini karean debit air di musim kemarau terlihat kecil dan kuranga sedap dipandang.

Keseruan di Curug Kalicurug

Ada sejumlah keseruan yang bisa kamu nikmati di Curug Kali Kebumen ini. Mengingat tebingnya yang indah dan aliranya yang ramah tak rugi jika kamu kunjungi.

 Ambil gambar

Dengan penampakanya yang beringkat-tingkat menjadi nilai tambah tersendiri di grojogan ini. Tentunya kamu pasti tidak mau lewatakn moment berfoto atau ngeVlog.

Bermain air

Dengan aliran yang tidak terlalu kuat plus air yang masih alami rasa asik buat main air di aliran sungai Girgak ini.

Berenang

Tak hanya ada pemadangan curug bertingkat yang eksotis, namun pengunjung bisa berendam sambil menikmati kesegaran airnya. Dengan kendalaman air sekitar 150 cm, sudah cukup seru untuk main air, utama berada di tingkatan kedua air terjun ini

Lokasi air terjun Kalicurug

Meskipun tidak sulit menemukan lokasi curug ini, namun agar lebih mudah mencapai lokasi dengan ancer-ancernya SMP N 2 Karangsambung. Nah lokasi parkirnya juga berada di samping SMP tersebut atau di warung-warung didekat SDN 2 Plumbon, sedangkan air terjunya berada di sisi timur jalan raya.

  • Alamat: Jl.  Raya Plumbon, Dusun Grigak, Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Loc: Klik map

Akses jalan

Air Terjun Kali Curug hanya berjarak sekitar 16 Km dari Kota Kebumen yakni arah utara. Akses jalan menuju ke lokasi dapat dengan mudah dilacak, bahkan lokasinya juga tidak jauh dari jalan raya. Bisa dikatakan curug paling mudah dijangkau.

Rute yang mudah menuju kesana yaitu via Desa Krakal Kecamatan Alian. Pasalnya lokasinya hanya berjarak 4 Km dari Pemandian Air Panas Krakal. Nah dari tempat wisata ini silahkan lanjut menuju ke utara dengan jarak 400 meter dari Jalan Raya Plumbon – Wadasmalang.

Namun selepas memarkirkan kendaraan kamu perlu jalan kaki melewati sungai dengan batu yang berlumut. Dengan kondisi jalan yang licin, kamu perlu sedikit effort serta hati – hati untuk mencapai titik lokasi.

Tiket masuk Air Terjun Kalicurug

Air terjun yang berada di Dusun Grigak Desa Plumbon Kecamatan Karangsambung belum diketahui harga tiket masuknya. Mengingat lokasi ini belum jadi tempat wisata, seperitnya belum ada tiket masuk yang ditetapkan.

Baca juga: Curug Sudimoro Donorejo

Air terjun Curugkali masih sangat alami baik udara maupun kondisi alamnya. Destinasi ini sangat rekomendasi buat para pecinta alam serta mereka yang suka tantangan. Kamu sudah pernah kesini? share pengalaman kamu dibawah ya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *