Akses ke Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul Jogja

Diposting pada

Pastinya sudah tidak asing bukan dengan Air Terjun Kedung Kandang. Namun info akses ke Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul ini masih perlu dibahas. Hal ini karena memang lokasinya yang tersembunyi diantara perawahan dan bebatuan.

Akses ke Air Terjun Kedung Kandang
instagram.com/fk_malik.11

Tak dipungkiri bahwa Jogja memang gudangnya tempat wisata, tak terkecuali di Gunung Kidul. Meski terkenal sebagai dataran yang kerning namun tenyata tak sedikit wisata di kabupaten ini yang bertemakan air. Salah satu yang cukup menantang adalah air terjun Kedung Kandang ini.

Lokasi Air terjun Kedung Kandang

Lokasi wisata alam ini sebenarnya tidak jauh dari wisata Gunung Api Purba, bahkan masih di desa yang sama yakni Nglanggeran. Apabila dari arah Patuk Gunung Api Purba belok kiri, sedangkan Kedung Kandang Belok kanan. Biar tambah jelas cek nhi alamat dan mapnya.

  • Alamat: Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Map: Klik Peta

Namun menurut info yang ada, petunjuk arah dengan Google map kurang akurat, jadi kamu bisa pahami rute dan akses kesananya.

Tiket masuk Air Terjun Kedung Kandang

Kamu cukup merogoh kantong sebesar 7k saja sebagai tiket masuk. Lalu sebagai retribusi parkir cuma 2k. Cukup dengan 9k kamu sudah bisa menyambangi air terjun nan unik ini.

  • Tiket masuk: 7.000
  • Parkir: 2.000

Akses ke Air Terjun Kedung Kandang

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat wiata air terjun ini. Seperti yang ditulis diatas, lokasinya dekat dengan Gunung Api Purba. Namun yang perlu kamu catat adalah akses eke Air Terjun Kandang Gunung ini. Bisa dibilang butuh perjuangan yang lumayan.

Akses ke Air Terjun Kedung Kandang Jogja
instagram.com/gontagustav

Rute perjalanan dari Jogja ke Kedung Kandang adalah via Jalan Wonosari. Lanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Patuk. Setibanya di SMP N Patuk ambil kiri ke arah Dusun Bobung. Setelah menjumpai perempatan ambil kiri. Kamu nanti akan melihat Mie Ayam Mbak Nining. Dari warung itu, silahkan ke kiri menuju ke Lapangan Volly. Nah di Lapangan inilah kamu bisa menitipkan kendaraan.

Selepas memarkirkan kendaraan, kamu dituntut untuk tracking melewati jalan setapak dan areal perswahan. Meski Sawah disana berundak, namun justuru itulah yang bereksan “seolah di bali nhi”, apalagi diselimuti tanaman nan hijau.

Meningat lokasinya yang lumayan, kamu perlu persiapan yang cukup terutama air minum. Hal ini karena memang disana gak ada warung dan cuma ada toilet yang ada ditengah perjalanan.  Tentunya kamu juga harus kenakan setelan pakaian yang pas.

Baca juga: HeHa Sky View Gunung Kidul

Dengan akses ke Air Terjun Kedung Kandang yang lumayan, pastinya kamu gak mau kecewakan. Nah alangkah baiknya pada saat musim hujan atau deket-deket musim hujan. Pasalnya kalau kemarau debit arinya kecil bahkan bisa kering juga. Oh iya, mengingat lokasinya yang panas, sangat disarankan mengenakan topi atau kacamata atau semacamnya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *