Air Terjun Sidoharjo Samigaluh – Harga Tiket, Lokasi, dan Foto

Diposting pada

Jutaan orang mungkin tak mengetahui kalau ternyata Air Terjun Sidoharjo Samigaluh Kulon Progo merupakan air terjun tertinggi di Jogja. Tak tanggung-tanggung ketinggian grojogan wisata di ujuang barat Yogyakarta ini mencapai 32 meter. Dengan eksotisme yang luar biasa ini, kamu bisa mendapatkan angel yang unik lain dari yang lain. Lebih dari itu, kamu pun juga bisa bermain air disana lho “cakep”.

Air Terjun Sidoharjo Samigaluh
instagram.com/tribunjogja

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini sudah mendapatkan perhatian lebih. Bukan lagi semak belukar, namun akses jalan tracking udah bagus berupa cor. Setibanya di areal parkir, kamu pun cukup jalan sejauh 300 meter saja. Dari kejauhan pun sudah terlihat aliran air grojogan di Kulon Progo ini. Setibanya disana hamparan batu dan luasnya tebing, serta tentunya air terjun akan memanjakan kamu.

Gambaran Air Terjun Sidoharjo

Wisata alam ini pun terbilang masih sepi, namun bagus dan nyaman. Tentunya kamu akan disuguhkan dengan air terjun yang begitu tinggi, tebing yang tinggi, dan aliran sungai tentunya.

Grojogan

Kesohoranya sebagai penyandang air terjun tertinggi di Jogja tentu menarik perhatian siapa untuk membuktikan dengan mata kepala langsung. Dengan demikian tebing disekitarnya juga terasa tinggi dan kita pun merasa jadi kecil.

Pada musim penghujan debit air gede dan aliran lagi deras-derasnya. Pada moment seperti ini terasa banget pesonanya, namun yang agak minus airnya menjadi keruh pasca hujan turun. Disisi lain pada saat kemarau airnya mengecil, apalagi kalau sudah lam gak hujan.

Meski demikian, akan lebih menawan lagi, kalau kamu dapat pagi dan pas beruntung ada penampakan pelangi lho sob. Selain itu, kesan alami juga masih terasa dengan tumbuhnya rerumputan di tebing-tebing.

Ciblon

Tak jarang pengunjung sengaja datang kemari untuk bermain air (ciblon) di kedung yang berada tepat di depan air terjun ini. Kedung ini pun tidak terlalu dalam, jadi tetap aman. Namun jangan bermain terlalu dekat dengan aliran air ya sob, takut-takut ada benda jatuh dari atas.

Sehabis main air, kamu bisa bilas kok, karena sudah ada kamar mandinya. Tentunya kamu juga harus bawa baju ganti ya “masak iya habis mandi pakai baju yang sama”.

Tiket masuk Air Terjun Sidoharjo Samigaluh

Meskipun sekarang sudah tertata ternyata harga tiket masuk Air Terjun Sidoharjo Samigaluh ini ramah di kantong lho sob. Kamu cukup bayar 3k sebagai HTM dan bayar 2k sebagai jasa penitipan kendaraan. Total cuma 5k saja kan sob.

  • Tiket masuk: Rp. 3.000,-
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Lokasi Air Terjun Sidoharjo

Tempat ini masih masuk Kecamatan Samigaluh dengan titik lokasinya tak jauh dari Air Terjun Watu Jengger dan obyek wisata lainya.  Jarak dari penitipan sepeda motor menuju ke titik lokasi tidak lah jauh. Kamu cukup berjalan sekitar 300 meter saja, dimana kamu juga bisa menitipkan kendaraan di rumah warga.

  • Alamat: Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain harus isi full bensin, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima ya gengs, karena kamu bakal menempuh perjalan dengan tanjakan dan tikungan. Jalan kesana juga terbilang sempit, jadi kalau pakai mobil harus lebih hati-hati, apalagi kalau pas papasan dengan kendaraan dari arah yang berlawanan.

Tiket masuk Air Terjun Sidoharjo
instagram.com/kotajogjacom

Obyek wisata Air Terjun Sidoharjo Samigaluh ini berada di tengah hutan DIY sisi barat. Lokasinya dapat ditempuh dari Kota Jogja sekitar 1 jam perjalanan. Setibanya di tempat penitipan parkir, kamu pun cukup berjalan sekitar 10 menit saja dengan hamparan kebun cengkeh. Menyandang air terjun tertinggi di Jogja, sepertinya wajib kamu kunjungi.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *