Air Terjun Telunjuk Raung – Tiket Masuk dan Lokasi

Diposting pada

Air terjun Telunjuk Raung Banyuwangi menawarkan pesona grojogan yang begitu luar biasa. Selain pemandangannya yang eksotis, kamu pun juga bakal dimanjakan dengan air yang super segar. Tak sekedar asik buat selfie, namun kamu pun bisa basah-basahan di aliran sungai yang bersumber dari mata air ini. Yang jelas harga tiket masuknya pun murah dan lokasinya bisa diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Air Terjun Telunjuk Raung
instagram.com/travelingbymona

Memasuki areal air terjun, kamu pun sudah disuguhkan dengan bentang alam yang indah. Dimulai dari taman kecil sebelum pintu masuk hingga ke titik air terjun, dimana sejuah mata memandang terhampar hijaunya perbukitan yang menawan hingga ladang warga yang makin mempercantik areal ini.

Pesona Air terjun

Wisata alam Banyuwangi ini memang tidak diragukan lagi keelokannya. Keasriannya memang mengagumkan. Selain air terjun dan aliran sungai, bentang alamnya pun juga indah. Seperti apa pesonanya. Yuk kita ulas sedikit.

Air Terjun

Pesona grojogan di Banyuwangi ini memang tak diragukan lagi. Debit airnya terbilang besar, arusnya deras, dan airnya jernih. Selain bisa menyaksikan pancuran air terjun secara langsung, pengunjung juga bisa selfie di depannya.

Kolam

Ada sebuah kedung (kolam alami) yang berada setelah jembatan atau sebelum air terjun. Banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk basah-basahan dan berenang di areal ini. Bentuknya pun melingkar dengan tatanan yang masih alami. Yang jelasnya airnya segar dan ada semacam gubug di sisi kolam.

Kaki Gunung

Yang tak kalah elok dan kerap diperbincangkan adalah view perbukitan di tempat ini. Bagaimana tidak, karena memang lereng-lereng di tempat ini memang begitu indah. Bentang alam hijau dan rerumputan serta pohon yang menyelimuti kaki gunung begitu sedap dipandang mata.

Obyek wisata alam ini pun bisa diakses dengan roda dua dan roda empat. Arel parkirnya pun juga luas sehingga dapat menampung cukup banyak kendaraan. Di areal wisata juga sudah ada mushola untuk untuk sholat.

Harga tiket masuk Telunjuk Raung

Pengunjung gak perlu kuatir soal besaran harga tiket masuk ke Telunjuk Raung ini. Setiap wisatawan cuma dikenakan tarif 5k saja. Harga yang murah dan terjangkau bukan. Tiket masuk inipun sama dengan Air Terjun Jagir Glagah.

  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

Asal usul nama Air Terjun Telunjuk Raung

Bukan tanpa alasan. Grojogan ini dinamakan Telunjuk Raung karena memang jika dilihat lebih detail, air terjun tersebut menyerupai telunjuk. Lalu kata “raung” sendiri merupakan nama pegunungan dimana air terjun ini berada. Dengan demikian sudah gamblang dan jelas kan sejarah asal usul namanya.

Lokasi Air Terjun Telunjuk Raung

Obyek wisata alam dengan tema air ini berada di Desa Sumberarum. Lokasi inipun berjarak sektiar 40 km dari pusat kota Banyuwangi atau dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 15 menit perjalanan dengan roda dua. Saat perjalanan menuju kesini, pengunjung akan melewati pos Pemantauan Gunung Raung. Lalu akan melewati kebun tebu yang begitu luas dan tibalah di areal Parkir.

  • Alamat: Dusun Mangaran, Desa Sumber Arum, Kec. Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur

Sepelas areal parkir pengunjung perlu melewati jalan setapak yang sebagian sudah cor namun sebagian masih berupa tanah dengan durasi sekitar 10 menit. Dari sini pun sudah terlihat betapa hijau anda indahnya hutan di Gunung raung plus aliran sungai.

Tiket Masuk Telunjuk Raung
instagram.com/travelingbymona

Apabila kamu memutuskan untuk menyambangi air terjun Telunjuk Raung Banyuwangi ini, pastikan kamu membawa baju ganti, agar nanti saat pulang tidak dalam keadaan basah. Selain itu, bawalah bekal baik makanan atau minuman.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *