Batu So’on Solor Bondowoso – Tiket Masuk dan Lokasi

Diposting pada

Tak disangka ternyata di Bondowoso ada wana wisata dikenal dengan Batu So’on Solor yang ternyata mirip ala Stonehenge Inggris. Kemiripin situs megalitikum seperti menhir yang bukan merupakan buatan manusia ini diberi julukan “The stonehenge van java”.

Batu So'on Solor Bondowoso
instagram.com/arthur_e_santhoso

Keunikan batu ini adalah selain ukuranya besar, dipuncak batu ini juga terdapat batu lagi dengan posisi terlentang. Maka terlihat bertumpuk-tumpuk layaknya stonehenge Inggris maupun Kelabba Maja NTT.

Melihat potensi yang luar biasa ini, pihak Pemda Wonosobo bekerjasama dengan Dinas Kehutanan akhirnya menyematkan nama Wana Wisata Betoh So’on dan jadilah tempat wisata alam. Situs ini begitu menarik dan sangat cocok buat kamu pecinta alam maupun yang gemar berswafoto.

Aktivitas di Batu Solor

Kekayaan alam seperti ini menjadi nilai potensi yang tersendiri bagi Bondowoso bahkan bisa dibilang begitu langka. Setidaknya kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini:

Explore

Pesonanya yang elok dan langka layak kamu explorasi. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang didapat di tempat lain. Apalagi buat kamu yang tau ilmu tanah, kayangya penting banget nhi. Disisi lain batu ini dipercaya merupakan peninggalan Raja Blambangan 1. Dengan demikian lekat pula akan sejarah.

Swafoto

Pengunjung bisa berswafoto seolah berada di luar negeri, ya karena memang mirip dengan stonehenge. Bahkan bisa saja disangka, kamu berada di luar negeri. Bahkan sekarang kini sudah terdapat spot foto semacam gardu pandang warna hitam dan jembatan warna merah yang instagenic.

Tiket masuk Batu So’on Solor

Ternyata harga tiket masuk Batu So’on Solor Bondowoso ini tidaklah mahal dan tentunya tidak semahal Stonehenge di luar negeri sono. Pengunjung cuma dikenakan tarif 8k saja per orang.

  • Tiket masuk: Rp. 8.000/ orang

Lokasi Batu Solor

Obyek wisata ini berada di Solor, namun lokasi tepatnya berada di Reggina. Apabila ingin mencari di aplikasi Map, bisa gunakan kata “Batu So’on Solor”. Dimana nanti penunjuk arahnya sudah tertera dan cukup membantu.

  • Alamat: Tenggina, Desa Solor, Kec. Cermee, Kab. Bondowoso, Jawa Timur

Meski dapat dilewati mobil, namun kendaraan roda empat harus lebih berhati-hati, karena pembatas jalan menuju lokasi masih minim rambu. Selain itu, perlu diwaspadai karena medan jalan menuju lokasi terbilang sempit. Meski akses jalan sudah dipermudah.

Batu Solor Bondowoso
instagram.com/wisata_jawatimur.ind

Wana Batu So’on Solor Bondowoso tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, namun tempat adalah tempatnya buat belajar geologi dan proses batuan.  Meski jalan kesaana terblagn sempit namun bentang alamnya begitu indah hamparan ladang. Selain itu sudah ada beberapa kios yang menjual makanan dan minuman.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *