Bendung Colo Nguter – Aktivitas, Tiket Masuk, dan Lokasi

Diposting pada

DAM Colo atau dikenal dengan Bendung Colo Nguter Sukoharjo memang memiliki pesona yang TOP. Meskipun memiliki fungsi utama sebagai irigasi pertanian, namun keindahannya arsitektur berpadu dengan luasnya sungai bengawan Solo tak terelakkan oleh siapa saja yang memandangnya. Yang paling menonjol adalah adanya tatanan beton kotak-kotak yang begitu banyak yang berada di bawah bendungan.

Bendung Colo Nguter
instagram.com/dezano_

View yang luar biasa menarik ini tak hanya kerap dipandang dan dijepret-jepret, namun tak jarang pengunjung ada yang memberanikan diri untuk kebawah baik mengambil gambar lebih dekat, melompat-lompat diantara balok tersebut, hingga menyentuh aliran bendungan lebih dekat. Tak khayal apabila banyak wisatawan terutama wisatawan domestik berduyun-duyun ke tempat dolan dengan luas mencapai 32.200 hektar ini.

Aktivitas di Bendung Colo Nguter

Bendungan yang mengakomodasi rekreasi bagi warga Sukoharjo dan Wonogiri ini memang tidak menawarkan banyak wahana wisata “namanya saja juga tempat wisata”. Kalau boleh dibilang ya tempat nongkrong murmer gitulah. Meskipun demikian, sebenarnya ada aktivitas yang bisa kamu lakukan disana. Apalagi memang viewnya keran.

Selfie

Tak perlu diajarin kalau yang ini, banyak yang sudah berswafoto dan mengunggah hasil karyanya di medsos. Spot utama ya tatanan balok di dasar bendungan. Lebih kece lagi kalau kamu datang kesana pas airnya surut, jadi bisa benar-benar turun kebawah dan dapat jepretan kaya di IG-IG itu. Gambar juga lebih kece karena adanya perbukitan yang indah “cocok buat background”

Nongkrong

DAM yang juga disebut dengan Pengkol ini memang kerap dijadikan tempat buat sekedar bercengkerama. Tempatnya yang asoy memang cocok untuk melepas lepas dan melepas penat.

JJS

JJS alias Jalan-jalan Sore paling asik ya di Pengkol. Selain lebih asik tidak panas, kamu juga bisa sekaligus bisa menikmati Matahari tenggelam sekaligus ngobrol ngalor-ngidul.

Jalan pentol

Disekitar bendungan ada jajanan yang TOP. Apalagi kalau bukan ‘Pentol bakar’. Gak hanya sore saja, kalau minggu pagi ternyata juga banyak yang jual cilok lho geng.

Tiket masuk Bendung Colo Nguter

Tempat rekreasi yang sudah terkenal seantero Solo raya ini ternyata bisa masuki tanpa merogoh kantong sekalipun atau bisa dibilang harga tiket masuk Bendung Colo Nguter ini gratis-tis. Selain HTM yang gratis, parkirnya juga gratis “ngirit jumpit to bro”.

  • Tiket masuk: gratis
  • Parkir: gratis

Lokasi Bedung Colo Nguter

DAM Colo ini berada di Kec. Nguter, Kab. Sukoharjo lebih tepatnya di Desa Pengkol dan berbatasan dengan Desa Sendangijo, Kec. Selogiri, Kab. Wonogiri. Dengan demikian, destinasi ini bisa diakses baik dari arah Sukoharjo maupun dari arah Wonogori. Kalau menuju ke Telaga Claket bisa lewat bendungan ini. Jadi sayang kalau dilewatkan. Berikut alamat lengkapnya.

  • Alamat: Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
Bendung Colo Nguter Sukoharjo
instagram.com/rully.kesuma

Tempat rekreasi murmer (murah meriah) Bendung Colo Nguter Sukoharjo dan Wonogiri emang TOP untuk sekedar melepas referensing atau ambil gambar. Selain pemandanganya bagus, tempat piknik ini juga banyak banyak pedagang kaki limanya. Lokasinya pun juga dekat dari jalan raya, jadi mudah dicapai. Tak hanya berfungsi sebagai irigasi, tapi buat doaln-dolan pun oke.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *