Curug Cikanteh Sukabumi – 3 Tingkatan Air Terjun

Diposting pada

Curug Cikanteh di Sukabumi ini punya keindahan yang epik banget. Pasalnya tempat wisata alam ini memiliki 3 tingkatan air terjun. Masuk dalam kawasan geopark Jawa Barat, wisata curug ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta alam. Di lokasi ini juga terdapat bebatuan yang sudah berusia ratusan tahun dan konon merupakan batuan tertua di Pulau Jawa.

Pesona Curug Cikanteh

Air terjun ini termasuk ke dalam salah satu wisata di area Geopark Ciletuh. Pesonanya benar – benar menakjubkan karena memiliki 3 tingkatan air terjun. Untuk tingkatan paling atas masyarakat setempat menyebutnya dengan Curug Cikanteh. Tingkatan kedua dikenal dengan Ngelai dan tingkatan paling bawah dinamakan Curug Sodong.

Curug Cikanteh Sukabumi
instagram.com/indonesiapedia_

Lokasi wisata ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya. Suara gemericik aliran air diselimuti hawa sejuk benar – benar akan merefresh otak kita. Tidak jarang pula yang mengabadikan foto dengan view air terjun. Aliran air Curug Cikanteh ini memang cukup deras dibawahnya terdapat kolam dan bebatuan besar. Pengunjung harus tetap berhati – hati biar gak jatuh terpeleset.

Alamat

Curug 3 tingkatan ini beralamat di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Perjalanan menuju tempat wisata ini memang cukup jauh dari pusat kota. Kalian harus benar – benar mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan. Gak usah khawatir kesasar karena sudah ada Google Map yang akan menunjukkan rute perjalanan. Kalian tinggal mengetikkan “Curug Cikanteh Sukabumi” aplikasi ini akan menuntun kalian menuju lokasi.

  • Alamat: Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177

Untuk menuju ke curug ini patokannya adalah Curug Sodong yang berjarak kurang lebih 300 meter. Walaupun butuh perjalanan ekstra, tapi setelah sampai di lokasi rasa capek kalian seketika akan hilang.

Rute perjalanan

Lokasi wisata alam ini memang berada di daerah pedesaan dengan dominasi hutan dan area persawahan. Perjalanan dari pusat kota Sukabumi memakan waktu sekitar 4 jam. Dari Sukabumi kalian bisa langsung menuju ke Kecamatan Ciemas dan kemudian dilanjutkan ke arah Curug Cikanteh. Waktu tempuh dari Ciemas ke Cikanteh kurang lebih 1 jam perjalanan. Akses jalan memang sudah beraspal namun jalanannya sempit. Kalian harus tetap memperhatikan keselematan ya. Sebelum berangkat pastikan kendaraan kalian dalam kondisi baik. Dan alangkah baiknya menggunakan sepeda motor roda dua mengingat akses jalanannya yang tidak terlalu lebar.

Tiket masuk

Butuh refreshing dengan budget minim? Ke air terjun Cikanteh saja. Cukup bayar 3 ribu saja kalian sudah bisa menimati keindahan air terjun di Geopark Ciletuh ini. Harga yang sangat murah bukan?

  • HTM: Rp 3.000
Curug Cikanteh
instagram.com/sedangliburan

Hanya dengan mengeluarkan uang 3 ribu perak, pengunjung bisa sepuasnya berswafoto dan menikmati keindahan wisata alam ini. Harga tiketnya sama dengan HTM Curug Cikaso yang gak kalah epik karena memiliki 3 aliran air terjun.

Lokasi wisata ini memang belum menyediakan fasilitas umum seperti toilet, gazebo ataupun mushola. Semoga kedepannya bisa dikelola dengan lebih baik lagi ya guys. Walaupun Curug Cikanteh Sukabumi ini buka 24 jam, demi keamanan kalian jangan kesini malam – malam ya. Waktu terbaik berekreasi di tempat ini sekitar pukul 8 pagi sampai jam 5 sore.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Saya, Ibu rumah tangga yang membantu suami menulis blog. Semoga menjadi berkah dan melancarkan keluarga kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *