Curug Gombong Batang – Pesona, Tiket Masuk, dan Lokasi

Diposting pada

Wisata Alam Curug Gombong Batang adalah salah satu potensi alam yang menarik di Kec. Pecalungan. Destinasi yang satu menawarkan pesona air terjun dengan debit yang cukup besar dan aliran cukup deras. Tak hanya ada satu, namun ada dua grojogan sekaligus yang bakal memanjakan pengunjung akan keindahanya.

Curug Gombong Batang
instagram.com/kisahkelana

Obyek wisata ini pun sebenarnya sudah mendapatkan perhatian. Selain sudah ada loket masuk yang berdiri, di tempat ini juga sudah ditata dengan tangga-tangga yang membantu pengunjung menyusuri titik keberadaan air terjun. Dengan demikian, obyek ini sudah bisa dikunjungi meski belum sepenuhnya dikelola dengan maksimal.

Pesona Curug Gombong

Tak hanya ada satu, namun di tempat rekreasi ini dua curug sekaligus, yaitu Curug Lanang dan Curug Wadon yang berada di lokasi yang berbeda namun dapat disambangi.

Curug Lanang

Curug Lanang yang berarti air terjun laki-laki merupakan destinasi utama di tempat ini. Diperkirakan ketinggianya mencapai 15 meter dengan aliran air langsung terjun ke bawah tanpa terhalang oleh tebing seperti halnya Curug Arjuna Batang. Debit airnya pun besar dan genangan air di depannya juga melimpah.

Curug wadon

Pengunjung perlu turun ke bawah lagi untuk mencapai Curug Wadon (air terjun perempuan). Cukup dengan menuruni sekitar 30 anak tangga atau sekitar 10 menit saja, maka sudah sampai di curug kedua ini. Namun tetap hati-hati, karena saat terguyur hujan, bisa saja tangga cor ini menjadi lebih licin.

Sebagai wisata yang sudah disentuh, tempat plesir ini telah dilengkapi dengan saung, mushola, toilet, dan lahan parkir yang luas.

Tiket masuk Curug Gombong Batang

HTM atau harga tiket masuk Curug Gombong sejauh ini belum ada alias masih gratis. Tiket parkirnya pun juga belum ada. Padahal secara garis besar obyek ini sudah tertata dengan apik. Namun apabila kamu datang kesana, tapi ada tarikan retribusi, pastikan kamu tidak enggan untuk merogoh kantong ya geng supaya makin berkembang lagi.

  • HTM: –
  • Parkir: –

Lokasi Curug Gombong Batang

Sesuai dengan namanya, curug ini berada di Desa Gombong, Kec. Pecalungan. Lokasinya berjarak sekitar 20 menit dari arah pantura vai Subah dengan track yang cukup menantang. Jarak dari pasar Subah hanya sekitar 5 kilometer arah selatan. Kamu juga bisa melacak keberadaanya di Map dengan kata kunci ‘Wisata Alam Curug Gombong’ dengan alamat kurang lebih sebagai berikut:

  • Alamat: Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah

Lokasi bisa dijangkau baik dengan roda dua maupun roda empat, meski hanya cukup untuk ukuran satu mobil untuk jalan kesananya. Petunjuk arahnya pun sudah banyak setelah melewati sejumlah tanjakan dan jalan masuk desa.

Obyek wisata yang masih cukup sepi ini bisa dijangkau cukup dengan sedikit tracking dari lahan parkir. Cukup dengan 10 menit jalan kaki menyusuri tangga cor sampai bawah, maka kamu akan tiba di air terjun.

Curug Gombong
instagram.com/johansaputro

Sayangnya Curug Gombong Subah Batang ini belum ada yang jualan. Pengunjung yang mau menghilangkan dahaga jangan minum air dari air terjun ya, lebih baik kamu bawa minuman sendiri dari rumah. Selain itu, debit air saat kemarau juga menyusut, jadi lebih baik hindari datang ke lokasi saat kemarau panjang. Namun pada saat hujan melanda, debit air menjadi lebih besar, namun cenderung keruh. Dengan demikian, pastikan datang di momen yang pas.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *