Curug Lalay (Santri) Karawang, Asik buat Seru-seruan

Diposting pada

Air terjun atau Curug Lalay Karawang merupakan air terjun nan elok namun tersemubunyi di Karawang. Bukan hanya karena pesona aliranya yang berundak, namun kamu juga bisa prosotan di curug yang dikenal juga dengan Curug Santri ini bak di Waterboom.

Curug Lalay Karawang
instagram.com/ben.joo_

Setidanya ada tiga air terjun yang mengalir di titik ini. Pada tingkat kedua curugnya cukup tinggi dengan aliran yang deras. Lalau pada sisi bawah memang kecil, namun inilah lokasi dimana kamu bisa maen prosotan. Namun bagi orang yang belum pernah kesini pastinya akan susah mencarinya.

Sejarah Curug Lalay (Santri)

Alasan mengapa air terjun dinamakan curug santri tidak lepas dari faktor sejarah yang menyelimutinya. Alkisah, dekat Curug ada sebuah pondok pesantren. Suatu hari di musim kemarau, Pak Kyai menugaskan 5 orang santrinya untuk mencari air.

Setelah menyurui hutan para santri pun akhirnya menemukan sumber air. Mereka pun bergegas turun untuk mengmabil air. namun naasnya mereka terjatuh dan hilang entah kemana rimbanya.

Aktivitas di Curug Lalay

Aliran air di curug santri tidak terlalu besar namun cukup deras. Dengan demikian kamu gak cuma bisa foto-foto atau ngeVlog namun bisa juga seru-seruan disana, kayak berikut ini.

Jepret gambar

Kalau ini sih sudah pasti alias wajib. Apalagi dengan aliran air terjun yang beringkat plus tebing-tebing cadas yang terlihat kokoh. Makin arstistik kan.

Berenang

Lebih tepatnya maen asir sih, karena kolam didepan air terjun tidak begitu dalam baik yang atas maupun yang bawah.

Prosotan

Dengan teksur batuan cadas yang cukup ramah, kamu bisa mencoba prosotan alami di air terjun yang bawah dan langsung nyebur ke kolam dibawahnya.

Oh iya, disisi air terjun ini juga ada semacam rumah. Nah kamu bisa tu istirhat melepas lelah sambil menikmati indahnya alam.

Rute Curug Lalay Karawang

Meskipun tidak jauh dari Karawang kota namun ternyata menju kesana tidak mudah. Intinya, kamu harus menuju ek Green Canyon Karawang dulu. Setelah itu, baru dech menuju titik lokasi. Sedikit agar bisa membantu, berikut rute Curug Lalay (Santri) Karawang.

Curug Lalay Karawang
instagram.com/tagkarawang

Dari arah Bekasi bisa ambil jalur menuju Kalimalang. Lalu terus ke arah Loji. Nah jalur masuk ke Curug Lalay itu berada di Green Canyon Karawang. Silahkan masuk dulu ke Green Canyon, jadi kamu harus bayar tiket di Green Canyon yakni 10K/ orang.

Ssetelah itu, lanjut menuju lokasi jalan kaki. Kamu akan melewati kebun dan sawah. Nah di areal perswahan inilah dimana dulu berupa pasar tradisional yang disebut Pasar Ciporong. Namun telah hilang karena  dibombardir oleh Belanda pada tahun 1953. Lanjut, dengan jarak tempuh 3 jam tracking, sampailah di Curug yang yang indah ini.

Lokasi Curug Lalay Karawang

Curug ini searah dengan Green Canyon Karawang. Gampangnya kamu kesana saja dech. Namun sepertinya tetap kurang afdol kalau gak ada alamatnya. Nah lokasinya berada di Desa Medalsari.

  • Alamat: Desa Medalsari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat

Tips menuju Curug Santri

Curug Lalay hanya direkomendasikan buat kamu yang suka tantangan alam. Ya karena kamu harus mengelurkan tenaga ektra untuk kesana “bukan manja-manjaan”. Perlengkapan tracking perlu dipersiapkan agar kamu merasa siap. Nah sedikit tips biar makin asik.

  • Datang ke lokasi pagi/ sore hari
  • Gunakan jasa guide
  • Style tracking

Inget, butuh 3 jam untuk kesana, kalau kesorean udah keburu gelap. Ada guide yang ada di Green Canyon. Kamu bisa minta tolong untuk diantar kesana dari pada bingung dan salah jalur. Apalagi mereka gak pasang tarif alias seiklasnya

Baca juga: 11 wisata Bogor baru

Gimana? tertarik untuk maen ke Curug Lalay/ Santi Karawang ini. Sudah lengkap ini soal sejarah, wahana, rute, dan lokasinya. Jika kurang puas, kamu bisa naik keatas lagi. Di bagian atas Curug Santri masih ada curug Pengantin yang katanya lebih bagus lho.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *