Curug Pamoyanan Indah Purwakarta – Sejarah, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Curug Pamoyanan Indah Kiarapedes Purwakarta menjadi bukti kalau Purwakarta itu memang punya potensi alam yang tak bisa dianggap sebelah mata saja. Sebagaimana kita tahu kalau obyek yang satu ini menawarkan air terjun nan indah sesuai namanya dengan ketinggian mencapai 25 meter.

Curug Pamoyanan Indah
instagram.com/cecep_hungkul

Air terjun yang satu ini secara fisik terlihat aliran air yang tidak begitu besar. Airnya pun tidak terkonsentrasi menjadi satu aliran yang utuh melainkan sedikit tersebar (melebar) yang menjadikannya terlihat lebih unik ketimbang yang lain.

Curug dengan ketinggian mencapai 25 meter ini memiliki sebuah kolam alami yang berada di depanya. Uniknya kolam yang juga bisa dimanfaatkan untuk basah – basahan ini berwarna biru yang makin membawa kesan Indah. Aliran air pada kolam ini tidak lurus kedepan, melainkan mengalir ke samping, jadi cocok banget untuk ambil gambar didepannya.

Curug ini diselimuti oleh tanaman perdu yang tidak begitu tinggi disamping kanan dan kiri aliran. Tebing-tebing pun tertutup dengan tanaman-tanaman ini. Alhasil kesan alami pun begitu kental di area ini.

Sejarah Curug Pamoyanan Indah

Menurut kabar yang berkembang penamaan air terjun dengan nama ‘panyomanan’ tidak begitu saja disematkan. Ada kisah history yang menyelimutinya sehingga diberi nama demikian. Dalam Bahasa Sunda ‘panyomanan” sendiri memiliki arti tempat berjemur. Memang benar area ini dulunya digunakan untuk berjemur.

Akan tetapi bukan sembarang tempat berjemur, melainkan dulu digunakan untuk berjemur oleh harimau-harimau hutan “serem ya geng”. Berdasarkan kisah history inilah mengapa obyek ini dinamakan demikian. Sedangkan kata ‘indah’ mungkin karena pesona air terjun ini yang memang TOP.

Tiket masuk Curug Pamoyanan Indah

Apabila kamu bertanya berapa harga tiket masuk Curug Pamoyanan Indah Purwakarta maka sejauh ini tidak ada info yang menyebutkankanya. Kemungkinan HTM destinasi ini masih gratis layaknya tiket masuk Curug Suhada Purwakarta. Jika memang ada kemungkinan akan tetap murah dan terjangkau.

  • HTM: –

Lokasi Curug Pamoyanan Indah

Tempat dolan yang satu ini berlokasi di Desa Pusaka Mulya. Lokasinya tak jauh dari Bukit Pinus Panyawangan yakni hanya berjarak 600 meter saja. Jalan menuju ke juga tidak sulit, kamu cukup melewati jalan setapak dengan hamparan hutan pinus, lalu akan melewati Goa Jepang “Goa Panyileukan”, dan selanjutnya suara gemuruh grojogan akan terdengar yang menandakan titik lokasi sudah dekat.

  • Alamat: Desa Pusaka Mulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta. Jawa Barat

Kurang lebih seperti itulah ulasan mengenai Curug Pamoyanan Indah Purwakarta. Dengan suguhan alam yang elok dan tak kalah indah dengan Curug Cipurut Wanayasa. Tak salah jika kamu menantang diri kamu untuk explorasi dan ambil hingga menjajal guyuran air terjun yang satu ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *