Curug Pleret Watukelir – Suasana, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Air terjun yang dikenal dengan Curug Pleret Watukelir Sukoharjo memang masih tergolong baru. Destinasi yang berbatasan dengan Gunung Kidul ini menawarkan suasana yang alami yang terasa. Kamu bakal bisa melihat aliran air terjun yang merambat di dinding. Pada musim hujan, aliranya cukup deras, yang mana, kamu bisa melihat beberapa aliran sekaligus dan mengalir diantara tanaman perdu.

Curug Pleret Watukelir
instagram.com/erl_erlangga

Dengan sajian alam yang menarik, tempat wisata baru ini dapat menjadi alternatif bagi kamu yang mau berwisata tapi tanpa jauh-jauh keluar kota. Cocoklah untuk mengusir penat, bersantai, dan refresing setelah satu pekan beraktivitas. Apalagi sekang ada tambahan seperti kolam renang dan lain sebagainya.

Suasana Curug Pleret

Memang tak sebesar dan sederas curug di tempat lain. Namun ada keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik tempat piknik ini selain bentuk alirannya. Ada kedung (kolam alami) yang cukup besar tepat di depan air terjun. Selain itu, ada beberapa aliran sekaligus bahkan bertingkat-tingkat meski kecil-kecil.

Akan tetapi, sebelum mencapai sana, kamu perlu jalan kaki dulu dari lahan parkir. Di sekitar areal parkir, sudah ada penjaja makanan. Pastikan kamu beli makanan atau minuman sebagai bekal menuju ke air terjun utama. Selanjutnya kamu akan menemukan kolam renang layaknya Sendang Pinilih Sukoharjo, namun khusus anak. Dengan demikian cocok buat keluarga yang mau berwisata kesana.

Selepas kolam khusus anak, kamu akan menjumpai sungai. Sungai yang dibendung ini digunakan untuk irigasi persawahan sekitar atau dikenal juga dengan ‘pleret’. Setelah menempuh perjalanan lagi melewati hutan yang ada monyet-monyetnya, maka tibalah kamu di curug. Di tempat itu juga sudah ada jembatan merah yang cocok buat berswafoto.

Selepas dari tempat curug tersebut, kamu perlu menempuh perjalanan lagi aga jauh dengan track menyusuri pinggir aliran sungai dengan pemandangan alam yang indah. Jalanya tidak terlalu sulit kok. Selanjutnya, tibalah kamu di curug utama. Meski asik untuk dinikmati, namun saat musim kemarau air terjun tidak mengalir, jadi kurang disarankan pada musim terang.

HTM Curug Pleret Watukelir

HTM atau harga tiket masuk Curug Pleret Watukelir ini ternyata tidak ada alias free. Nah kamu cukup membayar tiket parkir saja untuk menyambangi tempat rekreasi alami ini atau bisa dibilang, masuknya cuma bayar parkir. Retribusi kendaraan cuma 2k untuk roda dan dan 5k untuk roda empat.

  • Parkir motor: Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil: Rp. 5.000,-

Lokasi Curug Pleret Watukelir

Tempat dolan ini berada di Desa Jatigarang dan masuk Kec. Waru. Untuk menuju ke destinasi ini dari arah Watukelir arah Manyaran – Wonogiri dengan jarak kurang lebih 50 meter masuk Jl. Kedung Dowo. Lokasinya pun juga gak jauh-jauh dari Telaga Biru Semin dan Taman I Love GK, serta Curug Bangunsari. Lokasinya pun juga suaha da di Map. Alamat lengkapnya sebagai berikut:

  • Alamat: Kedungdowo, Desa Jatingarang, Kec. Weru, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah

Tempat Curug Pleret Watukelir Weru Sukoharjo memang banyak menyedot perhatian masyarakat. Selain memang ada air terjun, memang di tempat ini juga ada kolam renang yang cocok untuk wisata keluarga. Tempat rekreasi ini dekat, murah, dan asik. Tak salah jika kamu punya jadwal travel ke tempat ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *