Curug Sigludug – Air Terjun Panas Dingin Wonosobo

Diposting pada

Ada wisata baru yang unik di Wonosobo yaitu Curug Sigludug Dusun Lamuk. Yang berbeda dari curug yang satu adalah adanya air terjun hangat dan air terjun dingin yang berada pada satu lokasi namun beda aliran. Apalagi adanya batu karang yang dihiasi lumut dengan aliran air hangat menjadi ciri khas dan daya tarik lain dari yang lain.

Adalah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Curug Sigludug Desa Kalidesel yang sudah melihat adanya potensi di tempat ini. Dimana tempat yang dulunya aker ini menjadi destinasi wisata yang unik setelah adanya gotong royong dari anggota masyarakat setempat.

Spot di Curug Sigludug Wonosobo

Curug yang sekaligus memiliki fungsi untuk mengairi ladang dan sawah ini akhirnya dibuka sektiar awal Maret 2019 ini. Tak tangung-tangung berkat perjuangan dari para pengerak Pokdarwis dan warga serta dukungan perangkat desa akhirnya ada 4 spot yang ditampilkan.

Air terjun hangat

Curug Sigludug

Air terjun yang paling menarik perhatian, dimana air hangat mengalir disela – sela karang yang tertutup lumut hijau. Namun kamu tidak boleh mengincak area ini. Hal ini untuk menjaga agar tidak rusak yang secara otomatis dapat merusak keindahanya. Cukup swafoto didepanya saja ya.

Air terjun dingin

Curug Sigludug Wonosobo

Dengan ketinggian sekitar 75 meter dan terdiri dari 4 trap air terjun in menjadi daya tarik tersendiri. Letaknya hanya bersebelahan dengan air terjun hangat namun airnya dingin, karena berasal dari mata air yang berbeda.

Selain dua icon utama diatas, pengunjung masih bisa menemukan spot Batu Karang dan Gua Karang di wisata yang masih alami ini.

Jalur dan Lokasi Curug Sigludug

Dari areal parkir yang sekaligus ada loket masuknya kamu memang perlu tenaga ekstra dan perjuangan untuk menuju lokasi. Jalur masih berupa jalan setapak dan cukup curam. Meski begitu, kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang luar biasa disana.

  • Alamat: Dusun Lamok, Desa Kalidesel, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo
  • Peta: Klik disini

Curug ini berada di sebelah selatan Curug Semangkung yang sudah masuk kawasan Banjarengara, namun Curug Si Gludug masih masuk kawasan Wonosobo yakni di Dsn. Lamok, Kalidesel.

Harga tiket Curug Sigludug

Pengunjung hanya dikenakan tarif harga tiket sebesar 5 K untuk memasuki wisata Wonosobo baru ini. Tarif yang murah meriah bukan. Namun disana baru cukup untuk berswafoto dan sekedar main air alias tidak untuk mandi.

  • HTM: Rp. 5.000,-
  • Parkir: Rp. 2.000,-

Retribusinya juga murah meriah, hanya 2k saja untuk kendaraan roda dua.

Baca juga: Curug Genderwo Binangun Wonsobo

Mengingat tempatnya masih baru, kamu tidak bisa menemukan fasilitas yang cukup memadai. Oleh karenanya, siapkan diri kamu untuk berpetualang dengan gaya tracking, bukan stelan kondangan lho ya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *