Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Lumajang

Diposting pada

Pastinya sudah tidak asing bukan dengan wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang. Serpihan surga ini memang memakau semua orang. Betapa tidak, dengan posona air terjun begitu banyak dalam satu lokasi. Bahkan layak disebut – sebut sebagai salah satu air terjun terindah di Indoensia. Saking indahnya orang – orang juga menyebutknya dengan Niagara versi Indonesia.

Wisata air terjun yang berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang sudah dibuka untuk umum, terutama pada bagian sisi atasnya. Dimana kamu bisa datang ke lokasi dan berswafoto sembari menikmati pesona dari sisi atas. Di lokasi ini pun juga sudah lengkap dengan areal parkir, mushola, kamar mandi, dan tempat makan.

Bagian atas Air terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak SewuSetelah melewati pintu masuk, kamu perlu jalan 10-15 menit.  Disini  sudah disediakan beberapa prasarana untuk mengambil foto. Dibagian atas juga sudah ada banyak titik spot foto yang bisa dieksplor. Kalau bisa ambil angle yang pas, kamu bisa dapat latar air terjun dan gunung sekaligus.  Namun jika kamu mendapatkan tantangan lebih, kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang eksotis ini di bawah.

Turun kebawah Air Terjun

Ternyata selain bisa dinikmati dari kejuhan, pengunjung bisa berkesempatan untuk turun kebawah alias benar – benar menyambangi air terjun tersebut. Namun tidak asal meluncur kesana, karena aksesnya masih ala kadarnya bahkan tangga turunya curam dan hanya muat satu orang. Sebagain tangga memang sudah berupa besi, namun anak tangganya sebagian masih berupa kayu, lalu untuk sebagian peganganya masih berupa tali.

Air Terjun Tumpak SewuFasilitas akses menuju kebawah bisa dibilang baru bersifat sebagai alat bantu. Meski hanya membutuhkan waktu sektiar 30 menit kamu tetap harus ektra hati- hati menuju air terjun dengan ketinggian sektiar 120 meter ini. Maka perlu banget mempersiapkan fisik dan mental yang memadai sebelum kesini.

Tips turun ke bawah

Mengingat askes turun menuju air terjun Tumpak sewu yang masih ala kadarnya, kamu perlu mempesiapkan beberapa hal berikut agar benar – benar siap.

  • Gunakan alas kaki yang tidak licin
  • Tidak disarankan turun saat musim hujan
  • Bawalah jas hujan sekali pakai dan plastik plindung hp atau kamera
  • Style tracking
  • Hanya untuk orang dewasa

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Perjalanan ke Tumpak Sewu dari pusat Kota Lumajang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam. Akan lebih baik menuju ke lokasi via Lumjang, dimana jalan kesana terbangun dengan baik, sehingga tidak perlu khawatir dengan medan perjalanan. Bisa dibilang kalau lokasinya mudah di datangi, namun sulit itu cuma akses ke bawahnya.

  • Alamat: Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Loc: Klik Peta

Namun akan lain cerita jika kamu kesana via Malang. Kemungkinan akan terjadi kemacetan dan medanya terbilang berbahaya. Plus jarak tempuhnya juga lebih jauh.

Tiket masuk Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Kalau kamu cuma ingin foto aja di air terjun Tumpak Sewu ini alias hanya diatas, kamu cukup bayar 10 K saja per orang dan untuk anak kecil masuknya gratis. Namun kalau kamu mau kebawah, kamu harus bayar Rp. 10.000,- lagi karena sudah masuk kawasan Malang.

  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-
  • Tiket turun: Rp. 10.000,-

Baca juga: Resto Kansa, Kandang Sapi Wonosalam

Saat turun menuju ke wisata Lumajang ini, kamu bisa sekalian mengunjungi Goa tetes dan Goa Dua Bidadari yang tak kalah kece. Dimana di Goa Tetes ini air terjunya bisa buat mandi juga. Meskipun Ekstrim, namun sayang untuk dilewatkan bukan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *