Danau Beko Margasari – Sejarah, Tiket, Lokasi, Tips

Diposting pada

Memang bukan tempat wisata sih, namun Danau Beko Margasari Tegal telah menarik perhatian netizen. Eksotisme akan keberadaan obyek ini pun telah menghiasi ranah jagad medsos. Tak sedikit akun-akun  yang menampilkan pesona alamnya seperti halnya pada unggahan @dedenjaparsidik.

Danau Beko Margasari
instagram.com/dedenjaparsidik

Genangan air dan tanaman yang tumbuh disekitar danau yang juga dikenal dengan Danau Gunung Karang ini makin menjadikan kawasan terkesan elok. Meski tergantung skill fotografi namun dengan latar belakang batuan kapur yang khas bekas galian menjadikan foto kamu instagramable punya.

Sejarah di Danau Beko Margasari

Sebelum banyak dijadikan spot fotografi sebenarnya tempat ini adalah berupa tampang batu kapur. Pada proses penambangan oleh perusahaan lokal tersebut mengakibatkan adanya cekungan-cekungan. Hasil pengerukan tersebut lambat laun terisi air, al hasil jadilah sebuah telaga.

Proses ketidaksengajaan tersebut ternyata menghasilkan danau yang apik, bahkan konon disebut-sebut mirip dengan di Tangkuban Perahu. Pesonanya yang elok akhirnya banyak diambil gambar dan diunggah di medsos baik dalam bentuk gambar maupun video, maka jadilah tempat hunting foto yang menarik.

Harga tiket Danau Beko

Ada netizen yang menyebutkan bahwa harga tiket masuk Danau Beko Margasari tidak ada alias tidak ada penarikan retribusi sama sekali. Apalagi kalau dilihat-lihat memang obyek ini masih berupa penampakan alam saja dan belum menjadi tempat wisata. Ya karena penambangan masih aktif hingga sekarang ini.

  • HTM: –
  • Parkir: –

Alamat Danau Beko Margasari

Danau ini berada di Desa Jatilaba. Meski berada di kawasan bekas pertambangan ternyata lokasinya bisa diakses dari SMP N 1 Margasari ke arah utara, lanjut menuju ke arah Karangdawa, lalu ambilah kiri menuju ke lokasi tambang. Keberadaanya pun juga sudah ada di Maps dengan nama danau ini

  • Lokasi: Desa Karangdawa, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah

Telaga yang juga dikenal berada di Karangasem Margasari ini berada tak jauh dari jalan raya, hanya sekitar 400 meteran. Akan tetapi memang sebagian jalan masih berupa batu dan sebagian tanah yang berlumpur, karena memang masih dilalui truck untuk mengangkut barang tambang.

Tips wisata

Danau yang berada tengah kawasan hutan jati hingga saat ini pun masih beroperasi. Kurang lebih kaya yang ada di Bown Canyon Semarang itu, jadi ya kurang representatif untuk dikunjungi. Akan tetapi buat kamu para penggiat fotografi tak ada salah menjajal untuk jepret-jepret disana dengan tips berikut ini.

  • Pastikan datang pada musim hujan, karena kalau pada saat pergantian musim atau musim kemarau danau telah mengering
  • Pastikan kamu tidak berdiri terlalu dekat dengan tebing, karena masih ada kemungkinan tebing akan longsor.
  • Jalan kesana becek dan berlumpur, jadi gunakan kendaraan yang pas untuk melibas track offroad
  • Pada siang hari terasa begitu terik, jadi pastikan gunakan baju yang pas

Dari gambaran Danau Beko Margasari ini kita tahu bahwa obyek ini bukan untuk wisata, namun lebih tepatnya hanya untuk ambil gambar. Namun keindahanya memang sudah ada dimana-mana, jadi wajar apabila banyak menarik perhatian warganet untuk membuktikan pesonanya.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *