Danau Teratai Andong – Harga Tiket dan Lokasi

Diposting pada

Tempat wisata di Andong Boyolali Danau Teratai Kedungdowo yang satu ini sayang banget jika kamu lewatkan begitu saja. Pasalnya, bunga-bunga nan cantik ini gak sepanjang tahun ada lho. Nah pada bulan Maret dan April seperti saat-saat sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk berburu salah satu destinasi unik di Kota Susu ini.

Danau Teratai Andong
instagram.com/cangkirmu

Danau Teratai Kedung Dowo begitu netizen menyebut tempat dolan yang satu ini. Sebagai jelas terlihat dengan jelas kalau danau ini yang berada di Desa Kedungdowo ini dipunuhi dengan tumbuhan air teratai. Tumbuhan yang menjadi simbol karang taruna ini tak hanya menutupi permukaan air saja, namun bunga-bunga khas warna merah muda bermekaran sejauh pandangan mata.

Pesona yang langka ini tentu menarik generasi milenial untuk segera di ambil dengan lensa kamera. Akhirnya sederet foto yang menggambarkan keindahan tempat telah nongol di internet khususnya di medsos. Salah satunya foto hasil jepretan @cangkirmu yang telah di repost oleh akun-akun IG lain.

Dolan ke Danau Teratai Andong

Satu-satunya alasan dolan ke danau yang dipenuhi dengan bunga teratai ini ya untuk ambil gambar. Meski hanya punya satu tujuan, namun dengan view yang langka tentu gak ada salahnya kamu bela-belain kesana. Kamu tentunya harus pinter-pinter ambil angel ya geng karena disana hanya ada semacam anjungan yang ke tengah. Anjungan sederhana dari bambu inipun juga apa adanya.

Yang lumayan disana ada warung-warung yang menjajakan makanan. Apabila kamu kehausan bisa banget tu mampir dan tentu ngelarisi para bakul. Sebelum pulang, pastikan kamu mengisi uang seikhlasnya “syukur-syukur banyak” biar bisa digunakan untuk pengembangan lokasi.

Tiket masuk Danau Teratai Andong

Berdasarkan informasi yang telah ditulis para netizen ternyata harga tiket masuk Danau Teratai Andong ini tidak ada alias gratis. Ada pula yang menyebutkan retribusi parkir ke tempat dolan paling hits di Andong ini juga belum ada “saya waktu kesana gak bayar parkir sama sekali” begitu pungkasnya.

  • Harga tiket: –
  • Parkir: –

Mungkin karena tempat piknik ini sepertinya belum dikelola menjadi obyek wisata, yakni baru berupa potensi alam dan asik buat foto-foto karena bagus. Meski begitu, sudah ada dua toilet yang telah berdiri disana yang menandakan obyek ini sudah disentuh.

Lokasi Danau Teratai Andong

Destinasi kece berada di Desa Kedungdowo. Dari arah Umbul Tirah Andong  yang mana berada di Desa Sempu masih ke utara lagi yakni arah Kacangan. Apabila ingin mencoba melacak dengan Gooogle Maps maka kamu bisa mengetik dengan kata kunci ‘Danau Teratai Kedungdowo”.

  • Alamat: Dukuh Jatisari Desa Kedungdowo Kecamatan Andong, Boyolali.

Rute ke Danau Teratai Kedungdowo

Mengutip dari @DolanBoyolali untuk menuju ke Danau Tertai Desa Jatiasari ini kamu bisa langsung menuju ke arah Timur dari arah Pasar Kacangan kurang lebih sekitar 500 meter. Setelah itu kamu akan menjumpai makam dan masjid Muqoribin yang ada dikanan jalan. Tetap lurus terus sampai bertemu dengan pertigaan kedua. Dari pertigaan yagn ada gapuranya tersebut kami ambil kiri (utara) arah Desa Kedungdowo. Nah danau yang kamu cari-cari berada di timur Desa di area persawahan masuk Dusun Jatisari.

Tips dolan

Sehubungan obyek ini tidak bisa dijumpai setiap tahun bahkan bunga tidak mekar setiap saat, maka kamu perlu banget nhi baca tips berikut agar setibanya disana tidak kecewa berat “udah jauh-jauh kan”.

  • Bunga teratai hanya mekar pada malam hari hingga 10 pagi, jadi pastikan kamu sampai sana sebelum jam 10 supaya bisa menjumpai yang masih bermekaran
  • Siang hari begitu terik, selain bunga sudah kuncup kamu juga bakal kepanasan geng

Intinya bunga hanya mekar pada pagi doank, jadi pastikan kamu mruput kesana biar bisa ambil gambar dengan bunga – bunga cantik ini.

Sebenarnya Danau Teratai Andong Boyolali ini bagus, akan tetapi memang belum dikelola secara maksimal. Petunjuk arah menuju lokasi pun juga masih minim. Lalu jalan menuju kesana juga masih gronjal-gronjal. Terlepas dari itu, tentunya bolehlah kalau masuk salah satu wisata Boyolali 2020 yang akan kamu kunjungi pasca pandemi ini.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *