Goa Kebon Panjatan – Isi, Tiket Masuk, dan Lokasi

Diposting pada

Tak ada salahnya jika kamu menyempatkan diri untuk explorasi wisata alam Goa Kebon Panjatan Kulon Progo. Destinasi yang diperkirakan telah ada sejak 2017 lalu ini memang menawarkan penampakan alam yang unik. Tak hanya unik, pengelolaan wisata pun terbilang bagus dengan lokasi yang sudah tertata bahkan sampai sekarang masih terus digenjot.

Taken by: Agungnesia

Obyek yang cukup ramai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mumpuni, tak hanya untuk wisata keluarga, namun untuk rombongan pun tetap oke. Apalagi dengan adanya tempat camping lengkap dengan fasiltitasnya cocok untuk kegiatan rame-rame seperti pramuka, makrab, dan lain sebagainya.

Sejarah Goa Kebon

Sepertinya tak lengkap apabila kita belum tahu akan asal muasal kemunculan suatu destinasi. Menurut penuturan salah seorang pengelola disana, keberadaan potensi alam lawas ini sudah diketahui cukup lama. Warga sekitar pun akhirnya mulai melirik kawasan ini dan akhirnya bangunlah akses jalan yang tadinya hanya berupa lereng.

Goa Kebon Panjatan Kulon Progo
Taken by: Agungnesia

Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) pun didirikan sebagai naugan OW ini. Seiring dengan perkembanganya berbagai tatanan jalan untuk mempercantik kawasan ini pun mulai bangun. Bahkan kini Pokdarwis yang bernama ‘Taman Tirta Wiyata’ telah beradada dibawah naugan BUMDes Binangun Artha Mandiri.

Asal nama Goa Kebon

Penyematan nama obwis (obyek wisata) ini tak lepas dari unsur geografis. Secara geografis obyek ini memang berada di Dusun Kebon. Berdasarkan unsur tersebut akhirnya obyek ini dinamakan ‘Goa Kebon’ yang berarti adanya sebuah gua yang berada di Dusun Kebon. Bukan berarti Goa yang ada di kebun, namun Kebon nama sebuah padakuhan.

Suguhan wisata

Mendengar Goa Kebon pastinya kita akan langsung tertuju dengan adanya sebuah goa, misal kayak Goa Pindul, Goa Jatijajar, atau Goa lainnya. Namun ternyata kesan gua yang gelap tidak ada di kawasan ini. Justru kamu akan berada di kawasan yang terang bahkan didominasi oleh air terjun. Goa disana yang terlihat minim, yakni hanya berupa rongga-rongga yang dibawah air terjun. Lebih dari itu ada hal-hal menarik yang menjadi alasan mengapa kamu harus kesini.

Kolam Terapi ikan

Goa Kebon Panjatan Jogja
Taken by: Agungnesia

Setibanya di lokasi wisata utama, kamu bakal disambut dengan kolam terapi ikan yang cukup luas. Kolam yang berada di balik mushola ini cukup untuk puluhan orang sekalipun. Lengkap dengan atapnya jadi tidak terasa panas. Bahkan kalau diamat-amati tidak ada tiket yang ditetapkan “mungkin gratis ya geng”

Taman bermain

Ada berbagai wahana permainan anak ala taman kanak-kanak yang cocok untuk anak kecil. Ada perosotan, ayunan dan lainya. Lokasinya pun berada diantara air terjun dan kolam terapi ikan.

Kedung

Goa Kebon Panjatan
Taken by: Agungnesia

Tepat di depan air terjun ada kolam alami alias kedung. Kolam alami ini memanjang dari depan goa hingga sisi kanan. Sehubungan sisi bawahnya dibendung, jadi kedung ini cukup dalam baik digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Apabila ingin lebih seru, bisa sewa ban sebagai pelampung dengan harga 3k saja.

Air terjun/ Goa

Goa Kebon
Taken by: Agungnesia

Ikon utama di obyek ini ya air terjun yang disebut Goa Kebon ini. Air terjun dengan goa-goa kecil dibawahnya ini memang unik, yakni air tidak terjun secara langsung layaknya grojogan sewu, namun mengalir vertikal dan terbelah diantara tanaman perdu. Justru karena itu alirannya menyebar dan mengakibatkan bentuk menjadi unik dan elok.

Flying fox

Taken by: Agungnesia

Sebagai sebuah destinasi yang sudah terkelola dengan baik, obyek ini juga menawarkan wahana zipline. Kamu bakal bisa terbang tepat di depan curug. Flying fox yang cukup panjang ini dibandrol dengan harga murah. Yakni 15k kalau single dan 25k untuk double.

Kolam renang

Goa Kebon Jogja
Taken by: Agungnesia

Selain bisa bermain di kedung yang ada di depan Goa, anak-anak juga bisa seru-seruan di kolam anak yang berada di sisi atas. Kamu bisa memanjat melewati tangga yang berada di sebelah kiri dan lokasinya berada di sebelah kiri warung-warung. Gak perlu mahal, kolam dengan kedalaman sekitar 60 cm ini pun dibanderol dengan harga 5k saja. Apabila ingin menggunakan ban, maka cukup nambah 3k saja. Kolam inipun juga sudah ada tempat tunggu lengkap dengan atapnya untuk menunggu sekecil.

Bumi perkemahan

Bumi Perkemahan Goa Kebon
Taken by: Agungnesia

Tak hanya kawasan sekitar goa saja, namun kini telah ada sarana camping ground yang cocok untuk camping rame-rame lengkap dengan semacam pendopo, raung pembina dua kamar, dan 10 kamar mandi sekaligus. Tak perlu mahal, setiap peserta hanya membayar 15k saja. Itupun sudah free menggunakan fasilitas di area kemah dan sudah bisa masuk ke kawasan wisata yang berada di sisi atasnya. Akant tetapi kalau mau menjajal zipline, sewa ban, harus bayar lagi ya geng.

OW ini sebenarnya memiliki dua pintu masuk, jadi pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di masing-masing pintu masuk. Kawasan parkir utama tidak luas, namun didekat area parkir terdapat lapangan yang bisa buat gamping, nah di tempat ini sepertinya bisa buat parkir puluhan kendaraan bahkan bus sekalipun.

Tiket masuk Goa Kebon Panjatan

Harga tiket masuk Goa Kebon 2020 ini ternyata sangat ekonomis. Kenapa tidak! Ya karena karcis masuk cuma 3k untuk 1 (satu) orang pengunjung. Biaya parkir juga standar yakni cuma 2k untuk sepeda motor, roda empat 5k, dan bus hanya 10k saja. Agar lebih gamplang berikut ini adalah rincian HTM dan biaya wisata lainya.

  • Tiket masuk: Rp. 3.000
  • Penyewan ban: Rp. 3.000
  • Parkir motor: Rp. 2.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.0000
  • Parkir bus: Rp. 10.000
  • Kolam renang: Rp. 5.000
  • Flyng fox: Rp. 15.000 (single)
  • Flying fox: Rp. 25.000 (double)
  • Kemah: Rp. 15.000/ orang
  • Toilet: Rp. 2.000 (buang air)
  • Toilet: Rp. 3.000 (mandi)

Lokasi Goa Kebon Kulon Progo

OW ini ternyata berada tak jauh dari Kota Wates. Apabila dari arah Kota Jogja, berada sebelumnya dan otomatis jika dari arah barat, arah NYIA masih ke arah timur. Titik lokasinya pun juga sudah ada di Maps, yang bisa kamu lacak dengan mudah.

  • Alamat: Dusun Kebon RT 7, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupatn Kulon Progo, DIY

Jalan menuju ke Goa Kebon

Meski masuk kampung, ternyata jalan menuju ke Goa Kebon ini sangat mudah. Lokasinya bisa akses dari arah Kota Jogja atau dari arah Purworejo atau NYIA. Jika dari arah timur (Jogja), maka kamu langsung menuju ke arah barat, arah Wates. Sebelum sampai di Wates kamu akan menjumpai Tugu Pencil (lampu merah) ikuti jalan itu hingga sampai di Peritigaan Milir. Selepas simpang tiga tersebut silahkan maju sedikit dan ada pertigaan lalu belok kiri (jalan diantara sawah).

Ikuti jalan tersebut menuju ke arah selatan. Setelah melewati perbukitan dengan kiri kanan pohon jati kamu akan melihat papan penunjuk arah menuju ke Goa Kebon Panjatan dengan penunjuk arah di dekat tikugan. Masuk saja ke gang yang ada penunjuk arahnya itu. Setelah itu ada pertigaan yang ada makamnya, tetap lurus (sudah ada penunjuk arahnya juga). Setelah menurun lalu belok kanan. Maka sampailah kamu di OW di Kec. Panjatan ini.

Jika dari arah NYIA atau Purworejo, kamu bisa ambil arah Wates. Setibanya di Simpang Tiga Toyan ambil lurus saja (bukan kiri). Lalu setibanya di perempatan Taman Agung ambil lurus terus. Silahkan ambil kiri setelah Kantor Kepala Desa Gotakan. Ikuti saja jalan tersebut nanti ada perematan yang sudah ada penunjuk arah wisatanya. Sehubungan ada banyak persimpangan, maka bisa tanya warga setempat atau ikuti Maps.

Sangat tepat apabila kamu mengunjungi OW Goa Kebon Panjatan Kulon Progo ini untuk berwisata. Kamu bisa berekreasi bersama keluarga atau untuk rombongan sekalipun. Meksi pun sejauh ini tidak terlalu luas pada area utama, namun jika dikalkulasi mulai dari kawasan buper hingga kolam anak luas terbilang luas dan lebih dari cukup.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *