Goa Suryaragi Cirebon – Daya Tarik, Tiket, dan Lokasi

Diposting pada

Kabupaten Cirebon memang lekat dengan cerita kehidupan sejarah. Makanya gak heran jika banyak ditemukan situs – situs tempo dulu yang masih berdiri kokoh, salah satunya yakni Goa Sunyaragi. Situs yang dulunya diyakini sebagai tempat pertapaan para raja atau berkumpulnya para Sunan ini kini dibuka menjadi obyek wisata.

Goa Suryaragi Cirebon
instagram.com/goasunyaragi

Lokasi ini tidak hanya sekedar menjadi destinasi rekreasi, tapi juga bisa menambah wawasan kita tentang sejarah jaman dulu. Akan tetapi, karena lokasinya berada di daerah Pantura, jika siang sangat terik jadi usahakan untuk membawa topi atau kacamata ya. Atau kalian bisa berkunjung kesini saat pagi atau sore hari. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian situs bersejarah ini ya guys.

Daya tarik Goa Suryaragi

Salah satu tujuan wisata di Cirebon ini memiliki daya tarik tersendiri. Goa Sunyaragi ini terbentuk secara alami dengan memiliki ornamen batu karang yang sangat unik. Tidak hanya satu tapi ada beberapa karang cantik yang menghiasi area goa.  Masyarakat juga meyakini bahwa dahulu di lokasi inilah para sunan mengadakan pertemuan atau bermusyawarah.

Tiket masuk Goa Suryaragi
instagram.com/goasunyaragi

Di belakang goa terdapat taman dan kolam yang bisa digunakan buat duduk – duduk santai sambil ngadem. Pengunjung juga bisa menikmati minuman kopi di coffe shop yang merupakan hasil UMKM masyarakat setempat. Pada waktu – waktu tertentu di lokasi ini juga sering diadakan pagelaran seni daerah.

Tiket masuk Goa Suryaragi

Untuk masuk ke kawasan goa ini, masing – masing pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 yakni 2 kali lipat tiket masuk Pantai Kejawanan Cirebon. Meski cuma 10k, namun ternyata beberapa wisatawan ada yang mengeluhkan harga tiketnya yang agak mahal. Tapi tenang aja guys harga tersebut sudah termasuk biaya parkir. Walaupun agak mahal tapi di wisata Goa Sunyaragi ini kita bisa mengenal lebih dekat tentang sejarah yang ada di kota Cirebon.

  • Tiket: Rp 10.000

Lokasi wisata

Destinasi menarik ini berada di Jl. Sunyaragi, Sunyaragi, Cirebon, Jabar. Lokasinya sangat strategis karena di pinggir jalan raya, jadi cukup mudah ditemukan. Buat yang masih bingung bisa pakai bantuan Google Map ya guys dengan mengetik nama obyek ini.

  • Sunyaragi, Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang wisata sejarah yang ada di Cirebon. Jika kalian sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa sempatkan untuk mampir ya. Tempatnya nyaman, bersih dan pengelolaannya juga sudah cukup baik. Tersedia juga fasilitas area parkir yang luas, toilet dan mushola. Beberapa pengunjung mengeluhkan tarif tiket yang terbilang cukup mahal dan di pintu masuk ada tangga berundak yang kurang ramah bagi penyandang difabel. Semoga pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan tempat wisata ini agar semakin menambah kenyamanan bagi para wisatawan.

Bagikan di Sosmed
Gambar Gravatar
Agungnesia adalah blogger yang aktif menulis disejumlah blog: LinguistikId.com, JadwalTravel.com, Agung Id, JadwalTravel.info, dll. Selain itu Agungnesia juga melayani jasa pembuatan website di agungnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *